25 LAGU ANIME TERBAIK 2016

Tahun 2016 memang merupakan tahun terjelek, tetapi tidak untuk dunia anime dan lagu pengisinya. Lagu tema untuk anime tahun ini datang dari genre yang beragam mulai dari alternative rock, pop, sampai glam rock, dance-punk dan city pop. Keberagaman ini membuat tahun 2016 bisa dikatakan tahun yang menarik karena menawarkan musik anime yang berbeda dari biasanya.

Kali ini RE:PSYCHO akan memberikan 25 lagu tema anime terbaik sepanjang 2016 yang bisa menjadi rekomendasi kamu untuk membuat playlist akhir tahun.

aicl-3101

  1. Fujifabric – Polaris (Sony Music) (Ending Magi)

Fujifabric kembali dengan tembang alternative rock yang berpadu dengan new wave dan arsiran manis synthesizer. Semangat power pop juga menyelimuti lagu dan semakin memperkuat rasa new wave dengan beat yang catchy. Sebuah lagu yang cocok didengarkan ketika sedang menikmati perjalanan jarak jauh.

kscl-2761

  1. Flow – Kaze no Uta (Ki/oon) (Opening Tales of Zestria Cross)

Flow seperti puasa dalam memberikan lagu anime yang ikonik, lagu Flow akhir-akhir ini tidak bisa mengembalikan keepikan yang dibawa pada “Go!!!”, “Sign”, “Days” atau “JIBUN WO!!!!!” (Colors). Mereka seolah berbuka puasa dengan lagu “Kaze no Uta” yang mengembalikan nuansa epik dari Flow yang telah lama hilang dan dibawakan dengan meriah lengkap dengan alunan string section yang menambah esensi fantasi dari lagu ini.

jojo_op5

  1. The DU – Crazy Noisy Bizzarre Town (Warner Brothers Entertainment) (Opening Jojo)

Akhirnya setelah menunggu sekian lama kita mendapatkan lagu JoJo yang tidak terdengar seperti seorang pria yang menunjukkan kekuatannya dengan bernyanyi selantang mungkin dan dengan musik sekeras mungkin. Lagu pembuka JoJo kali ini bermain dengan irama funk dengan balutan pop yang sesuai dengan era yang dipakai dalam arc-nya yaitu era 80an dan 90an dimana transisi musik sedang terjadi di era tersebut. Sebuah soundtrack yang tepat sasaran dan sesuai dengan era penceritaannya tanpa harus terdengar manly.

bump-of-chicken-%e3%82%a2%e3%83%b3%e3%82%b5%e3%83%bc-758x758

  1. Bump of Chicken – Answer (Toy’s Factory) (Opening Sangatsu no Lion)

Bump of Chicken bisa dibilang ahlinya jika berbicara tentang lagu antemik dan melodius. Berkat menerapkan dan menguasai kedua formula tersebut mereka mampu mendatangkan banyak orang dan mampu membuat konser yang tiketnya selalu habis setiap kali mereka tampil di venue besar. Keperkasaan mereka dalam membuat lagu melodius kembali terpancar di lagu baru mereka “Answer” yang memainkan musik pop rock yang simpel dengan lirik yang dalam tentang pencarian jati diri. Fujiwara Motoo selaku vokalis dan penulis lagu mengambil sudut pandang orang pertama dalam menulis lagu ini sehingga ia seolah bercerita tentang kehidupannya dan membantu menaikkan makna lagu.

avcd-83540

  1. Ketsumeishi – Tomo Yo ~Kono Saki mo Zutto~ (Avex) (Lagu Tema Crayon Shincan Yume Miru World)

Sebuah lagu persahabatan yang dibawakan secara apik oleh kuartet hip hop ini. Dengan balutan musik electropop yang polos tanpa ada gimmick mereka bercerita tentang persahabatan yang sudah terjalin sekian lama dengan lirik yang dalam tanpa harus membuat suasana melankolis. Wajar jika ada orang yang berkomentar di YouTube “Lagu ini berbahaya jika diputar di acara kelulusan”, karena secara tidak sadar lagu ini mampu mengerakkan hati pendengarnya tanpa perlu menjadi pelan.

Leave a Reply