MUSIK JEPANG YANG ADA DI SPOTIFY #1 (1 Oktober 2016)

Setelah Spotify meluncurkan layanannya di Jepang tentunya banyak yang berharap bahwa katalog lagu Jepang akan semakin banyak di Spotify. Memang katalog lagu Jepang semakin banyak di Spotify tetapi kebanyakan lagu Jepang masih region lock sehingga tidak dapat didengar di luar Jepang dan Taiwan dan pihak Spotify belum meneken lisensi dengan beberapa label seperti Victor, Nippon Columbia, Nippon Crown dan lain sebagainya . Beruntung beberapa lagu Jepang yang bagus di Spotify masih ada dan tidak terkena region lock.

Untuk itu RE:PSYCHO akan mengumpulkan beberapa lagu dan album Jepang yang ada di Spotify setiap hari Sabtu dimulai dari 1 Oktober 2016. Posting ini juga menjadi jawaban dari beberapa orang di sekitar saya yang menanyakan “eh lagu ini emang ada di spotify ya?”.  Silahkan disimak dan didengarkan (mumpung harga langganan Spotify cuman 10 ribu/3 bulan buat pengguna baru)

ALBUM:

RADWIMPS – YOUR NAME IS (EMI Records) (Alternative Rock, Soundtrack)

Soundtrack dari film yang paling fenomenal di Jepang “Kimi no na Wa” akhirnya tersedia di Spotify. Album yang berisikan 27 lagu ini telah menduduki posisi satu di Jepang dan menjadi band pertama yang lagu-lagunya berada di posisi 1 -4 secara bersamaan di iTunes Japan. Album ini telah terjual sebanyak  180 ribu kopi di Jepang dalam lima minggu. Video klip dari “Zenzenzense” telah diputar sebanyak 31 juta kali di YouTube.

SORA AMAMIYA – VARIOUS BLUE (Music Ray’n) (Pop, Anisong)

Pengisi suara yang telah mengisi karakter populer seperti Akame (Akame ga Kill!), Asseylum Vers Allusia (Aldnoah.Zero), Aqua (Konosuba), Isla (Plastic Memories) mengeluarkan album perdananya “Various Blue” pada 7 September kemarin. Album ini menampilkan single seperti “Skyreach” dan “Tsukiakari” yang pernah menjadi lagu pembuka dan penutup serial “Akame ga Kill”.

EXILE – EXTREME BEST (Avex Trax) (Electropop, Pop)

Salah satu boyband paling populer di Jepang yang terdiri dari 19 orang ini mengeluarkan album kompilasi yang berisi semua single mereka berjudul “Extreme Best”. Album ini dibuat dalam rangka memperingati 15 tahun karir dan berisi lagu yang telah menjadi single mereka sebelumnya seperti “Joy Ride ~Kanki no Drive~, “Ki mi ni mu chu”, “24 Karats Gold Soul”, “Scream”, “EXIT” “New Horizon” dan beberapa b-side dengan total 45 lagu.

DECO*27 – GHOST (U/M/A/A) (Vocaloid, Pop, Doujin Ongaku)

Produser Vocaloid dan utaite kenamaan ini kembali mengeluarkan album terbarunya. Produser yang terkenal di kalangan Vocaloid ini telah merilis album terbarunya pada 28 September 2016 kemarin. Produser ini telah menerbitkan karya yang populer dan viral di kalangan Vocaloid seperti “Yume Yume”, dan “Sou Ai Sei Ri Ron”.

METAFIVE – META (Warner) (Electronica, Experimental, New Wave)

Super grup electro ini akhirnya membuka akses album perdananya di Spotify. Menampilkan lagu-lagu yang berbeda dari grup electro pada umumnya seperti “Don’t Move”, “Luv U Tokio” dan “Maisie’s Avenue”.

KENTA KIRITANI – KANON (Universal J) (Pop, Funk)

Aktor yang terkenal berkat perannya dalam Beck sebagai Tsunemi Chiba dan Crows Zero sebagai Tokio Tatsukawa merambah ke dunia tarik suara lewat album pertamanya berjudul “Kanon”. Album ini berisi lagu “Umi no Koe” yang sempat menjadi lagu iklan provider au dan telah diunduh sebanyak 1 juta kali di iTunes dan Rekochoku.

CREEPHYP – SEKAIKAN (Universal Sigma) (Alternative Rock, Indie Rock)

Kuartet indie rock ini mengeluarkan album keempat mereka yang juga merupakan nama depan dari vokalisnya “Sekaikan”. Album yang telah duduk di posisi 4 versi Oricon Album Chart menghadirkan empat single mereka seperti “Oni”, “Reversiblue”, “Hakka”, dan “Ai no Tenmetsu”. Band yang telah aktif dari tahun 2001 ini juga menampilkan lagu yang berbeda dari album mereka sebelumnya seperti “5%” yang terdengar sangat R&B dan “True Love” yang dipengaruhi oleh hip hop.

BASE BALL BEAR – ZOUHOKAITEIKANZENBAN BANDO B NO BESUTO (EMI Records) (Alternative Rock)

Band yang digawangi oleh Yuusuke Koide, Shiori Sekine, dan Daisuke Horinouchi merilis album kompilasi greatest hits kedua mereka pada 28 September kemarin. Album ini merangkum semua single mereka dimulai dari “Electric Summer” (2006) sampai “Fushigina Yoru” (2015). Album ini juga memuat lagu yang pernah mengisi soundtrack anime Toshokan Sensou dan Gintama seperti “Changes” dan “Stairway Generation”.

PREDAWN – ABSENCE (Pokhara) (Indie Folk, Indie Rock, Lo-Fi)

Proyek solo dari musisi indie folk/lo-fi Miwako Shimizu ini mengeluarkan album keduanya setelah “A Golden Wheel” yang dirilis tiga tahun lalu. “Absence” berisi sembilan lagu teduh yang bisa menghangatkan hari dan membuat hati teduh dengan rintihan gitar dan vokal dari Shimizu. Patut dicoba bagi penggemar folk.

WONK – SPHERE (Epistroph) (Jazz, Soul, Experimental)

Band yang melabeli diri mereka experimental soul ini merilis album pertamanya berjudul “Sphere” pada 14 September kemarin. Album pertama band asal Tokyo ini menampilkan drummer Shun Ishiwaka dan Dian MC dari KANDYTOWN. Terpilih sebagai salah satu dari tiga rilisan “Tower Records Recommends” tentunya membuat kualitas dari album ini tidak usah dipertanyakan lagi. Musik jazz yang eksperimental berpadu dengan kesan soul, hip hop dan glitch membuat album ini menarik untuk didengar.

AIRBAG – DEMONSTRATION #1 (keycrew) (Rock, Hard Rock)

Duo alternative rock/hard rock pendatang baru ini mengeluarkan mini album pertama mereka yang berisi lima lagu. Duo yang diisi oleh Tomoya Nakaza (drum, chorus) dan Toshiki Kugai (gitar, vokal) akan mengingatkan kita akan B’z dan band hard rock 90’an dengan rasa modern rock.

KEN THE 390 – ROCK THE HOUSE (DREAM BOY) (Hip Hop, Rap)

Takeshi Sakuma atau Ken the 390 merilis album terbarunya berjudul “Rock The House”. Rapper kelahiran 17 Juni 1981 ini masih memainkan pola golden-age hip hop atau hip hop jaman dulu yang mengandalkan scratching dan ketukan drum machine yang groovy.

A CROW IS WHITE – BACK TO THE FUTURE (Space Shower) (Indie Pop, Funk, City Pop)

Band yang mempunyai nama Jepang “Karasu wa Masshiro” mengeluarkan album keduanya yang berjudul “Back to the Future” dengan cover yang eye-catching. Album kedua dari band yang digawangi oleh Kana Yaginuma, Kouhei Shimizu, Jun “Groovy” Yoshiyama” dan Taihei ini masih memainkan musik funk yang bisa membuat kaki bergoyang dan tentunya earworm.

SINGLE:

PENGUIN RESEARCH – BUTTON (Sony Music) (Piano Rock, Pop Rock)

Band yang sebelumnya pernah mengisi soundtrack anime seperti Durarara dan Magi: Adventure of Sinbad kembali lagi mengisi soundtrack untuk anime adaptasi webcomic berjudul “ReLife”. Single major ketiga mereka ini masih mengedepankan semangat piano rock dengan balutan pop rock yang catchy.

LEOLA – LET IT FLY (Sony Music) (Pop, Accoustic)

Penyanyi binaan LDH Inc. (Exile, E-Girls, Sandaime J Soul Brothers) kembali mengeluarkan single kedua setelah sebelumnya “Rainbow” mendapat sambutan positif. “Let It Fly” menjadi judul single kedua dari penyanyi bergolongan darah A ini. Pada lagu ini Leola lebih mellow dan lebih akustik dari sebelumnya sehingga menimbulkan atmosfir tenang pada pendengarnya.

ANDROP – SUNNY DAY (Warner) (Alternative Rock, Indie Rock)

Band alternative rock ini langsung bergerak cepat setelah mereka merilis album kompilasi single mereka berjudul best[and/drop]. “Sunny Day” menjadi single digital mereka yang paling baru dan masih mengedepankan semangat alternative rock yang unik.

SEIKO MATSUDA – BARA NO YOU NI SAKURA NO YOU NI CHITTE (EMI Records) (Pop)

Penyanyi legendaris Jepang Seiko Matsuda kembali mengeluarkan single terbarunya yang menjadi lagu tema untuk dorama “Seiseisuruhodo, Aishiteru”. Lagu ini dikerjakan bersama mantan personil X Japan yaitu YOSHIKI dan telah dirilis pada tanggal 21 September 2016 kemarin. Eternal idol versi Jepang ini memainkan musik yang mellow dan melankolis pada lagu terbarunya.

JINTAKA – CHOO CHOO SHITAIN (Go Good Records) (EDM, Freestyle)

Mantan anggota KAT-TUN yang memilih bersolo karir lewat jalur independen Jin Akanishi kembali “berulah” dan kini mengajak aktor Takayuki Yamada untuk membentuk grup baru bernama “Jintaka”. Sebagai perkenalan mereka merilis single “Choo Choo Shitain” yang kental dengan nuansa EDM masa kini dengan sentruman freestyle yang sangat kekinian.

EXILE THE SECOND – WILD WILD WILD (Rhythm Zone) (EDM, Hip Hop)

Sub-unit dari grup Exile ini mengeluarkan single kelimanya dan langsung menduduki posisi jawara versi Oricon Single Chart. Grup yang diisi oleh Kenichi Tachibana, Kenji Kuroki, TETSUYA, NESMITH, SHOKICHI dan AKIRA ini masih memainkan musik EDM dengan campuran rock dan hip hop untuk menunjukkan sisi wild mereka.

Like Fanpage RE:PSYCHO di sini

Leave a Reply