ALBUM REVIEW: MONE KAMISHIRAISHI – CHOUCHOU

71ut7vwypul-_sl1000_

MONE KAMISHIRAISHI
CHOUCHOU
PONY CANYON, 2016
Genre: Pop, Vocal Pop

Tahun 2016 merupakan tahun yang paling terang untuk karir aktris merangkap penyanyi bernama Mone Kamishiraishi. Dara manis berusia 18 tahun ini melejit dengan cepat bagaikan roket di tahun ini berkat partisipasinya dalam mengisi film populer tahun ini seperti Chihayafuru dan Kimi no na wa. Kedua film ini membawanya menjadi salah satu artis muda Jepang yang paling unggul untuk tahun ini. Tidak mau kehilangan momentum dari kepopulerannya dalam  mengisi suara untuk film Kimi no na wa. ia merilis debut mini album yang berisi cover lagu dari film populer seperti Akai Ito, W no Higeki, Toki o Kakeru Shouju,Kimi no na wa., Les Miserables, dan, Modern Times.

Enam lagu yang ia sajikan pada mini album ini menunjukkan kapabilitasnya sebagai penyanyi yang memang seorang penyanyi. Ia bermain di ranah vocal pop yang terdengar cukup riskan bila tidak dieksekusi dengan baik dan untungnya ia mengesekusi semua lagu yang ada di album ini dengan vokal yang prima dan terdengar sangat youth.

Seperti pada lagu “366 Hi” yang bermain di ranah akustik dimana Mone bermain dengan sangat tenang dan terlihat menguasai lagu. Mone juga mampu bermain dengan halus dalam lagu yang terhitung terlalu jauh dari usia ia saat ini dalam “Woman “W no Higeki” Yori”. “Kawaranai Mono” bermain dengan balutan piano yang lirih dan Mone mampu membawa suasana mellow yang ada dengan baik.

Pada “ON MY OWN” ia menunjukkan kemampuan vokalnya secara maksimal dan bernyanyi secara akapela tanpa ada bantuan musik. Ia seolah mengisolir dirinya di studio dan bernyanyi dengan penuh penghayatan dan mampu mencapai nada-nada tinggi. Suara Mone disini masih terdengar sangat muda dan masih sedikit terasa sense anak-anaknya. “Nandemonaiya” dibawakan lebih stripped back dan terasa seperti mengambil sari mellow dari lagu aslinya sehingga versi Mone terdengar lebih menyentuh ketimbang versi Radwimps.  “SMILE” yang merupakan lagu dari film karya Charlie Chaplin dan menjadi salah satu lagu standar traditional pop Amerika dibawakan dengan nada yang lebih folky dan lebih modern. Sebuah cover yang pas untuk menutup album.

Untungnya Mone fasih dalam berbahasa Inggris sehingga pengucapan Inggris yang ada di dua lagu terdengar sangat bagus untuk ukuran orang Jepang dan ia tidak terlihat terbata-bata dalam menyanyikan lagu berbahasa Inggris.

Pada debut mini album nya Mone bermain begitu halus dan rapi, ia bisa menyanyikan nomor traditional pop dan vocal pop dengan baik dan tanpa ragu. Mengingat usianya yang cukup belia yaitu 18 tahun manuver yang ia lakukan di album ini terhitung menarik dan meneduhkan meski ada beberapa spot dimana suara anak kecilnya mash terdengar jelas. Chouchou adalah sebuah perkenalan bahwa dirinya sudah siap untuk bersaing di industri musik dengan kualitas vokal yang mumpuni dan mampu menyentuh hati pendengarnya. Mari kita tunggu materi original dari Mone untuk melihat seberapa jauh ia berkarya dengan lagu yang ia punya.

7/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. 366 Hi 「366 日」
  2. Woman “W no Higeki” yori「“Wの悲劇”より」
  3. Kawaranaimono (Studio Live)「変わらないもの」
  4. On My Own [From musical “Les Miserables” (Studio Live)]
  5. Nandemonaiya(movie ver.)「なんでもないや」
  6. SMILE

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

 

 

Leave a Reply