ALBUM REVIEW: HAPPINESS – GIRLZ N’ EFFECT

183e4d_c6a463dd450a437abbd6945fb5143913mv2

HAPPINESS
GIRLZ N’ EFFECT
AVEX TRAX, 2016
Genre: Pop, Bubblegum Pop, R&B, EDM, Electropop

Empat tahun  merupakan waktu yang lama untuk mengerjakan sebuah album apalagi jika berbicara tentang musik Jepang dimana rilisan album baru terkadang bisa setahun sekali atau bahkan enam bulan sekali. Hal ini terjadi kepada sebuah girlband besutan LDH bernama Happiness.

 

Perpindahan label dari Universal ke Avex, pergantian personil dan kesibukan masing-masing personilnya adalah faktor utama lambatnya pengerjaan album kedua girlband yang berisi Sayaka, Kaede, Karen, Miyuu, Yurino, Anna, dan Ruri. Dalam hal perilisan single mereka terhitung rajin untuk merilis single setahun sekali tetapi mereka terus menunda album kedua mereka demi mendapatkan sound girl pop yang tepat. Penantian penggermarnya terjawab dengan album kedua mereka yang berjudul “GIRLZ N’ EFFECT” yang merupakan kulminasi dari skill mereka mulai dari kualitas vokal sampai rapping.

“Holiday” membuka album dengan pasti dan seolah tidak memberikan istirahat kepada pendengarnya untuk terus bergoyang. Mereka mencampurkan semua yang dibutuhkan untuk membuat lagu pop masa kini yang adiktif yaitu 808 drum machine, saxophone, big chorus and drop, dan 80’s new wave arpeggio. “Ordinary Girls” dipengaruhi oleh gerakan PC Music dan beberapa karya wonky dari Sophie dengan masukan moombathon. Trek ini unik karena mereka masih bisa terdengar cepat mengikuti beat lagu yang nyeleneh.

 “Love Wonderland” adalah trek EDM yang terdengar padat dan berisi, berbagai macam unsur musik dimasukkan mulai dari trap, electropop,dan synthpop. Kepadatan ini membuat pendengarnya tidak bosan karena mereka memasukkan banyak warna dalam EDM yang cenderung statis dan repetitif. “Always” memadukan unsur musik 80’s new wave dengan buliran europop yang diolah dengan kemasan modern. “Be Mine” membawa semangat 90’s house dan memadukannya dengan gitar funk serta string section sehingga memunculkan kolaborasi yang menyenangkan. Mereka bermain dengan balutan musik nu-disco dan funk dalam “JUICY LOVE”, permainan musik pada lagu ini jika diperlambat akan menjadi musik vaporwave karena memadukan estetika musik nu-disco dengan maksimal.

“Seek A Light” terdengar antemik. Mereka seolah tidak beristirahat dan terus melaju meski bermain dalam ranah ballad seperti “Bright Blue ~Watashi no ~ dan “Dancing in Solitude” yang terinspirasi oleh musik R&B 90’an dan dibawakan dengan berenergi. Musik dancehall bercampur dengan europop mereka tunjukkan pada “Autumn Autumn”. “Come Come” adalah bentuk penghargaan mereka kepada lagu Taylor Swift “We Are Never Ever Getting Back Together” dengan bantuan musik drum n bass. “Show Me Your Heart” mempunyai rasa EDM ala Deadmau5 dan Zedd. “Born to be Free” meminjam unsur swing dengan mencampurkan pop masa kini. Mereka seolah tidak ingin padam dan itu terbukti di lagu penutup “Sexy Young Beautiful” yang bermain layaknya Beyonce dalam album “4” dimana nada woman empowerement terus diteriakkan sampai akhir.

Happiness seolah tidak ingin beristirahat dan terus mengeluarkan power di album kedua mereka. Musik yang ada di album ini dieksekusi dengan yakin dan brilian karena bisa mengikuti pace mereka. Kompleksitas bubblegum pop seolah disodorkan dan menjadi kekuatan utama yang diusung mereka. Banyaknya nada-nada yang solid dan sesuai dengan kemampuan mereka membuat album “GIRLZ N’ EFFECT” adalah salah satu persembahan terbaik musik Jepang pada tahun ini. Jarang ada girlband Jepang yang membawakan musik se-solid ini dan Happiness berhasil membawakan album yang padat dan tak kenal lelah. Mereka juga terus mengagungkan woman empowerment dan menunjukkan bahwa wanita tidak kenal lelah dalam setiap lagunya.

Sepertinya penantian panjang dari fans mereka terbayar lunas dengan sajian manis dan menggigit dari Happiness. Salah satu album terbaik dalam sejarah girlband Jepang.

8/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Holiday
  2. Ordinary Girls
  3. Love Wonderland
  4. Always
  5. Be Mine
  6. JUICY LOVE
  7. Seek A Light
  8. Bright Blue ~Watashi no Ruri Iro~「Bright Blue ~私の瑠璃色~」
  9. Dancing In Solitude
  10. Autumn Autumn
  11. Come Come
  12. Show Me Your Heart
  13. Born to Be Free
  14. Sexy Young Beautiful

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

 

Leave a Reply