ALBUM REVIEW: JANITRA SATRIANI – FAREWELL EP

unnamed

JANITRA SATRIANI
FAREWELL EP
SELF RELEASED, 2016
Genre: Pop, Alternative

Demam emo yang dulu mewabah di pertengahan sampai akhir 2000an memang sudah menurun dan tidak sepanas dulu. Tidak ada lagi personil band yang memakai eyeliner yang tebal dan bernyanyi dengan depresif disertai alunan gitar yang keras dan mendekati hardcore. Sekarang skena so-called-emo telah berganti style dan sudah merangkul genre musik yang lebih popular seperti new wave dan pop, contoh yang paling gamblangnya adalah The 1975 dan Troye Sivan dengan lirik depresif yang mampu menarik perhatian anak muda meski dalam kemasan pop. Hal ini juga terjadi pada salah satu solois bernama Janitra Satriani.

Solois yang sebelumnya merupakan personil band emo/pop punk Matilampu mengeluarkan EP perdananya dibawah naungan namanya yang berjudul “Farewell”. EP yang berisi tiga lagu ini dengan tepat menggambarkan bagaimana istilah emo sudah berubah dengan sangat drastis sama seperti transisi musiknya dari emo/pop punk menuju ke pop yang dramatis untuk menimbulkan kesan sedih atau dalam seperti “+6221” yang terdengar sangat The 1975 atau “Arcade” yang mencampur Kodaline dan indie pop ala Galileo Galilei di era album terakhirnya dan POP ETC. “Farewell” dibawakan dengan bantuan choir yang cukup mengangkat tema dari lagu.

Dari segi kualitas produksi album ini terbilang cukup bagus untuk ukuran bedroom producer apalagi ia mengerjakan semua lagunya sendiri dan ia mampu menangkap ambience lagu sehingga terdengar ambisius, sayangnya vokal Janitra di sini sangat underperformed dan terdengar tidak berpasangan dengan ambience lagunya  yang begitu ambisius, beberapa lagu ini malah terdengar sangat emo dan membuat fondasi megah yang sudah dibangun di awal terlihat biasa saja. Lirik di EP ini juga terhitung biasa saja dan terdengar terlalu sedih sehingga memunculkan citra sadboys but not in a positive way. Janitra Satriani terjebak dalam lingkar emo/pop punk yang ia buat pada jaman dulu dan lewat EP terbarunya ia seakan mencoba mengikuti arus musik anak muda jaman sekarang agar terlihat relevan.

5/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Farewell
  2. +6221
  3. Arcade

 

Leave a Reply