spotify_jp_product_overview

MUSIK JEPANG DI SPOTIFY #4

Karena ada beberapa kendala post edisi keempat dan kelima untuk musik Jepang yang ada di Spotify tertunda. Untuk itu edisi keempat dan kelima akan disajikan back to back mulai dari tanggal 8 November 2016 dan 9 November 2016. Edisi keenam akan berjalan seperti biasa pada tanggal 12 November 2016 dan akan terbit setiap Sabtu

Untuk edisi keempat ada album baru dari Chotokkyu (Bullet Train), Shiggy Jr., Mono, album kompilasi Aoi Eir, album debut dari Vickeblanka. Juga single terbaru dari Kenshi Yonezu, Hi-Standard, Kana Nishino, BRADIO, Haruna Luna dan Acidman.

VICKEBLANKA – SLAVE OF LOVE (Avex) (Piano Rock, Pop Rock)

Penyanyi satu ini merupakan perpaduan antara Freddie Mercury dan Mika. Nada piano rock yang kental dan suara yang unik membuat mini album Vickeblanka adalah sebuah perjalanan pop rock yang maksimal dengan musik ala Mika dalam album “Life In Cartoon Motion”

EIR AOI – BEST – A – (Sony) (Pop, Anisong, Pop Rock)

EIR AOI – BEST – E – (Sony) (Pop, Anisong, Pop Rock)

Penyanyi anisong kondang Eir Aoi merilis double album yang berisi kumpulan single dan beberapa lagu terbaiknya dalam “Best A” dan “Best E” album ini dirilis dalam rangka merayakan lima tahun karir Eir dan salam perpisahan kepada penggemarnya sebelum mengundurkan diri dari dunia tarik suara setelah kesehatannya semakin memburuk akhir-akhir ini.

CHOTOKKYU – SEVENTH HEAVEN (Stardust Music) (Pop, Dance-Pop)

Boyband yang terkenal berkat kostum dan gayanya yang unik ini mengeluarkan album kedua mereka berjudul “Seventh Heaven”. Grup yang pernah bertandang ke Jakarta ini menghadirkan lagu “Battaman” di dalam album ini, lagu ini pasti langsung akrab di telinga kamu karena memakai musik dangdut koplo dengan lirik berbahasa Indonesia seperti “Terima Kasih”, “Sama Sama” dan “Aku Cinta Kamu”. “Battaman” juga sempat viral di media sosial Indonesia berkat musik J-dut alias Jepang Dangdut.

SHIGGY JR. – ALL ABOUT POP (Universal Sigma) (Funk, Disco, City Pop, Synthpop)

Kuartet pop yang terdiri dari Tomoko Ikeda, Shigayuki Harada, Natsuhiko Mori, dan Kazuma Moraishi merilis album perdana mereka dibawah bendera major label Universal Music. Album yang berisi 13 lagu ini menampilkan lagu-lagu yang berakar dari musik 70an dan 80an seperti funk, disco, synthpop dan new wave ditambah beberapa bumbu rock n roll serta vokal Ikeda yang imut. Album ini telah mencapai posisi 29 di Jepang, salah satu lagu yang ada di album ini “HOME” telah masuk ke chart Spotify Indonesia Viral 50.

ACIDMAN – ACIDMAN 20th ANNIVERSARY FANS’ BEST SELECTION ALBUM “Your Song” (Virgin) (Alternative Rock, Indie Rock)

Band yang digawangi oleh Ohki Nobuo, Sato Masatoshi dan Urayama Ichigo mengeluarkan album kompilasi mereka yang berjudul “Your Song” sebagai perayaan atas 20 tahun karir mereka. Isi dari album ini adalah pilihan dari para penggemar yang dikumpulkan dari vote dan berisikan single terlaris mereka seperti ALMA, Sekitou dan Sekai ga Owaru Yoru.

NOT WONK – THIS ORDINARY (KiliKiliVilla) (Surf Rock, Lo-Fi, Indie Rock, Noise Pop)

 

Trio surf rock/noise pop ini kembali mengeluarkan album penuh keduanya . Band yang sedang naik daun di skena indie Jepang ini mengisi albumnya dengan dua belas lagu yang mencampurkan nada jangly dengan kerasnya desiran noise pop. Patut dicoba untuk penggemar The Pains of Being Pure At Heart, Circa Waves, Japandroids, Wavves dan Beach Fossil.

DYGL – DON’T KNOW WHERE IT IS (HARDENOUGH) (Indie Pop, Alternative Rock, Garage Rock)

 

DYGL kembali membawakan musik ala The Strokes dan The Libertines pada era awal melalui album ini. Band yang diketuai oleh Nobuki Akiyama yang juga merupakan personil Ykiki Beat memadukan indie pop, alternative rock, dan garage rock ke dalam satu paket menggiurkan. Mendengar album ini kamu pasti akan langsung tidak percaya bahwa band ini berasal dari Jepang karena aksen scottish yang kental dari Akiyama.

MONO – REQUIEM FOR HELL (Self Released) (Experimental Rock, Post Rock)

Band legendaris dalam ranah experimental rock dan post rock mengeluarkan EP terbarunya yang berjudul “Requiem for Hell”. EP ini memuat enam lagu dan masih bermain dengan ranah post rock yang menggetarkan jiwa.

MACO – LOVE LETTER (Virgin) (Pop, R&B)

Penyanyi asal Hokkaido ini mengeluarkan album keduanya yang berjudul “Love Letter” setelah album “FIRST KISS” berhasil masuk ke posisi lima besar di Jepang. Warna di album ini masih berlandaskan pop ringan dengan balutan beat J-Pop dan R&B ala Kana Nishino.

ANDROP – BLUE (Stardust Record) (Alternative Rock, Pop Rock)

Kuartet alternative rock asal Jepang ini mengeluarkan album keenam mereka berjudul “Blue”. “Blue” menjadi album yang spesial karena mereka merilis sendiri album mereka tanpa bantuan major label dan kembali ke jalur independen. “Blue” menampilkan enam lagu baru yang menggambarkan kecerahan dan kegelapan dalam hidup dalam waktu bersamaan.

DOWNY – DAI ROKU SAKUHIN [SHU MUDAI] (felicity/Space Shower) (Experimental Rock, Industrial, Post Rock)

Band yang sempat membubarkan diri pada tahun 2004 dan melanjutkan aktivitasnya pada tahun 2013 mengeluarkan seri keenam dari “Shu Mudai”. Album ini berisi nada-nada experimental dan industrial rock yang dibalut dengan keekletikan dari post rock.

THE FLYDAY – HERO (Izumi Promotion) (Ska, Garage Rock, Rockabilly, Punk Rock)

Unit Rockabilly yang terdiri dari Toshihiro Araki, Keita Kobayashi, Yosuke Takahashi dan Yukihiro Fukuyama mengeluarkan EP terbaru mereka “Hero” yang berisi nomor-nomor rockabilly dan ska yang penuh dengan semangat dan dapat membuat kamu skanking

BACA JUGA: “5 ALASAN KENAPA LAGU JEPANG JARANG ADA DI SPOTIFY DAN YOUTUBE

SINGLE:

KENSHI YONEZU – LOSER / NUMBER NINE (Sony) (Pop, Electropop, Tropical House, Hip Hop)

Penyanyi yang dulunya terkenal berkat Hatsune Miku mengeluarkan single terbaru setelah setahun. Ia berpindah label dari Universal ke Sony Music dan mengeluarkan single “Loser / Number Nine” sebagai kontribusi pertaman Yonezu di rumah barunya. Single yang sudah duduk di posisi dua di Jepang menampilkan sensitivitas hidup sebagai underdog dalam cepatnya beat hip hop (“Loser”) dan manisnya tropical house  dalam satu single (“Number Nine”)

HI-STANDARD – ANOTHER STARTING LINE (Pizza of Death) (Punk Rock, Pop Punk)

Akhirnya legenda punk rock Jepang mengeluarkan single terbarunya setelah enam belas tahun tidak mengeluarkan materi baru. “Another Starting Line” sempat menuai kehebohan pada sosial media di Jepang karena lagu ini dirilis di toko CD tanpa ada pengumuman dan promosi sebelumnya, sontak para pembeli yang datang ke toko CD tersebut merasa kaget sekaligus gembira bukan kepalang mengetahui sang legenda akhirnya telah turun gunung. Mereka juga tidak menaruh CD mereka di online shop dan layanan musik digital selama 3 minggu dan hasilnya lagu ini langsung menjadi jawara di Jepang dengan penjualan 136 ribu keping dan mengalahkan nama besar seperti Sekai no Owari, Gen Hoshino dan ShuuKaren dari E-Girls. Lagu ini menjadi lagu ketiga yang dirilis secara independen di Jepang yang menjadi jawara di Oricon Singles Chart setelah Mongol800 dan Golden Bomber.

KANA NISHINO – DEAR BRIDE (Sony) (Pop)

Solois kenamaan Jepang ini mengeluarkan single terbarunya setelah merilis album keenamnya “Just Love” pada pertengahan tahun kemarin dan langsung menjadi juara di Jepang. “Dear Bride” adalah lagu yang ditujukan untuk para pengantin dan Nishino juga menyelipkan doa agar cinta mereka terus abadi selamanya serta terus bersama di saat susah maupun senang.

BRADIO – GIFT (Hero Music) (R&B, Soul, Pop, Funk)

Band yang terkenal berkat “Flyers” ini mengeluarkan single terbaru mereka “Gift” yang memainkan musik ballad yang mellow dengan nuansa R&B dan black music yang kental. B-Side single ini berjudul “Bring It On!” memainkan musik funk yang groovy dan cepat.

LUNA HARUNA – WINDIA (Sony) (Anisong)

Penyanyi anisong yang sempat menyanyikan soundtrack untuk anime Sword Art Online, Saekano dan Haifuri kembali mengisi lagu untuk Sword Art Online. Lagu ini menjadi lagu untuk game SAO terbaru berjudul “Hollow Realization” yang akan diedarkan melalui PSVita dan PS4.

MAKOMINA – Te wo Tsunagou yo (Virgin) (Pop, Indie Pop)

Duo pendatang baru yang terdiri dari Mako dan Minami sebelumnya terkenal berkat video dance cover mereka yang diunggah ke situs MixChannel. Berkat kelucuan dari dance cover dan wajah imut dari dua personilnya mereka dijuluki “Cinderella dari dunia media sosial” di Jepang. Mereka dikontrak oleh Avex Music Creative dan Universal Music pada tahun 2016 dan langsung mengeluarkan single debut berjudul “Te wo Tsunagou yo” yang duduk di posisi 41 di Oricon Single Chart. Lagu ini menunjukkan sisi kawaii dan vokal polos serta manis dari mereka, mendengarkan lagu ini seperti mendengar lagu dari serial Love Live!.

ACIDMAN – SAIGO NO HOSHI (Virgin) (Alternative Rock)

Acidman merilis single terbaru mereka yang dirilis bersamaan dengan album kompilasi mereka. Nomor ballad alternative rock ini mampu menyentuh pendengarnya dan tetap menunjukkan sisi rock mereka meski tema lagunya begitu melankolis.

YUMI MATSUTOYA – ZANKA (EMI Records) (Pop, New Wave, AOR)

Penyanyi legendaris asal Jepang yang mempunyai vokal yang khas mengeluarkan digital single terbarunya berjudul “Zanka” dalam rangka perilisan album ketiga puluh delapannya “Uchuu Toshokan”. Penyanyi yang mempelopori gerakan new music di Jepang ini memainkan nada new wave yang menggebu-gebu dengan vokal yang mirip dengan Kate Bush.

C&K – HIKARI TO KAGE (Ns WAVE) (Folk, Soul)

Duo vokal asal Jepang yang populer berkat suara tinggi dan beratnya mengeluarkan single terbaru berjudul “Hikari to Kage”. Duo yang diisi oleh Clievy dan Keen mengeluarkan single folk yang diiringi dengan nuansa soul yang tenang dan kalem, sangat cocok didengarkan ketika sedang beristirahat di siang hari.

SHE’S – TONIGHT / STARS (Virgin) (Piano Rock)

Grup piano rock asal Osaka mengeluarkan single major kedua mereka setelah “Morning Glow” dirilis pada 8 Juni 2016 kemarin. Mereka membawakan sisi melankolis seperti Travis dan Keane pada “Tonight” dan sisi upbeat mereka pada “Stars”. “Stars” juga menjadi lagu pembuka untuk serial drama berjudul “Haikei, Minpakusama”.

PASSCODE – MISS UNLIMITED (USM JAPAN) (Digital Hardcore, Screamo, Synthpunk, Idol, Electronicore)

Pernah membayangkan bagaimana Fear and Loathing In Las Vegas berubah menjadi grup idol? Jawabannya ada pada Passcode. Kuartet idol ini mengusung genre digital hardcore dan screamo dalam satu paket. Mereka mengeluarkan single dibawah naungan major label pertama mereka berjudul “Miss Unlimited” yang berisi nomor-nomor hardcore dicampur dengan musik idol. Cocok untuk kamu yang ingin headbang tetapi ingin menikmati muka vokalis yang kawaii dan tenang mereka tidak sebocah Babymetal.

AI SHINOZAKI – KUCHI NO WARUI ONNA (Sony) (Jazz, Swing Pop)

Perempuan yang terkenal di kalangan gravure idol menunjukkan musikalitas dan vokalnya yang berani dalam single keduanya bersama Sony Music berjudul “Kuchi no Warui Onna”. Nada jazz dan swing bersatu dalam vokal Ai yang berani sekaligus nakal dalam waktu bersamaan seperti melakukan photoshoot untuk buku gravure.

CHISE KANNA – HEAVEN’S DOOR ~HI NO ATARU BASHO~ (EMI Record) (Pop Rock)

Solois yang terkenal berkat mengisi lagu penutup dari live action “Boku Dake ga Inai Machi” merilis single ketiganya berjudul “Heaven’s Door”. Lagu yang menjadi soundtrack untuk serial drama “Jimi Sugoi” memainkan pop rock yang ceria dan shiny.

ARSMAGNA FEAT. SAE TOKIMIYA – KIBUN JOUJOU (Universal) (Hip Hop, Dance Pop, Electropop)

Boyband Arsmagna berkolaborasi dengan mantan member AKB48 Sae Tokimiya dan membawakan ulang tembang milik mihimaru GT “Kibun Joujou” yang populer pada tahun 2006. Lagu ini mempunyai benang merah dance pop.

BANTY FOOT FEAT. NEO HERO – GIFT (ZIP NEXT) (Reggae)

DJ Reggae Banty Foot mengeluarkan single terbarunya yang masuk dalam kompilasi terbarunya berjudul “All Dub Plate Mix (Frontop3)”. DJ ini mengajak Neo Hero untuk mengisi vokal dan muncullah track reggae yang asyik untuk diajak bergoyang dengan iringan gitar yang terasa sangat pantai.

KYOSHINSOUNDSORCHESTRA – NIGATSU NIJUUHACHINICHI NO SOKKYOU KYOKU (MITSUKANRECORDS) (Indie Pop, Alternative Rock)

 

Trio pengusung alternative pop ini mengeluarkan digital single terbaru mereka berjudul “Nigatsu Nijuuhachinichi no Sokkyou Kyoku” dan bermain dengan nada pop rock dan indie pop yang jangly dan terasa 90’s.

Leave a Reply