haifuri-1

ANIME REVIEW: HIGH SCHOOL FLEET (HAIFURI)

HIGH SCHOOL FLEET (HAIFURI)
PRODUCTION IMS, 2016
Genre: Military, School, Slice of Life, Action

horriblesubs-haifuri-12-480p-mkv_snapshot_21-11_2016-10-11_16-04-08

 

Jepang memang suka melakukan gerakan yang terlihat aneh untuk orang luar mulai dari iklan, fashion, Harajuku, idol group, teknologi dan teknik untuk memancing orang-orang agar bergabung menjadi bagian militer Jepang.

Berbicara propaganda untuk masuk ke militer Jepang mempunyai cara yang berbeda dengan Amerika. Ketika Amerika mengeluarkan film patriotik dengan aktor yang penuh steroid seperti “Top Gun” untuk membuat persepsi pemudanya bahwa “militer itu keren” Jepang mempunyai cara lain untuk menarik minat pemudanya untuk menekuni militer yaitu dengan cewek moe, loli dan kawaii dengan mengedepankan semangat lucu dan imut demi menarik minat pemudanya yang semakin hari semakin berkurang untuk masuk militer.

Pada tahun 2014 orang dikejutkan dengan “Girls und Panzer” dimana gadis SMA berukuran kecil dan mempunyai muka yang imut bersanding dengan tank militer yang memang ada di dunia nyata dan masih dipakai sampai sekarang. Belum selesai dengan “Girls und Panzer” Jepang kembali memberi “Kantai Collection” pada dunia dimana semua kapal perang Jepang dan sekutunya pada perang dunia kedua dimodifikasi menjadi sebuah gadis yang moe dan imut serta menjadi bahan delusi orang-orang yang memainkan game tersebut.

horriblesubs-haifuri-01-480p-mkv_snapshot_06-16_2016-10-11_16-04-55

Persepsi kapal perang yang ganas dan tank yang perkasa diubah menjadi sesuatu yang lucu dan dijadikan teman tidur bagi para pria kesepian. Kedua serial tersebut mampu menarik minat orang Jepang terhadap militer dan tidak terbatas oleh penggemar militer atau military otaku. Dengan pendekatan yang universal dan gampang dicerna propaganda seperti ini cukup berhasil untuk memperlihatkan bahwa militer Jepang sangat keren meskipun pada kenyataannya tidak.

horriblesubs-haifuri-03-480p-mkv_snapshot_11-18_2016-10-11_16-06-02

Semua hal yang berbau Girls und Panzer dan Kancolle laku keras bak kacang goreng dan pada tahun 2016 ada satu serial yang berharap bisa bernasib sama dan menggabungkan kedua elemen serial tersebut yaitu “High School Fleet” atau “Haifuri”.

horriblesubs-haifuri-03-480p-mkv_snapshot_10-21_2016-10-11_16-05-53

Serial yang menjadi salah satu propaganda militer Jepang dalam menaikkan minat masyarakatnya akan angkatan laut mempunyai format 12 episode dan sudah ditayangkan dari 10 April sampai 26 Juni 2016 kemarin.

Haifuri mengambil tema dimana Jepang terkena musibah yang mengakibatkan banyak wilayahnya tenggelam ke laut pada seratus tahun yang lalu. Beberapa wilayah di Jepang dibangun kembali dalam bentuk kapal yang besar, untuk menjaga keamanan lautan dibentuklah suatu lembaga bernama “Blue Mermaid”. Akeno Misaki ingin sekali menjadi anggota Blue Mermaid untuk itu ia masuk ke sekolah tinggi kelautan dan diberi mandat untuk berlayar bersama kapal peninggalan perang dunia kedua Harekaze. Harekaze merupakan kapal untuk murid-murid dengan nilai paling rendah dengan Akeno sebagai kapten kapal dan Munetani sebagai wakilnya. Bersama dengan kru lainnya mereka menaikkan jangkar dan mencari misteri di birunya lautan.

horriblesubs-haifuri-03-480p-mkv_snapshot_14-22_2016-10-11_16-06-56

Untuk ukuran anime yang ingin mengedepankan militer terutama di bidang angkatan laut Haifuri sudah menjalankan misinya dengan baik, berbagai macam kisah dan drama yang terjadi di lautan tergambar dengan cukup baik. Beberapa detail tentang perkapalan mulai dari itu segi teknis, cara menyelamatkan orang di lautan, pertarungan antar kapal sampai cara bertahan hidup di atas kapal digambarkan dengan menarik dan membuat penontonnya antusias untuk mengetahui lebih dalam tentang perkapalan apalagi didukung karakter yang super imut.

Namun pengenalan akan perkapalan tidak dibungkus dengan cerita yang solid serta karakter yang kuat.

horriblesubs-haifuri-01-480p-mkv_snapshot_16-33_2016-10-11_16-05-23

Permasalahan utama dari Haifuri adalah ceritanya yang inkosisten dan terlalu memberikan kejutan di episode awal. Pada tiga episode awal Haifuri langsung menjejali penontonnya dengan konflik tanpa ada pengenalan konsep awal cerita yang berarti sehingga saya menerka-nerka apa yang sebenarnya sedang terjadi sehingga masuk ke titik konflik. Penyelesaian konflik terlihat biasa saja malah terkesan tidak masuk akal karena serial ini terlalu dini dalam menghadirkan konflik yang tidak diolah secara matang.

horriblesubs-haifuri-01-480p-mkv_snapshot_18-30_2016-10-11_16-05-13

Haifuri juga memasukkan science fiction yang aneh dan tidak sesuai dengan tema perkapalan yang ingin diusungnya. Banyak sekali masukan sci-fi yang malah membuat cerita terlihat dibuat-buat dan tidak natural seperti “Girls und Panzer” entah itu transmutasi genetik sampai teori apocalypse yang terlihat menurunkan kualitas cerita.

horriblesubs-haifuri-03-480p-mkv_snapshot_18-18_2016-10-11_16-07-22

Serial ini juga seperti kebingungan dalam mengisi kekosongan plot cerita di beberapa episode dan memasukkan unsur slice of life dengan segala macam tingkah moe blob sehingga saya sendiri kebingungan apakah Haifuri adalah serial militer dengan berbagai macam bonding-nya atau hanya sekedar cute girls doing cute things versi kapal layaknya Kancolle. Filler seperti ini yang membuat Haifuri sedikit membosankan di tengah perjalanannya.

Karakter yang ada di Haifuri juga biasa saja malah bisa ditemukan di banyak serial slice of life lainnya yang mengedepankan cewek moe sebagai karakter utamanya. Sama seperti Mayoiga, beberapa karakter malah terlihat tidak penting dan cukup menganggu untuk dilihat. Karakter yang terlalu banyak juga membuat pengembangan karakter hanya berfokus ke karakter utamanya yaitu Akeno dan Munetani sedangkan karakter lainnya hanya menjadi tempelan untuk membuat penonton cowok membeli merchandise mereka karena melihat karakter cewek yang pantas menjadi waifu material.

horriblesubs-haifuri-03-480p-mkv_snapshot_05-53_2016-10-11_16-05-39

Karena banyak disusupi oleh slice of life dengan menjual karakter cewek yang imut Haifuri tidak membuat saya tegang atau terpukau dalam melihat pertempuran yang seharusnya dibuat lebih mencekam untuk memunculkan efek drama perang seperti layaknya film militer yang selalu memunculkan hal tersebut demi membangun emosi penonton. Pertempuran disajikan hambar karena tidak dibangun dengan baik dan terkesan mendadak.

Haifuri terlihat ingin sekali menyatukan “Kancolle” dan “Girls und Panzer” tetapi hasilnya tidak maksimal dan terkesan setengah jadi malah terlihat seperti versi murah dari Girls und Panzer yang benar-benar membawakan konsep love and war di medan kompetisi. Haifuri berjalan terlalu lurus dan terlalu lempeng dan tidak memberikan impact yang berarti karena pembangunan cerita yang biasa saja ditambah bumbu-bumbu yang tidak masuk akal.

horriblesubs-haifuri-03-480p-mkv_snapshot_18-50_2016-10-11_16-07-34

5/10

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

Leave a Reply