Classic Album Review: Tatsuro Yamashita – For You

TATSURO YAMASHITA
FOR YOU
AIR, 1982
Genre: City Pop, Funk, Blue-Eyed Soul, Yacht Rock, AOR, Soft Rock

Era 80’an adalah era baru bagi musik Jepang. Musik Jepang di kala itu mengalami transisi dari musik enka yang mellow akibat efek perang dunia kedua menuju ke musik yang lebih stylish dan trendi berkat efek dari postwar economic miracle yang membuat semua orang berpindah ke kota untuk mencari pekerjaan. Mobil yang trendi serta teknologi baru orang mendengarkan musik melalui penemuan Sony Walkman membuat para musisi di Jepang terutama di kota besar membuat suatu genre baru bernama city pop yang menggabungkan flamboyanisme dari musik Amerika Serikat seperti funk, soul, jazz, AOR, soft rock, dan yacht rock.

Yellow Magic Orchestra (YMO) menjadi salah satu motor penggerak genre ini. Mereka memboyong semua romantisme musik dari pulau tropikal, meminjam teknik black music dari Amerika Serikat, serta semua unsur yang membuat masyarakat Jepang keren dan sangat uptodate dengan teknologi saat itu. Seorang solois merangkap gitaris Tatsuro Yamashita yang merupakan satu geng dengan YMO juga mempunyai jiwa musik yang sama. Bersama salah satu personil YMO Haruomi Hosono dan Shigeru Suzuki mereka membuat satu album instrumental “Pacific” pada tahun 1978 dan menjadi album yang paling berpengaruh dalam menciptakan sound city pop. Mereka menciptakan suasana yang sangat tropis dalam “Pacific” dengan meminjam yacht rock, AOR, dan “Pet Sounds” milik The Beach Boys, “Pacific” menjadi sebuah eskapisme pulau eksotis yang indah dan Tatsuro Yamashita ternyata ketagihan untuk membuat album dengan suasana yang serupa.

Album keenam dari penyanyi yang akrab dipanggil Tatsu ini merupakan album terakhirnya bersama Air Records dan merupakan titik balik dari city pop di Jepang dan merupakan karya Tatsu yang paling catchy dan merepresentasikan bagaimana hidup dengan berjuta mimpi dalam kota besar pada era 80’an. Tatsu menaruh perhatian besar pada “For You” dan itu terpancar ketika kita melihat cover art dari album ini yang dibuat oleh Eizin Suzuki. Eizin mencampurkan nuansa west coast yang sangat tropikal dengan permainan warna serta bentuk geometri yang khas dengan nuansa 80’an sehingga “For You” menjadi album yang sangat 80’an yang dipunyai oleh Jepang.

Keajaiban dari “For You” langsung dimulai ketika masuk ke lagu pertamanya “Sparkle” dimana nuansa West Coast bercampur dengan doo-woop serta soul. Lick gitar yang sangat ritmis, betotan bass yang sangat terinspirasi dari Chic, dan solo sax-nya membuat siapa saja langsung terbius begitu mendengarkan lagu ini. Nuansa seperti ini masih terus dicari dan direplikasi sampai sekarang mulai dari musisi internasional sampai ke musisi lokal macam Tulus. “Music Book” menerapkan sensasi yacht rock dan soft rock dari Kenny Loggins lengkap dengan buaian electric piano dan trumpet yang menggoda. “Interlude A Part I”, “Part II” dan “Morning Glory” membawa kembali nuansa AOR serta The Beach Boys pasca “Pet Sounds” dengan segala sentuhan baroque. “Futari” adalah sebuah tembang balada yang dibawakan dengan rasa jazz dan band progressive rock ketika bermain di dalam musik yang serupa.

Tats membawakan “Loveland, Island” dengan semangat latin dan brazillian music ala Sergio Mendes demi mendapatkan spot lagu dalam iklan bir, kenyatannya hal itu tidak pernah kejadian tetapi lagu ini menunjukkan kefasihan Tats dalam menerjemahkan musik latin ke dalam musik pop Jepang. “Love Talkin’ (Honey It’s You)” menempatkan dasar chillwave/lounge music di masa depan. Permainan musik yang ringan dan tanpa beban dengan iringan gitar funk yang passionate tapi santai merupakan kunci dari lagu ini. Tats menyimpan kejutan di lagu “Hey Reporter!” dimana ia tiba-tiba muncul dengan vokal garage rock dengan estetika musik new wave ala Talking Heads terutama di album “Remain in Light” dan beberapa karir solo Peter Gabriel. “Your Eyes” menunjukkan kefasihan dari Tats dengan bermain ballad yang sangat sempurna untuk menjadi penutup album. Nuansa The Carpenters, Kenny Loggins, dan berbagai macam musik easy listening, AOR, dan yacht rock seolah bertumpah ruah dalam satu emosi di dalam lagu ini.

Semua materi di album ini benar-benar menenangkan hati dan mampu membuat pendengarnya rileks dari hingar bingar kehidupan kota di siang hari. “For You” adalah penggambaran bagaimana berada di Shibuya pada tengah malam di tahun 1982 di mana semua klub malam dan toko musik serentak memainkan musik disco dengan mirrorball dimana-mana. Tats juga membuat album disco yang sangat chill dan tenang dalam “For You” tanpa harus membuat pendengarnya ikut terhentak mengikuti irama dari lagunya. Vokal Tats yang eksotis dan khas juga menambah esensi chill dan santai dari keseluruhan materi ini. Tats membawakan tema “santai” dan relaksasi ke dalam medium musik yang berbeda.

Ketika pertama kali dirilis album ini langsung mendarat di posisi pertama di Jepang, meski tidak terjual secara masif tetapi album ini menjadi template bagi album city pop dan menjadi tumpuan album pop setelahnya yang ingin merebut hati pendengarnya dengan buaian nada-nada yang menyejukkan yang pas untuk didengar ketika kita selesai beraktivitas, menjadi teman di saat baca buku, dan menikmati aroma pinggir pantai di akhir pekan. Berkat suasana chill maksimal yang dibawakan oleh Tats album ini terus dicari dan dipuji oleh anak muda Jepang dan internasional yang ingin merasakan sensasi Tokyo di tahun 1980’an dengan segala bumbu konsumerisme dan kemewahan dari segi lifestyle. Hal ini diterjemahkan oleh mereka dan menghasilkan suatu subgenre baru bernama vaporwave dengan segala KEESTETIKANNYA yang terus menerus mengembalikan nuansa city pop dalam bentuk baru entah itu lagunya menjadi dipercepat atau diperlambat. Buktinya, tiga lagu dari “For You”  yaitu “Sparkle”, “Music Book” dan “Love Talkin’’” diambil untuk menjadi sample dari lagu yang berpengaruh di skena vaporwave. Begitu kuatnya romantisme dari album ini sehingga menghasilkan produk baru yang terdengar hip di era sekarang.

Kekuatan yang ada di “For You” merupakan sebuah kekuatan yang menenangkan dan mampu membawa pendengarnya menuju imaji west coast tropikal yang indah, panas, dan santai. Kekuatan tersebut juga membawa “For You” menjadi album yang paling penting dalam skena musik pop Jepang di tahun 80’an dan menjadi album yang membentuk suatu citra city pop dan kemodisan Jepang dalam bermusik yang akan terus tumbuh abadi di masyarakat internet era sekarang.

9.6

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. SPARKLE
  2. MUSIC BOOK
  3. INTERLUDE A Part I
  4. MORNING GLORY
  5. INTERLUDE A Part II
  6. FUTARI
  7. LOVELAND, ISLAND
  8. INTERLUDE B Part I
  9. LOVE TALKIN’ (Honey It’s You)
  10. HEY REPORTER!
  11. INTERLUDE B Part II
  12. YOUR EYES

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

 

Leave a Reply