mp100

ANIME REVIEW: MOB PSYCHO 100

soulreaperzone-com_mob_psycho_100_-_01_sd_hs-mkv_snapshot_10-54_2016-10-07_14-59-35

MOB PSYCHO 100
BONES, 2016
Genre: Action, Shounen, Slice of Life, School, Comedy, Pyschological

ONE adalah salah satu nama paling hot di dunia komik shounen saat ini. Komik One Punch Man buatannya yang berawal dari hasil iseng-iseng dan diunggah di internet mampu menarik perhatian banyak orang karena gambarnya yang hancur dan ceritanya yang lucu dengan majas ironi disana-sini, terhitung per tanggal 6 Oktober 2016 sudah 94 juta kali laman webcomic ini dikunjungi.

Webcomic ini mendapat perlakuan spesial dari Yusuke Murata dengan hasil yang lebih ajaib dan meraih kesuksesan yang sama dengan webcomic aslinya.

soulreaperzone-com_mob_psycho_100_-_01_sd_hs-mkv_snapshot_00-56_2016-10-07_14-58-05

Tidak puas dengan hanya satu seri ONE kembali meluncurkan karyanya yang terbaru berjudul Mob Psycho 100 yang mempunyai tone komedi yang sama dengan One Punch Man hanya saja dengan cerita yang lebih serius. Adaptasi anime dari Mob Psycho telah diputar pada 12 Juli 2016 kemarin dengan jumlah 12 episode. Studio Bones lagi-lagi dipercaya untuk mengadaptasi karya ONE setelah sebelumnya membuat penonton terkagum-kagum dengan presentasi visual dan animasi dari One Punch Man.

soulreaperzone-com_mob_psycho_100_-_01_sd_hs-mkv_snapshot_12-02_2016-10-07_15-00-22

Mob Psycho 100 bercerita tentang seorang remaja bernama Shigeo Kageyama yang sering dipanggil Mob (モブ mobu, dalam bahasa Indonesia “mobu” bermakna karakter sampingan) karena dia kurang peka dan orangnya datar-datar saja. Meskipun dia terlihat datar dan pemalu ia mempunyai kekuatan supernatural yang sangat kuat. Ketika ia tumbuh dewasa ia menyadari bahwa kekuatan yang ia miliki bisa membahayakan orang untuk itu ia tidak ingin menunjukkan kekuatannya dan ingin menjalani kehidupan normalnya. Ketika ia mengalami guncangan emosi baik itu senang, sedih ataupun marah dan telah mencapai 100% maka kekuatan ia yang sebenarnya muncul dan dapat meluluh lantahkan lingkungannya atau bisa berdampak positif bagi lingkungannya.

soulreaperzone-com_mob_psycho_100_-_01_sd_hs-mkv_snapshot_04-38_2016-10-07_14-58-57

One Punch Man (OPM) dan Mob Psycho 100 (MP) memang memiliki persamaan seperti karakter utama yang sama-sama terlihat bodoh namun mempunyai kekuatan yang melebihi manusia pada umumnya. Tetapi satu hal yang membuat MP jauh lebih bagus daripada OPM yaitu pendekatan interpersonal dan intrapersonal yang terus dimunculkan dalam serial ini.

soulreaperzone-com_mob_psycho_100_-_01_sd_hs-mkv_snapshot_11-53_2016-10-07_14-59-49

Pendekatan interpersonal terasa pada paruh pertama serial ini dimana cerita berpusat pada bagaimana Mob melihat dirinya sendiri, pendekatan ini juga dibuat untuk mengenalkan landasan cerita dan karakter ke penonton sehingga semua pertanyaan tentang asal usul dan kekuatan Mob sudah terjawab dan tidak menimbulkan plothole. Semantara itu paruh kedua memusatkan pada pendekatan intrapersonal dimana penonton akan disuguhkan tentang pandangan Mob akan orang-orang disekelilingnya dibantu dengan karakter penunjang yang membantu membuat cerita semakin konkrit dan jelas kelanjutannya. Memisahkan paruh pertama dan paruh kedua dengan pendekatan seperti tadi membuat serial ini semakin hidup dan humanis meski terkadang kekuatan dari Mob terlalu fiktif untuk muncul di dunia nyata.

soulreaperzone-com_mob_psycho_100_-_03_sd_hs-mkv_snapshot_19-23_2016-10-07_15-01-48

Selain hubungan interpersonal dan intrapersonal yang ditunjukkan banyak sekali sisi psikologi yang diangkat dan direpresentasikan dengan baik dari setiap adegan dan karakter yang ada. MP dengan gamblang menunjukkan psikologis dari remaja laki-laki yang dipenuhi dengan pencarian jati diri, pengakuan dari lingkungan sekitar, kesombongan, ketakutan, guncangan emosi, perjuangan untuk menjadi populer, cinta pada pandangan pertama sampai eksistensialisme. Masa muda yang selalu digambarkan sebagi masa yang penuh guncangan dan kelabilan emosional juga dapat ditemukan di sini dan digambarkan dengan metafora yang sangat menarik. Representasi jiwa remaja yang labil dalam segi emosional juga dilambangkan ketika Mob mencapai guncangan emosional yang maksimal maka ia akan menumpahkan segala emosinya menjadi kekuatan yang desktruktif sebagai luapan emosi dari jiwanya yang masih labil. Secara tidak langsung serial ini mengibaratkan bahwa kekuatan yang dipunya oleh Mob juga sebenarnya sama dengan kekuatan yang dipunyai anak muda pada umumnya meski tidak sefiksi kekuatan Mob.

soulreaperzone-com_mob_psycho_100_-_03_sd_hs-mkv_snapshot_19-45_2016-10-07_15-02-24

MP juga menyoroti psikologi yang timbul pada orang dewasa seperti social rejection, alienation dan inferiority complex yang direpresentasikan oleh kelompok antagonis bernama Claw. Claw digambarkan sebagai orang-orang yang mempunyai kekuatan super tetapi sebenarnya mereka adalah orang-orang yang tidak bisa menerima kenyataan bahwa mereka berbeda dengan orang kebanyakan dan merasa dirinya dikucilkan atau spesial dan itu dibuktikan dengan salah satu ucapan yang muncul “Sebenarnya kalian adalah anak-anak kecil yang terperangkap di dalam tubuh orang dewasa dan tidak terbangun dari mimpinya”, sebuah statement yang singkat dan padat untuk menggambarkan social rejection dan alienation yang muncul pada organisasi ini. Konsep kekuasaan yang muncul pada Claw juga ditegaskan dalam buku Cultural Studies karya Chris Barker dimana kekuasaan bukan hanya sekedar perekat yang menyatukan kehidupan sosial, atau kekuatan koersif yang menempatkan sekelompok orang di bawah orang lain.

soulreaperzone-com_mob_psycho_100_-_06_sd_hs-mkv_snapshot_04-32_2016-10-07_15-05-57

Penceritaan dalam serial ini juga terlihat kokoh dan padat tanpa harus membuat penontonnya berpikir terlalu keras atau terlalu cepat. MP menggabungkan semua genre yang disukai oleh khalayak ramai seperti shounen, action, school, drama, slice of life, comedy sampai psychological dengan pintar sehingga tidak ada unsur yang berat sebelah dalam serial ini. Semuanya mendapat porsi yang sesuai tanpa harus memforsir satu sama lain.

soulreaperzone-com_mob_psycho_100_-_06_sd_hs-mkv_snapshot_11-34_2016-10-07_15-06-17

Hubungan antar karakter yang muncul juga kohesif dan berkolerasi satu sama lain. Serial ini mempertontonkan hubungan yang esensial dalam hidup seperti adik-kakak, kawan-musuh, guru-murid dengan sangat baik. Seiring cerita berjalan semua hubungan tersebut memengaruhi jiwa karakter satu sama lain dan membuat MP adalah salah satu serial yang sangat bagus dalam hal pengembangan karakter dengan kuota hanya 12 episode. Karakter yang ada dalam serial ini juga terbilang unik tetapi bisa ditemui di kehidupan sehari-hari seperti Arataka Reigen yang mungkin di awal akan dicap sebagai pembohong besar tetapi ketia cerita berjalan semua akan salut dengan tindakan Arataka. Sebuah dualisme yang pintar dan seru untuk dilihat.

vlcsnap-2016-09-30-11h19m36s62

Meski terlihat berat dari segi konsep tetapi serial ini mempunyai jurus jitu untuk membuat penontonnya terus mengikuti serialnya sampai selesai yaitu dengan menitikberatkan ke komedi dan se-shonen mungkin. Berbagai macam tipikal komedi dan shonen dikeluarkan untuk membuat penonton terhibur dan sedikit melupakan konsep besar tersebut seperti Arataka yang selalu mengeluarkan jurus-jurus gak jelas, Dimple yang mengingatkan akan sang mata dalam serial GeGe Kitaro dan lain sebagainya.

vlcsnap-2016-09-30-11h19m00s170 soulreaperzone-com_mob_psycho_100_-_01_sd_hs-mkv_snapshot_18-01_2016-10-07_15-01-03

Pihak Bones membuat adegan yang ada dengan sekomikal mungkin untuk meghalau konsep berat yang diusung dan salah satu caranya adalah dengan teknik animasi yang terbilang “liar” dan dieksekusi dengan sangat maksimal. Serial ini mencampurkan berbagai macam teknik animasi dan terkadang sketsa kasar bisa muncul dan dianimasikan. Menonton animasi dari serial ini terasa seperti menonton animasi dari Gainax dan beberapa karya Masaaki Yuasa (Ping Pong, Yojouhan Shinwa Taikei, Mind Game). Animasi action yang muncul juga mampu membuat terpana karena fluid, padat dan nonstop seolah tidak ingin membiarkan penonton mengedipkan mata sedikitpun agar tidak kehilangan momen action dari MP.

Tidak diragukan lagi Mob Psycho 100 adalah serial shonen terbaik sepanjang 2016, ia menjadi terbaik bukan karena action yang diumbar atau karakternya yang terlalu shonen tetapi Mob Psycho mampu merepresentasikan bagaimana menjadi anak muda dengan segala problematikanya baik dari segi mental dan material. Serial ini mempunyai konsep yang besar tapi tidak dibawakan dengan intonasi yang berat ataupun ingin terlihat edgy dan membawakannya dalam nuansa seceria dan sekomikal mungkin untuk merepresentasikan bahwa kehidupan remaja memang menggembirakan dan menyulitkan dalam waktu bersamaan.

vlcsnap-2016-09-30-11h27m56s228

ONE juga ingin memanusiakan sebuah karya supernatural dan memberikan perspektif yang berbeda dalam memandang kekuatan supernatural dan menghasilkan suatu karya yang bukan hanya lucu tetapi juga sebagai refleksi diri akan masa muda atau seishun yang merupakan tahap penting dalam kehidupan. Sebuah hal yang jarang diangkat ke dalam medium anime saat ini yang terkadang mementingkan fantasi yang terlalu berlebihan.

Tidak ada lagi serial yang begitu realistik tetapi juga begitu fiksi dalam waktu bersamaan dan dieksekusi dengan sempurna untuk ukuran 12 episode selain Mob Psycho 100.

soulreaperzone-com_mob_psycho_100_-_03_sd_hs-mkv_snapshot_21-00_2016-10-07_15-03-35

9/10

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

Leave a Reply