radwimps1

ALBUM REVIEW: RADWIMPS – YOUR NAME IS/KIMI NO NA WA.

@Shi No Kakaku [Shi-no-kakaku-2.blogspot.mx]

RADWIMPS
YOUR NAME IS/KIMI NO NA WA.
EMI RECORDS, 2016
Genre: Soundtrack, Score Music, Alternative Rock

KOTAK FAKTA
Radwimps terbentuk pada tahun 2001 dan memulai major debut di bawah label Toshiba EMI pada tahun 2005
Soundtrack film “Kimi no na wa” dikerjakan bersama Makoto Shinkai selaku sutradara film ini.
Album ini telah terjual sebanyak 180 ribu keping dalam waktu lima minggu berkat kesuksesan dari film“Kimi no na wa” dan menjadi juara di Jepang selama 4 minggu versi Billboard Japan.
Lagu “Zenzenzense” berhasil menjadi lagu Jepang yang paling banyak diunduh pada tahun 2016 dengan jumlah unduhan sebanyak 500 ribu kali dalam waktu lima minggu. Video klip dari lagu ini telah diputar sebanyak 32 juta kali.
Berkat album ini Radwimps menjadi band Jepang pertama yang keempat lagunya masuk ke posisi 1 – 4 di tangga lagu Billboard Japan Hot 100 pada minggu yang sama.

Mengerjakan sebuah musik untuk film bukanlah sebuah hal yang mudah. Berbagai macam pendekatan dan eksplorasi terhadap film yang akan dikerjakan wajib dilakukan agar adegan dan dialog yang muncul bisa menyatu dengan alunan musik untuk menambah pengalaman dalam menikmati film tersebut.

Biasanya sebuah musik untuk film atau scoring dikerjakan oleh seorang komposer yang ahli dibidangnya entah itu komposer musik klasik sampai ke komposer musik electro asal ia bisa tahu dimana titik temu yang pas antara musik dan adegan film. Kemampuan untuk scoring tidak terbatas pada komposer saja tetapi beberapa grup musik juga diberi kepercayaan untuk mengisi scoring suatu film seperti The Chemical Brothers dengan film “Hanna” dan juga band alternative rock asal Jepang Radwimps yang diberi kepercayaan untuk mengisi musik dalam film garapan Makoto Shinkai berjudul “Kimi no na wa”.

Shinkai menjelaskan ia memilih band yang digawangi oleh band yang digawangi oleh Yojiro Noda, Akira Kuwahara, Yusuke Takeda dan Satoshi Yamaguchi ini karena ia suka dengan musik yang dibawakan Radwimps maka dari itu ia memberikan tantangan untuk mengerjakan scoring dan musik untuk film “Kimi no na wa”.

Keputusan Shinkai untuk memilih Radwimps sangat tepat karena mereka mempunyai vokalis sekaligus otak dibalik grup ini yaitu Yojiro Noda. Di luar Radwimps Noda adalah seseorang yang terkenal sangat eksperimental, hal ini terbukti dengan proyek solo darinya yaitu illion yang memainkan musik experimental-electro seperti Thom Yorke dan Boards of Canada. Kemampuan Noda dalam memainkan karya-karya instrumental dalam illion dibawa dan diadaptasi oleh rekan-rekan bandnya dalam mengerjakan musik untuk film ini.

Nomor experimental-electro hadir pada “Kieta Machi”, “Kioku wo Yobiokosu Taki”, “Toshokan”, dan “Ryokan no Yoru”. “Kuchkamikaze Trip” seperti mengawinkan new age, trip hop dan ambient.

Syukurlah musik Radwimps secara keseluruhan juga menonjolkan pada blues dengan notasi dan melodi menyerupai jazz rock sehingga nomor seperti “Mitsuha no Tsugaku”,  “Itomori Koukou”, “Hajimetano Tokyo”, “Akogare Cafe”, “Okudera Senpai no Theme” dan “Futari no Ihen” mampu dieksekusi dengan baik dan memberikan citra pedesaan dan perkotaan lewat alunan musik.

Nomor-nomor yang didominasi oleh orkestra seperti “Goshintai”, “Date”, “Akimatsuri”, “Hida Tanhou”, “Chouchou Settoku”, “Mitsuha no Theme”, “Kataware Doki” dan “Date 2” sangat menopang suasana film dan mampu memberikan efek tenang bagi siapapun yang mendengarkannya baik yang sudah menonton filmnya maupun yang belum. Permainan musik yang dihadirkan pada “Sakusen Kaigi ” terdengar seperti musik Radwimps pada umumnya terdengar, asyik dan kompleks.

Lagu yang mempunyai vokal seperti “Yumetourou”, “Zenzenzense”, “Sparkle” dan “Nandemonaiya”. Lagu pembuka “Yumetourou” dengan mantap memainkan power pop yang ekletik. “Zenzenzense” memainkan nada alternative rock yang catchy dengan chorus yang besar dan melodius untuk bernyanyi bersama seolah menggabungkan U2 dan Bump of Chicken dalam satu panggung. Dua nomor mellow seperti “Sparkle” dan “Nandemonaiya” dibawakan dengan penuh penghayatan. Cuilan beat elektrik juga menyelimuti ditengah megahnya lagu. “Nandemonaiya” juga sedikit terinspirasi oleh shoegaze dalam penyajian musiknya. Lirik puitis dan dalam yang muncul dalam keempat lagu tersebut juga mampu membangkitkan kesedihan dan rasa rindu meski dibawakan dengan nada cepat sekalipun, boleh jadi keempat lagu tadi merupakan lagu romantis terbaik yang mereka pernah rekam.

Kualitas album ini direkam dan ditata dengan baik oleh sound engineer peraih dua Grammy Awards bernama Tom Lord-Alge yang sebelumnya pernah menata suara untuk Weezer, OK Go, One OK Rock, Manic Street Preachers, Sum 41, dan Blink-182 sehingga sisi alternative rock dan sisi orkestra menyatu dengan sangat baik dan jernih.

Proyek soundtrack film pertama Radwimps mampu mereka bawakan dengan halus dan sangat sesuai dengan tema dan adegan film yang bercerita tentang love lost. Hal ini juga didukung oleh kemampuan Yojiro Noda yang terbiasa dengan musik instrumental dan experimental sehingga musik instrumental yang ada terdengar luwes dan mampu memancing emosi bagi yang sudah menonton filmnya. Peranan Shinkai dalam mengarahkan musik yang dibuat Radwimps berhasil membuat musik yang ada di dalam album ini terlihat hidup dan memberikan impact tanpa harus melihat filmnya terlebih dahulu. A great achievement for Radwimps.

8/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Yumetourou 「夢灯籠」
  2. Mitsuha no Tsugaku 「三葉の通学」
  3. Itomori Koukou 「糸守高校」
  4. Hajimeteno Tokyo 「はじめての、東京」
  5. Akogare Café 「憧れ、カフェ」
  6. Okudera Senpai no Theme 「奥寺先輩のテーマ」
  7. Futari no Ihen 「二人の異変」
  8. Zenzenzense – Movie Version 「前前前世」
  9. Goshintai 「御神体」
  10. Date 「デート」
  11. Akimatsuri 「秋祭り」
  12. Kioku wo Yobiokosu Taki 「記憶を呼び起こす瀧」
  13. Hida Tanhou 「飛騨探訪」
  14. Kieta Machi 「消えた町」
  15. Toshokan 「図書館」
  16. Ryokan no Yoru 「旅館の夜」
  17. Goshintaie Futatabi 「御神体へ再び」
  18. Kuchikamizake Trip 「口噛み酒トリップ」
  19. Sakusen Kaigi 「作戦会議」
  20. Chocho Settoku 「町長説得」
  21. Mitsuha no Theme 「三葉のテーマ」
  22. Mienai Futari 「見えないふたり」
  23. Kataware Doki 「かたわれ時」
  24. Sparkle –Movie Version 「スパークル」
  25. Date 2 「デート2」
  26. Nandemonaiya – Movie Edit 「なんでもないや」
  27. Nandemonaiya – Movie Version 「なんでもないや」

Like Fanpage RE:PSYCHOO pada tautan ini

Leave a Reply