05cloverlinespressphoto

ALBUM REVIEW: CLOVERLINES – MEGUMI: A TONE POEM

01cloverlines-megumifrontcover

CLOVERLINES
meGUMI: A TONE POEM
OMNII RECORDS/SCROLL DOWN COMICS, 2016
Genre: Vocaloid, Alternative Rock, Indie Rock, Lo-Fi

Sebuah komik fiksi dengan musik yang nyata, itulah Cloverlines. Grup fiksi yang berisi Aimi Hoshikawa, Yuuki’Jung con Wurttemberg, Damon Atkins, Monica Pascal dan JPR-3-USNA-2395-02743 “RINNE” ini sebenarnya merupakan karakter fiksi yang ada dalam komik Cloverlines buatan Scroll Down Comics.

Cloverlines sendiri bercerita tentang perjalanan band yang tampil di luar angkasa. Komik yang dibuat oleh Wednesday Ash, asteRiesling, Rekkazan dan Marvin Saliechan ini sudah mempunyai album sendiri yang berjudul meGUMI: A TONE POEM.

Mereka menggunakan suara GUMI dari software Vocaloid untuk mengisi vokalnya dan menasbihkan dirinya pada genre alternative rock dan indie rock dengan tatanan suara yang sangat lo-fi dan raw. Album yang berisi 14 lagu ini dibuka oleh “World of Lies” yang terdengar seperti lagu Vocaloid kebanyakan dan terdengar seperti lagu Vocaloid yang dibuat oleh ryo dari supercell. “Intro (Reach for the Stars) memakai esensi post-punk dan punk rock. “POP! Revolution” terasa sekali mengambil pengaruh power pop 70’an dengan permainan keyboard yang sangat pop untuk ukuran rock.

“didn’t notice SENPAI noticed me” mengambil rasa indie rock yang sedikit kasar dan keras. “Electromagnetic Love” terasa seperti alternative rock 90’an dimana permainan yang ritmis dan jangly menjadi syarat utama. “Tsundere” bermain di ranah noise pop, mendengar lagu ini seperti mendengar The Pains of Being Pure At Heart, Number Girl dan Supercar dalam versi Vocaloid.

Manuver noise rock experimental yang sering diusung Sonic Youth dan Mogwai dimasukkan pada “Attempt at ADult Conversation 2, mereka memasukkan unsur indie rock yang slengean pada akhir lagu yang membuat trek ini aneh dan menarik pada waktu bersamaan. “what am i to you? (Huh? Tell me. Tell me right now. What am I to you?)” mencampurkan pop punk, garage rock dan progressive rock ke dalam satu paket dan diatur dengan rapi sehingga menciptakan flow lagu yang berbeda. “Spaghetti” dan “GAZE” ingin bermain balada namun terkesan setengah matang.

“persecond (Gray and Orange)” akan mencapai titik maksimum dalam genre shoegaze/noise rock jika tidak di-overshadowed oleh vokal sintetik Gumi yang cukup menurunkan tensi lagu dan dibiarkan instrumental. “Cthulhu Interstellar” bermain bersih tanpa ada raungan gitar dan noise di sana-sini dan “Sleepless Night” terdengar sangat pop rock dengan tambahan wall of noise dan sangat terasa seperti lagu Vocaloid bukan lagu Cloverlines.

Secara keseluruhan album ini terdengar strange and delightful. Musik yang ditawarkan juga terbilang berani dan unik karena memainkan genre yang mengandalkan wall of noise dan estetika lo-fi music seperti alternative rock,indie rock, noise pop, noise rock, dan shoegaze dengan lirik yang sangat youth. Beberapa judul lagu juha terlihat nyeni dan nyeleneh seperti jiwa anak muda.

Tetapi permasalahan utama yang ada di album ini ialah mereka masih menggunakan Vocaloid sehingga terdengar soulless dan tidak sesuai dengan estetika musik yang dibawakan dan terasa sangat “Jepang”. Unsur mastering juga menjadi hal yang patut diperhatikan karena lagu di album ini terdengar terlalu bising dan tidak terlalu empuk di telinga meski mereka memainkan genre yang memang mengandalkan unsur noise.

Jika album ini bisa menemukan vokal manusia yang tepat untuk membawakan materi yang ada maka hal tersebut menjadi sebuah keunikan dan khasanah baru dalam skena musik independen lokal. Siapa tahu jika mereka mengambil vokalis manusia band fiksi ini akan sama atau bahkan lebih populer dari komik aslinya.

6/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. World of Lies feat. KeyKat of CAT48
  2. Intro (Reach for the Stars)
  3. POP! Revolution
  4. didn’t notice SENPAI noticed me
  5. ElectroMagnetic Love
  6. TSUNDERE
  7. Attempt at ADult Conversation 2
  8. what am i to you? (Huh? Tell me. Tell me right now. What am I to you?)
  9. Spagetthi
  10. GAZE
  11. persecond (Gray and Orange)
  12. Cthulhu Interstellar
  13. [this page intentionally left blank]
  14. SLEEPLESS NIGHTS

Like fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

Like fanpage SCROLL DOWN COMICS pada tautan ini

Baca komik CLOVERLINES pada tautan ini

 

One thought on “ALBUM REVIEW: CLOVERLINES – MEGUMI: A TONE POEM

Leave a Reply