10 Istilah Gundam Ini Ga Banget Kalau Pakai Bahasa Indonesia

Buat kamu yang suka banget sama Gundam pernah terpikir ga kalau misalnya nama robot atau senjata atau timeline yang di Gundam yang wow dan biasanya mengandung makna tersembunyi itu dipindahkan ke dalam bahasa Indonesia. Karena Bahasa Indonesia mempunyai pembendaharaan kata yang terbatas biasanya hasil terjemahan nama-nama yang ada di serial Gundam bisa menjadi aneh dan gak banget untuk diucapkan kalau misalnya di-dubing ke dalam bahasa Indonesia. Menyambut hadirnya versi dubbing Indonesia dari Gundam Build Fighters yang sempat menimbulkan polemik karena hasil terjemahan yang aneh  berikut RE:PSYCHO menampilkan 10 istilah Gundam yang gak banget kalau diterjemahin ke Bahasa Indonesia.

  1. Gundam Sayap (Gundam Wing)

Iya sayapnya terbuat dari besi bukan dari bulu angsa

Untung saja sewaktu kecil serial ini masih disebut Gundam Wing bukan Gundam Sayap. Meski memang Gundam ini ada sayapnya di belakang dan sayapnya adalah sayap besi. Coba kalau misalnya serial ini disebut Gundam Sayap kan ga enak nanti jadinya.

  1. Perang Dalam Kantong (War In The Pocket)

Uuuuhhhh

Salah satu perang paling epik dalam serial Gundam ini memang ga banget kalau di bahasa Indonesia-in. Masa perang Gundam di dalam kantong, paling perang di dalam kantong itu koin bekas kembalian kamu dari mini market beradu sama kunci kosan kamu.

  1. Gundam Kebebasan (Freedom Gundam)

Untung namanya masih Kebebasan coba kalo jadi “Jiyuu” nanti jadi “Jiyuu no Tsubasa” kaya Shingeki no Kyojin.

  1. Boneka Plastik (Plastic Model)

Ini boneka plastik

Iya tau Gunpla itu dari plastik cuman apakah Gunpla sama dengan boneka plastik yang dijual di abang-abang dengan harga 10 rebuan.

  1. Jenis Baru (New Type)

New Type sejatinya memang manusia spesial di dalam serial Gundam terutama di timeline Universal Century (UC) cuman kalau ini kesannya kaya ada tanaman jenis baru, komet jenis baru, satwa jenis baru ga ada cocok-cocoknya sama makna aslinya di Gundam.

  1. Organisasi Bola Bumi Bersatu (United Earth Sphere Federation)

Apakah ini konspirasi para kaum bumi bundar untuk melawan kaum bumi datar???????

  1. Gundam Batu Pasir (Gundam Sandrock)

Gundam Batu dan Pasir

Ini bukannya udah pernah muncul di sinetron lokal ya?

  1. Tuhan Gundam (God Gundam)

Dengan kekuatan bulan aku….eh salah dialog ya

Cocok sih soalnya emang Gundam ini paling gak masuk akal kekuatannya dan bener-bener “God” banget kekuatannya cuman kalau Tuhannya segala Gundam hmmmmmmmmm.

  1. Yatim Piatu Darah Besi (Iron Blooded Orphans)

Sebenarnya make sense dengan judulnya karena memang anak yatim piatu yang muncul disini pada kekar kekar dan mirip Gatotkaca juga otot kawat tulang besi (cuman ini darahnya darah besi). Kayaknya nama ini keren jadi panti asuhan.

“PANTI ASUHAN DARAH BESI HANYA MENERIMA ANAK-ANAK YANG KUAT”

Tempat yatim piatu atau tempat fitness ya ini

 

  1. Gundam Biji (Gundam Seed)

(Definisi bijinya seperti apa silahkan pembaca yang menentukan sendiri)

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini.

Leave a Reply