ALBUM REVIEW: NEGOTO – ETERNALBEAT

ねごと-ETERNALBEAT-758x750

NEGOTO
ETERNALBEAT
KI/OON, 2017
Genre: Alternative Rock, Electro Rock, Electroclash, New Wave, Electropop

Di permukaan, negoto terlihat seperti keempat girlband yang menjual tampang imut tetapi dari segi musikalitas negoto terdengar unik dibandingkan dengan grup cewek lainnya. Mereka dengan fasih mencampurkan alternaive rock dengan electronic music dengan kadar pop di dalamnya sehingga menghasilkan sebuah perpaduan yang manis dibalik kerasnya alternative rock. Hal tersebut dibuktikan di album perdana mereka “Ex Negoto” yang menggabungkan alternative rock ala Number Girl dengan cuilan electronic sehingga menghasilkan sebuah hibrida yang dulu pernah Supercar lakukan namun dalam kadar lebih pop (kebetulan Supercar dulu juga berada di bawah label yang sama dengan negoto yaitu Ki/oon Music). Dinamika dan progresi nada serta beat dari negoto juga membuat mereka cepat dikenal oleh pecinta music alternative di Jepang dan karya perdana mereka berhasil masuk ke posisi yang cukup tinggi di Jepang.

Namun kelemahan mereka muncul ketika mengerjakan satu album atau satu mini album full. Mereka bermain terlalu hibridan dan mencampurkan semua electro ke dalam satu album meski terlihat tidak nyambung atau malah memberatkan konten album tersebut. Seperti pada album Vision dimana negoto seolah di persimpangan jalan antara menjadi electronic sepenuhnya atau tetap pada jalur alternative rock. Sound yang dihasilkan dalam album ini juga tidak terlalu menohok dan seperti kebingungan antara memilih jalur pop atau eksperimental. Band yang digawangi oleh Aoyama Sachiko, Mizuki Masuda, Fujisaki Yu, dan Sawamura Sayako ingin berbuat lebih baik dan lebih fokus untuk album keempatnya sehingga mereka memutuskan untuk membuat konsep beat yang tidak pernah selesai dalam album terbaru mereka ETERNALBEAT.

Untuk mengeksekusi konsep tersebut personil Boom Boom Satellites yang merangkap sebagai sound engineer handal Masayuki Nakano dibawa demi mendapatkan perpaduan antara alternative rock dan electronic yang sempurna dan terdengar kencang dan diwujudkan dalam dua lagu yaitu “Asymmetry” dan “Signal” yang terdengar ada esensi Boom Boom Satellites namun dengan rasa negoto. Lagu yang paling standout dalam album ini tentunya “Asymmetry” dimana mereka memadukan big beat, new wave, synthpop, alternative rock, dubstep, EDM dan electroclash ke dalam satu lagu. Mendengar “Asymmetry” seolah mendengar Boom Boom Satellites, Sakanaction, Supercar, New Order dalam satu ruangan. Mereka membawakan lagu seelektrik ini dengan menjaga keritmisan dari instrument seperti gitar dan drum (terutama ketukan simbalnya yang terasa crisp). Apalagi di akhiran lagu mereka menyimpan suasana dreamy sehingga lagu terkesan epik dan sempurna sampai akhir.

Mereka juga ingin terlihat hip dan mencoba sound seperti Sakanaction dalam “ETERNALBEAT” yang terdengar seperti “Aruku Around”. “mellow” mencoba pattern musik pop saat ini dengan mengandalkan esensi tropical dan beat yang menghentak. “Kimi no Yume” mencoba musik synthpop-dream pop nan dreamy seperti The Postal Service, The Knife dan Supercar. Nuansa indie pop manis yang lekat dengan music medium beat negoto muncul pada “DESTINY” dimana mereka keep it simple dengan tidak menambahkan efek eksperimental yang berlebihan sehingga terdengar catchy. “holy night” terinspirasi dari pattern musik pop 80’an dan seidkit sintesa jazz dan indietronica.

negoto banyak melakukan eksplortasi di album terbarunya seperti pada “Rinya” dimana mereka bereksplorasi dengan folktronica dengan petikan gitar nylon yang syahdu dan menenangkan kuping. “Ribbon” adalah bentuk eksplorasi mereka terhadap music post-punk/new wave dengan sentruman bass yang terdengar sangat post punk dan autentik. “Planet” adalah ketika Goldfrapp bermain jauh lebih pop dan jauh lebih ceria dengan sintesa indie rock.

negoto  terdengar sangat solid dan fokus di album keempatnya. ETERNALBEAT mampu menjaga konsep yang mereka usung yaitu beat yang tidak berhenti dengan baik dan menggempur pendengarnya dengan lantunan music electro dan alternative rock yang pas dan tidak terdengar mendominasi satu sama lain. Mendengar ETERNALBEAT seolah teringat Supercar ketika masuk ke dalam puncak karir electro-nya melalui album Answer dan album ini adalah album terbaik mereka setelah 5 yang dirilis hampir 4 tahun lalu.

8/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. ETERNALBEAT
  2. Asymmetry
  3. Signal
  4. Mellow
  5. Kimi no Yume
  6. DESTINY
  7. Cross motion
  8. Holy night
  9. Ribbon
  10. Planet
  11. Rinya

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

 

Leave a Reply