Spoitfy salah satu penyedia layanan streaming yang sedang naik daun di Indonesia (Sumber gambar: Techinsider.com)

MUSIK JEPANG DI SPOTIFY #5

Untuk edisi kelima ada album baru dari Ketsumeishi, Kinoko Teikoku, Juju, Takuya Kuroda dan single baru dari Mika Nakashima, Charan Po Rantan, Mrs. Green Apple serta single debut dari anggota E-Girls ShuuKaren.

ALBUM:

KETSUMEISHI – KETSUNOPOLIS 10 (Avex) (Hip Hop)

Kuartet hip-hop yang telah terbantuk dari tahun 1993 mengeluarkan album kesepuluhnya yang diberi judul “Ketsunopolis 10”. Album ini berisi tembang hip hop yang dibalut pop yang catchy seperti “Saraba Namida” dan “Tomo yo ~Kono saki mu Zutto~ yang menjadi lagu tema untuk film terbaru Crayon Shinchan.

KINOKO TEIKOKU – AI NO YUKUE (EMI Record) (Shoegaze, Indie Rock, Alternative Rock)

Kelompok shoegaze ini mengeluarkan major album keduanya dibawah bendera EMI Record dan diberi nama “Ai no Yukue” menyusul kesuksesan dari “Neko to Allergy” yang duduk di posisi 21. “Ai no Yukue” merupakan album yang jauh lebih mellow dari album mereka sebelumnya dan masih mengandalkan sensibilitas dari indie pop dan shoegaze.

JUJU – SNACK JUJU ~YORU NO REQUEST~ (Sony) (Pop, New Wave, AOR)

Pada cover album keempatnya penyanyi berusia 40 tahun ini menyanyikan kembali tembang lawas Jepang di era 70’an dan 80’an seperti “Roppongi Shinjuu” milik Ann Lewis, “DESIRE –Jounetsu-“ milik Akina Nakamori dan “Tsugunai” Teresa Ten. Dengan vokal dia yang powerful dan berat membuat kita seolah kembali ke masa dimana lagu tersebut hits pada masanya dan dinyanyikan oleh semua orang di Jepang.

MIKA NAKASHIMA – SONGBOOK AMA NO JAKU (Sony) (Pop, Pop Rock, Jazz)

Dalam rangka memperingati 15 tahun karirnya sebagai penyanyi, Mika Nakashima mengeluarkan songbook berjudul Ama no Jaku. Di dalam buku tersebut juga terdapat CD yang berisikan lagu terbaik dari Mika seperti “Yuki no Hana” yang sempat menjadi lagu penutup anime RE:LIFE, “Boku ga Shinou to Omootanowa” dan satu lagu baru berjudul “Alone”.

TADASHI HIROSAWA – MAYONAKA NO SANPO (Atomic Monster) (Folk, Classic)

Penyanyi folk/classic Tadashi Hirosawa yang terkenal di era 2000an kembali mengeluarkan album berjudul “Mayonaka no Sanpo”. Dengan suara mirip Motohiro Hata dan nuansa folk classic yang dibawakan membuat suasana hati semakin tenang dan kalem ketika mendengarkan album ini.

TAKUYA KURODA – ZIGZAGGER (Universal/Concord) (Jazz)

Pemain terompet jazz handal Takuya Kuroda mengeluarkan album barunya yang mencampurkan berbagai macam elemen seperti post-bop, nu soul, hip hop, new wave dan electronica. Pemain terompet kelahiran Perfektur Hyogo dan bermukim di Brooklyn ini akan membuat kamu berada dalam dimensi lain dalam musik jazz.

ERI NOBUCHIKA – III –THREE- (Avex) (Pop, Easy Listening)

Penyanyi yang terkenal berkat bantuan produser Shinichi Osawa akhirnya mengeluarkan album kembali setelah memutuskan untuk vakum selama enam tahun untuk mencari pengalaman di luar musik. Eri kembali lagi dengan mini album keduanya dan berisi nada-nada pop yang easy listening seperti “Hello” dan “Kimi no Koe o”

T.L. – PIANO LOVE SONG (Universal Classic) (Classical Music)

Pianis Taiwan bernama lengkap Chiang Tien-Lin mengeluarkan debut album Jepangnya berjudul “Piano Love Song”. Pianis yang lahir pada 5 Mei 1987 membawakan ulang tembang romantis dalam gaya klasik seperti “Yuki no Hana” milik Mika Nakashima dan Utada Hikaru “Automatic”.

CHRIS HART – HEART SONG TEARS (Universal Sigma) (Soul, Pop)

Penyanyi kelahiran San Fransisco yang populer berkat suaranya yang lirih merilis cover album terbarunya berjudul “Heart Song Tears” yang berisi tembang melankolis populer dari Jepang seperti “Himawari no Yakusoku” milik Motohiro Hata, “Asu he no Tegami” milik Aoi Teshima, dan Final Distance” milik Utada Hikaru.

RYUGO ISHIDA – EVERYDAYISFRIDAY (Self Released) (Hip Hop, Trap)

Rapper pendatang baru ini tahu bagaimana untuk menggaet pendengarnya. Dengan bubuhan trap music dan visual yang sangat swag dan kekinian membuat album perdananya patut mendapat perhatian lebih bagi pecinta hip hop apalagi suaranya mengingatkan akan Fetty Wap.

LEX T – END OF THE SUMMER (IHSR) (Melodic Punk, Pop Punk)

Band melodic punk yang sedang naik daun di skena indie Jepang, Lex T mengeluarkan album kedua mereka “End of The Summer”. Band yang berasal dari Hiroshima dan diisi oleh PARTY GUY, GEN, NISHIDA, dan RYOTA dibantu oleh Andrew Berlin yang pernah mengurus sound untuk Rise Against dalam proses mixing. Lex T siap untuk didengar ke seluruh dunia lewat lirik bahasa Inggris dan musik melodic punk yang sentimental.

THE LEARNERS – LEARNERS (Kili Kili Villa) (Rock n Roll, Rockabilly, Soul)

The Learners membawakan nuansa rockabilly yang bersih dan nuansa rock awal 60’an. Mendengarkan album ini seolah mendengarkan di sebuah jukebox sambil berdansa bersama.

VIA TOV – ROOTS (Self Released) (Experimental Jazz, Electronic, Soul)

Trio pendatang baru yang berisikan Uta Yajima, Fumihito Araya, dan Masahiro Takahashi mengeluarkan EP pertama mereka berjudul “Roots” yang merupakan perpaduan antara jazz, experimental, electronic, dan soul ke dalam satu EP. Sebuah debut EP yang sangat ekletik.

EMII – ANATA HE (myu’s) (R&B, Soul, Jazz)

Penyanyi R&B Emii mengeluarkan album penuh ketiganya berjudul “Anata He”. Warna vokal yang ringan, jazzy, dan soulful bercampur dengan musik R&B yang easy listening ala Raisa adalah paduan tepat untuk chillout dan membuat pikiran nyaman.

THE BLACK DOLPHINS – THE BLACK DOLPHINS (Real Future) (Garage Rock, Psychedelic Rock)

Jika ingin merasakan sensasi garage rock 60an yang sesungguhnya album ini patut dicoba. Band pendatang baru yang berisi akira, dattyo, shunpei dan rin membawakan kembali sound yang pernah dibawakan oleh band garage rock dan proto-punk seperti Ramones, The Doors, MC5, The Stooges dengan sensasi lo-fi. Bukan tidak mungkin band ini akan menjadi “The Next Big Thing” di dunia musik indie Jepang.

#01.A.1948 – IN OTHER WORDS, IT IS (Self Released) (Alternative Rock, Indie Rock, Lo-Fi)

Band yang sudah terbentuk dari tahun 2002 ini memadukan musik alternative/indie rock 90’an dan mengambil sari-sari jangly-nya ke dalam mini album ketiga mereka. Serasa mendengarkan Elastica, Shonen Knife, The Charlatans, Hole dalam waktu bersamaan.

BACA JUGA: 5 ALASAN KENAPA LAGU JEPANG JARANG ADA DI YOUTUBE DAN SPOTIFY

SINGLE:

SHUUKAREN – UNIVERSE (Sony) (Dance Pop, Electropop)

Dua anggota E-Girls Shuuka Fujii (Flower) dan Karen Fujii (Happiness) yang merupakan kakak beradik ini bersatu dan membuat duo bernama ShuuKaren. Mereka merilis debut single berjudul “Universe” pada 5 Oktober 2016, single ini berisi tiga lagu dan sudah duduk di posisi 4 di Oricon Single Chart. Beat dance-pop yang berirama dan asyik membuat pendengarnya tidak tahan untuk berdansa dengan balutan musik 90’s house.

MIKA NAKASHIMA – FORGET ME NOT (Sony) (Pop, Pop Rock, Hip Hop)

Mika Nakashima mengeluarkan single ke-41 setelah “Hanataba” yang dirilis pada 28 Oktober 2015. Track “Forget Me Not” ini menjadi lagu tema untuk film “Boku no Tsuma to Kekkonshitekudasai” yang dirilis pada 5 November 2016. Sementara itu track “Birukaze Swimming School” adalah kolaborasinya bersama rapper SALU dan menjadi image song mobile game “Tsuioku no Ao”. “Birukaze Swimming School” mencampurkan nuansa Kanye West pada lagu “Runaway” diiringi dengan vokal halus Mika yang membuat lagu semakin tenang dan chill. Lagu ini juga pernah masuk di album SALU berjudul “Good Morning” yang dirilis April 2016.

CHARAN PO RANTAN – SUSUME, TAME NI NIGETEMO (Avex) (Pop, Ska)

Kakak beradik Haruko dan Momo yang memainkan musik klasik, chanson dicampur dengan unsur harajuku dari J-pop menghadirkan lagu terbaru yang menjadi lagu pembuka untuk serial drama “Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu” atau “We Married as A Job!”. Duo yang pernah diliput oleh The Wall Street Journal ini masih memainkan musik yang unik tetapi tetap catchy.

AI – HAPPY CHRISTMAS/MIRACLE/HEIWA (EMI Record) (Soul, R&B, Pop, Christmas Song)

Penyanyi R&B kenamaan AI merilis single terbaru dan menghadirkan tiga lagu seperti “Happy Christmas” yang bernuansa natal, “Heiwa” yang medium beat dan “Miracle” yang mengikuti sound R&B modern.

SHIN RIZUMU – KANOJO NO KAMERA (Faith Music) (Funk, Acid Jazz, City Pop)

Shin Rizumu mengeluarkan single terbaru yang mempunyai nuansa funk dengan permainan gitar dan perkusi yang akan mengingatkan kita dengan Jamiroquai dan The Groove. Penyanyi yang baru berusia 19 tahun ini membawakan nada-nada pop funk dengan mantap pada “Kanojo no Kamera”.

DEMPAGUMI. INC – SAI SAI KOUCHOU (Toy’s Factory) (Idol, Anisong)

Idol group asal Akihabara yang pernah bertandang ke Jakarta ini mengeluarkan single ke-15 mereka yang juga menjadi soundtrack untuk anime Saiki Kusuo Psi San.

MRS. GREEN APPLE – IN THE MORNING (EMI Records) (Power Pop, Synthpop)

Grup power pop yang terkenal berkat “Speaking” mengeluarkan single ketiga mereka berjudul “In The Morning”. Lagu ini masih menyimpan semangat ala Mrs. Green Apple yang selalu menyajikan musik ceria dengan layer synth di sana-sini.

Leave a Reply