amaama-to-inazuma

ANIME REVIEW: AMAAMA TO INAZUMA

AMAAMA TO INAZUMA
TMS ENTERTAINMENT, 2016
Genre: Slice of Life

soulreaperzone-com_amaama_to_inazma_-_06_sd_hs_0-mkv_snapshot_13-59_2016-10-03_17-45-56

“Food is everything. Food, friends, family: those are the most important things in life” – Zac Posen (Fashion Designer)

Serial anime tentang masak memasak memang sering beredar sebut saja Koufuku Graffitti, Cooking Master Boy atau yang paling laris saat ini yaitu Shokugeki no Souma. Tetapi serial tersebut hanya memfokuskan kepada bagaimana suatu masakan dibuat dan sensasi setelah mencicipi masakan tersebut. Jarang sekali ada serial yang mengedepankan filosofi hidup dan keceriaan ketika menyantap makanan apalagi dibawakan dengan gaya cerita slice of life yang ringan dan heartwarming.

soulreaperzone-com_amaama_to_inazma_-_04_sd_hs-mkv_snapshot_20-10_2016-10-03_17-45-07

Satu serial bernama Amaama to Inazuma (Kemanisan dan Petir) muncul di tengah sepinya cerita tentang keceriaan dalam menyantap sebuah makanan. Anime ini diadaptasi dari komik buatan Gido Amagakure dan diterbitkan oleh Kodansha. Komik ini telah diserialisasikan pada Maret 2013 dan adaptasi anime nya sudah dimulai pada 4 Juli 2016 sampai 19 September 2016 sebanyak 12 episode.

Amaama bercerita tentang seorang guru bernama Kouhei Inuzuka yang membesarkan anaknya Tsumugi seorang diri sejak kematian istrinya. Ia selalu membeli makanan siap saji untuk anaknya karena ia tidak bisa memasak dengan benar, sampai suatu hari ia bertemu muridnya Kotori Iida yang mengajarkan bagaimana cara memasak yang baik, benar, dan lezat untuk Tsumugi yang sudah bosan memakan makanan siap saji.

soulreaperzone-com_amaama_to_inazma_-_06_sd_hs_0-mkv_snapshot_11-44_2016-10-03_17-45-49

Amaama to Inazuma membawa konsep yang terbilang jarang dibawakan oleh  menceritakan bahwa setiap masakan yang dimakan mengandung proses serta cerita tentang kebersamaan dan kenangan yang tumbuh ketika memasak. Konsep tersebut menjadi fundamental serial ini dan terus dibawa sampai akhir serial. Proses memasak dijadikan pemicu untuk membuat interaksi dan chemistry antar karakter berkembang.

soulreaperzone-com_amaama_to_inazma_-_06_sd_hs_0-mkv_snapshot_19-38_2016-10-03_17-46-28

Amaama memilih genre slice of life sebagai pakem utama dalam membawakan ceritanya dan genre tersebut dibawakan dengan baik dan sejalan dengan konsep utama. Banyak sekali adegan yang heartwarming dan menggemaskan seputar kejadian sehari-hari yang membuat penontonnya merasa teduh dan ingin melihat terus sampai selesai. Cerita yang ditawarkan oleh Amaama episodik dan sesuai dengan genre yang dipilih yaitu slice of life. Cerita tentang keseharian anak TK yang imut dan bersahabat sampai ke momen masak memasak di dapur dibawakan dengan enak dan menggoda layaknya hamburger steak kesukaan Tsumugi.

Pengondisian cerita dalam serial ini juga sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan dapat ditonton oleh semua kalangan mulai itu anak sekolah, remaja sampai orang tua yang ingin mencari tontonan untuk membuat suasana di ruang keluarga lebih akrab. Jarang sekali efek atau meta di anime yang muncul dalam serial ini sehingga serial ini mempunyai kekuatan yang besar dalam menarik penonton di luar komunitas pecinta anime.

soulreaperzone-com_amaama_to_inazma_-_04_sd_hs-mkv_snapshot_10-24_2016-10-03_17-44-42

Amaama juga pintar memainkan momen dan tahu kapan harus sedikit memainkan emosi penontonnya, serial ini menyelipkan beberapa momen sedih yang biasanya dipicu oleh memori indah Tsugumi tentang ibunya apalagi jika masakan yang menjadi fokus cerita sering dimasak oleh almarhumah ibu Tsugumi. Permainan emosi tersebut membuat serial ini benar-benar menunjukkan sisi emosional dari genre slice of life sehingga Amaama bukanlah hanya serial yang lucu tapi juga bisa bermain secara emosional.

soulreaperzone-com_amaama_to_inazma_-_04_sd_hs-mkv_snapshot_13-33_2016-10-03_17-44-53

Hubungan antara ayah dan anak, guru dan murid, serta sesama teman ditunjukkan dalam Amaama sehingga memunculkan chemistry antar karakter yang bagus. Hubungan sebuah karakter dengan karakter lainnya benar-benar down to earth dan efektif tanpa harus diikuti oleh plot yang besar atau ambisius, serial ini terlihat santai dalam mengembangkan karakternya tanpa membuat penontonnya terforsir dan berpikir dalam-dalam sambil mencerna ceritanya. Hubungan karakter seperti ini juga sering dipakai dalam serial drama atau dorama di Jepang.

soulreaperzone-com_amaama_to_inazma_-_04_sd_hs-mkv_snapshot_03-29_2016-10-03_17-45-23

Nilai tambah dari serial ini tentunya jatuh kepada karakter utamanya yaitu Tsugumi. Tsugumi digambarkan sebagai seorang anak TK yang diidamkan oleh orang tua pada umumnya yaitu baik, patuh dan sayang terhadap orang tua, peduli dengan teman, pintar, pemberani, enerjik, dan tentunya punya daya imajinasi yang luas. Karakter beserta sifatnya tersebut sangat mendukung semua elemen dari serial ini karena mempunyai daya tarik yang sangat besar bagi penontonnya apalagi hal ini didukung dengan penggambaran karakter yang terlihat lucu dan adorable tanpa harus terlihat waifu-able seperti karakter cewek pada anime saat ini.

Amaama menjadi alternatif yang menyenangkan dalam siklus anime 2016. Serial ini mampu memberikan nutrisi kepada penonton yang merindukan cerita yang ringan, dapat ditonton oleh semua kalangan dan mempunyai konsep yang sering dibahas tapi jarang dilakukan dalam dunia anime. Amaama berhasil memainkan konsep bahwa “good food is good life” sebuah konsep yang sering diumbar di mana-mana (terutama restoran) tetapi jarang dibawakan dalam medium anime. Semua elemen disajikan dengan matang dan lezat tanpa ada pemanis buatan yang berpotensi merusak cita rasa otentik dari karya ini. Amaama to Inazuma berhasil menjadi pilihan semua umat karena berhasil meramu bahan mentah menjadi sebuah sajian yang nikmat dan berhasil mengeksekusi quote yang muncul di atas bahwa makanan, keluarga dan teman adalah hal yang terpenting dalam hidup.

soulreaperzone-com_amaama_to_inazma_-_06_sd_hs_0-mkv_snapshot_16-08_2016-10-03_17-46-07

Menonton Amaama juga dapat menimbulkan rasa ingin cepat-cepat punya anak dan belajar untuk membuat masakan yang lezat agar anak kita suka dan semakin dekat dengan kita. Mudah-mudahan pembaca budiman dapat mewujudkan mimpi tersebut.

soulreaperzone-com_amaama_to_inazma_-_04_sd_hs-mkv_snapshot_20-57_2016-10-03_17-45-17

8/10

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

One thought on “ANIME REVIEW: AMAAMA TO INAZUMA

Leave a Reply