Album Review: Passepied – &DNA

パスピエ-DNA-1-758x769

PASSEPIED
&DNA
Genre: Alternative Rock, Pop Rock, New Wave, Art Pop
WARNER, 2017

Satu hal yang membuat Passepied populer dan berbeda dari grup yang mempunyai vokalis yang cempreng adalah kepintaran mereka dalam mengolah musik pop. Berkat tangan dingin Haneda Narita yang juga merangkap maestro keyboard Passepied dengan seenak jidat mencampurkan berbagai macam aliran musik seperti new wave, oriental, indie rock, pop rock, art pop dan progressive rock menjadi satu kesatuan lagu pop yang enak didengar serta unik ditambah kesan misterius yang selalu mereka tampilkan sebagai gimmick bahwa grup ini adalah grup nyeni.

Berkat perbedaan tersebut Passepied menjadi grup pop yang paling unik di kalangan artis major label di Jepang dan diundang untuk bermain di Inggris beberapa waktu lalu. Album-album mereka juga mempunyai genre hibrida yang selalu berbeda di setiap albumnya seperti “Kakuichino-ISM” yang lebih fokus kepada new wave dan “Shaba-Lover” yang memadukan sound megah dari progressive rock dengan pola keyboard ala Rick Wakeman dari Yes. Pada album keempatnya &DNA mereka ingin bermain dengan sound pop rock pada umumnya terutama di era 90’an dan awal 2000’an dan membuat lagu yang terdengar seperti musik AOR dan adult contemporary.

Hasilnya adalah Passepied kekurangan sisi mengigitnya dan terkesan seperti bermain datar. Porsi lagu-lagu bombastis dan mampu membuat kejutan untuk pendengarnya perlahan dikurangi dan mereka menyuguhkan lagu-lagu yang bisa terhitung standar untuk ukuran mereka seperti “Yamanai Koe” dan “Mayday” yang terlalu generik dan repetitif untuk ukuran Passepied. “DISTANCE” ingin terdengar seperti lagu new wave ala INXS tapi bermain terlalu aman. “Aa, Mujou” terdengar seperti lagu britpop yang dilapisi pop rock 90’an lengkap dengan efek gitar akustik yang ringan dan diatur paling kencang untuk menguatkan esensi 90’an. Lagu yang terinspirasi dengan rockabilly dan rock n roll “My Fiction” terdengar kurang pas untuk mereka meski sudah berusaha untuk memasukkan berbagai gimmick genre lagu seperti keyboard yang jazzy dan liukan gitar yang ritmis. Meski enak karena memakai gimmick piano rock tetap saja lagu “Yoakemae” terasa usang dan membosankan.

Beberapa lagu masih menyimpan rasa Passepied seperti dulu seperti “Nagasugita Haru” yang merupakan “Senbonzakura” versi Passepied. “Hyper Realist” yang memadukan permainan dari math rock dan musik pop rock sehingga menghasilkan satu lagu yang sangat enak dan sangat nyeni. “Supercar” bermain halus dan simpel dengan bumbu pop rock yang melodius sambil bercerita tentang seseorang yang kepergok perselingkuhan dan ingin kabur sejauh mungkin. “Yoru no Kodomo” sukses menjadi lagu lullaby yang tenang dan membawa pendengarnya larut ke dalam cerita. “Oishii Kankei” bermain dengan cerianya indie pop dan surf pop sambil menceritakan tentang hubungan cinta layaknya bumbu sehari-hari. “Last Dance” adalah lagu new wave/synthpop yang terdengar keren dan berhasil mengadaptasi genre ini menjadi lagu Passepied yang kita kenal.    

Album keempat Passepied &DNA adalah album terlemah sepanjang karir mereka. Passepied bermain sangat biasa dan tidak ada kejutan dari segi sound atau dari segi musikalitas. Mereka memainkan gimmick dan pattern musik yang sudah biasa dan sudah mereka lakukan sebelumnya. Tidak ada lagi lagu yang penuh kejutan dan kompleksitas dalam arsiran pop seperti “Tokyo City Underground”, “Ura no Ura”, atau “Tsukuribayashi” semuanya bermain terlalu datar untuk ukuran Passepied. Passepied seolah ingin memainkan pop rock yang murni dan ingin melepas kesan art di album &DNA tetapi pemikiran tersebut sudah jauh melenceng dari apa yang membuat Passepied berbeda dengan band Jepang lainnya. Sudah capek-capek terlihat berbeda malah ingin terlihat sama demi komersial, sayang sekali.

5.6

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Nagasugita Haru 「永すぎた春」
  2. Yamanai Koe 「やまない声」
  3. DISTANCE
  4. Hyper Realist 「ハイパーリアリスト」
  5. Aa, Mujou 「ああ、無情」
  6. Mayday 「メーデー」
  7. My Fiction 「マイフィクション」
  8. Supercar「スーパーカー」
  9. Yoru no Kodomo 「夜の子供」
  10. Oishii Kankei 「おいしい関係」
  11. Last Dance 「ラストダンス」
  12. Yoakemae 「ヨアケマエ」

https://open.spotify.com/album/4gIBQ9IV39dvJavzHbOzNd

Like fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

Leave a Reply