repsychoo kancolle movie

Movie Review: Kancolle The Movie

kancolle repsychoo2

KANCOLLE: THE MOVIE
Sutradara: Keizou Kusakawa
Pengisi Suara: Sumire Uesaka, Saki Fujita, Yuka Iguchi, Ayane Sakura, Ayana Taketatsu, Nao Toyama, Iori Nomizu, Rina Hidaka, Yumi Tanibe, Aya Suzaki
Genre: War, Action, Drama
DIOMEDEA/KADOKAWA PICTURES, 2016

Ah, Kantai Collection atau Kancolle. Siapa yang tidak tahu dengan kata itu. Dari sebuah proyek game browser buatan Kadokawa Games dan DMM.com tiba-tiba berkembang menjadi sebuah sensasi di kalangan penggemar anime, sensasi yang ada di Kancolle sukses membuat orang-orang berdelusi dengan kapal perang yang dibuat seimut mungkin dan mengaitkannya dengan berbagai macam opini mulai dari glorifikasi dari kekuatan Jepang di Perang Dunia sampai Kancolle adalah bentuk baru agar orang-orang terutama military otaku masuk ke militer Jepang karena tertarik untuk melihat kapal tersebut secara langsung.

Kancolle membuat para produsen anime, manga dan kawan-kawannya menghidupkan military war dalam kemasan yang lebih imut, kawaii, bahkan loli. Contoh paling utamanya adalah Haifuri yang mempunyai kemiripan dengan Kancolle namun bedanya Haifuri jauh lebih realistis sedikit meski dua-duanya punya jalan cerita yang ngaco.

Namanya juga cari duit, Kancolle diperas habis-habisan oleh Kadokawa dan dikembangkan dalam berbagai macam format yaitu anime, manga, figure, dan berbagai macam barang doujin serta merchandise lainnya. Adaptasi anime dari Kancolle sendiri telah dirilis pada Januari 2015 dan cerita dari anime ini memang hancur karena memang Kancolle tidak punya jalan cerita di game-nya sehingga anime Kancolle tidak lebih dari sekedar anime yang membuat birahi dan nafsu para penggemar kapal-kapalan ini naik seketika begitu melihat karakternya muncul dan melakukan hal-hal lucu. Basically, cute girls doing cute things.

Belum selesai kekonyolan dari anime Kancolle Kadokawa kembali ingin mengeruk uang penggemar Kancolle dengan merilis versi filmnya dan telah dirilis pada November 2016. Tentunya film ini laku keras di Jepang dan sukses membuat nama Kancolle kembali diperbincangkan pada akhir 2016 kemarin.

Versi film dari Kancolle menceritakan tentang kejadian setelah Episode 3 dimana Kisaragi telah tenggelam. Mikawa Fleet yang tengah berperang menemukan kapal yang kembali terangkat ke permukaan setelah karam dan ternyata kapal itu adalah Kisaragi. Teman-teman Kisaragi tentunya menyambut penuh Kisaragi dengan senang dan penuh haru namun datangnya Kisaragi juga membawa sesuatu untuk mereka terutama untuk Fubuki.

Setelah serial TV dari Kancolle terlihat terlalu hahahihi dan tidak mempunyai cerita yang jelas entah mengapa di film Kancolle mempunyai cerita yang jelas dan plot yang terstruktur. Cerita yang ditawarkan mempunyai alur yang pas dan terhitung rapi dari awal sampai akhir dengan twist yang cukup membuat cerita bisa berganti tema dalam waktu cepat. Poin yang paling cukup mencengangkan adalah ketika Kancolle memasukkan elemen psikologis dengan penceritaan serta tone yang dark ketika mencapai klimaks cerita dan seperti dipengaruhi serial Neon Genesis Evangelion. Adegan yang dark tersebut ternyata berhasil dieksekusi dengan baik dan saya sendiri tidak percaya bahwa itu adegan dari Kancolle yang terkenal dengan penglorifikasi waifu-nya. Kancolle juga tidak memforsir cerita yang dark ini ke dalam filmnya, pembangunan tensi dan tema dari awal film sudah membangun kesan bahwa film ini nantinya akan menampilkan sesuatu yang gelap dan misterius.

Tetapi ini adalah Kancolle dan Kancolle sama sekali tidak menjual cerita sebagai tajuk utamanya. Banyak filler yang terkesan terlalu otaku-pandering dan sebenarnya tidak penting penting amat untuk dimasukkan ke cerita. Bagian perangnya mungkin akan membuat para penggemarnya berteriak karena gadis kapalnya muncul dan memberikan aksinya tetapi untuk para penonton umum akan cepat bosan dengan beberapa adegan disini. Kancolle juga masih terlalu bermain-main dan terkesan nanggung untuk serius tapi ya kembali lagi ke awal bahwa Kancolle memang tidak ada cerita dan hanya browser game biasa.

Versi film Kancolle seperti memberikan jiwa baru kepada franchise yang sering dituding menjadi pembuka jalur atas moefikasi dari benda tidak bergerak dan soulless meski belum maksimal tetapi mereka sudah mencoba gaya baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. Terlepas dari suka atau tidak sukanya kamu terhadap film ini (terutama bagi kamu yang bertanya-tanya kok waifu saya ga muncul atau munculnya dikit), setidaknya kita bisa menyetujui satu hal bahwa kali ini Kancolle ada ceritanya dan lumayan bagus.

6.4

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

Leave a Reply