3d918bec83c14354c38db54604c17d4d

ALBUM REVIEW: GLIM SPANKY – NEXT ONE

tyct-60086_sba_extralarge

GLIM SPANKY
NEXT ONE
VIRGIN/UNIVERSAL, 2016
Genre: Hard Rock, Alternative Rock, Blues Rock, Garage Rock

 

KOTAK FAKTA
Glim Spanky terbentuk pada tahun 2007
Band ini terbentuk di Nagano dan terdiri dari Hiroki Kamemoto dan Remi Matsuo
Awalnya band ini terdiri dari empat orang tetapi bassis dan drummer band ini mengundurkan diri pada tahun 2010
Album “Next One” merupakan album major kedua mereka setelah mereka merilis “Sunrise Journey” pada tahun 2015
Lagu “Ikari o Kure yo” menjadi lagu tema untuk film terbaru One Piece berjudul “One Piece Gold”

 

Musik rock dan blues memang tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena memang akar musik dari rock sebenarnya adalah blues mulai dari komposisi melodinya sampai ke suasananya. Semangat blues dalam rock memang sudah memudar di era sekarang tapi untungnya beberapa nama seperti The White Stripes beserta vokalisnya Jack White, The Black Keys dan Kings of Leon membawa kembali semangat blues tersebut dalam medium modern rock. Gerakan blues rock revival ini juga sudah dimulai di Jepang dan Glim Spanky adalah satu nama yang mencoba menghidupkan skena musik ini di Jepang.

Duo yang terdiri Remi Matsuo dan Hiroki Kamemoto ini memang terdengar berbeda jika dibandingkan dengan grup musik Jepang pada umumnya. Mereka dengan berani membawakan semangat blues rock dan sound hard rock original yang muncul pada era 60’an dan 70’an. Warna vokal dari Remi juga mendukung sound yang mereka usung karena vokal Remi mengingatkan akan musisi rock dan blues di era 60’an dan 70’an seperti Janis Joplin, Joni Mitchell dan Patti Smith. Dengan keautentikannya Glim Spanky langsung mendapat perhatian di Jepang dan mereka ingin menjaga semangat blues rock di era modern dengan album terbaru mereka yang berjudul “Next One” yang telah dirilis pada 20 Juli 2016 kemarin.

Album yang berisikan sepuluh lagu dengan durasi lebih dari 40 menit ini benar-benar mendedikasikan dirinya ke dalam semangat blues rock dan hard rock seperti “Jidai no Hero” yang memainkan riff hard rock seperti Black Sabbath dan Led Zepellin dan semangat rock n roll ala The Rolling Stones. Gitar blues berpadu dengan sentruman alternative rock kekinian pada “grand port”. Mereka mengolah semangat The White Stripes pada “Icky Thump” dengan sensasi anthemic rock ala Queen dalam “NEXT ONE”. “Ikari o kure yo” dan “Wild Side wo Ike” mempunyai vibe yang hampir sama yaitu glam rock ala T-Rex dan Aerosmith hanya saja “Wild Side wo Ike” lebih keras dari segi permainan seolah mengajak kita untuk bersenang-senang dengan pekatnya riff gitar hard rock nya yang melambangkan sisi liar. “Iza Mexico he” bermain lebih seksi dengan memasukkan southern rock untuk menghidupkan nuansa padang pasir Meksiko yang begitu luas dan misterius.

Mereka mengeksekusi lagu bertempo medium dan ballad dengan sangat mapan pada “Hanashi wo Shiyou” yang menggabungkan country dengan nada-nada yang bluesy. Tetapi kepandaian mereka dalam membuat lagu ballad hanya berhenti pada lagu itu saja karena beberapa lagu seperti “Yami ni Me wo Koraseba” terdengar sangat Noel Gallagher dalam album debutnya begitu pula “Kaze ni Utaeba” dan “NIGHT LAN DOT” yang terdengar sangat Oasis dengan kemasan yang lebih blues.

Sebenarnya penampilan Glim Spanky pada album ini bisa dibilang jauh lebih berkembang dibandingkan album sebelumnya dengan memasukkan elemen hard rock yang lebih banyak dan lebih bervariasi. Arsiran hard rock dan rock n roll pada album ini juga semakin terpoles rapi meski di beberapa lagu Glim Spanky masih terlihat kurang optimal dan masih meminjam banyak hal dari band pendahulunya sehingga membuat nilai album ini sedikit turun. Meski begitu semangat untuk berbaur dengan genre alternative rock dan modern rock adalah hal yang patut diapresiasi dalam album ini sehingga mereka bisa menampilkan sebuah genre yang tidak terlihat tua namun tidak kekurangan keautentikannya.

7/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Next One
  2. Ikari wo Kure yo 「怒りをくれよ」
  3. Yami ni Me wo Koraseba 「闇に目を凝らせば」
  4. grand port
  5. Jidai no Hero 「時代のヒーロー」
  6. Hanashi wo Shiyou 「話をしよう」
  7. NIGHT LAN DOT
  8. Iza Mexico he 「いざメキシコへ」
  9. Kaze ni Utaeba 「風に唄えば」
  10. Wild Side wo Ike 「ワイルドサイドを行け」

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

 

Leave a Reply