ALBUM REVIEW: HARUKATOMIYUKI – LOVELESS / ARTLESS

loveless_artless

HARUKATOMIYUKI
LOVELESS / ARTLESS
SONY, 2016
Genre: Alternative Rock, Indie Rock, Pop Rock, Folk Rock, Pop

Tegan and Sara versi Jepang ini memang bukanlah artis yang populer di Jepang apalagi skena musik populer Jepang sudah berganti ke lagu idol/anisong/boyband/girlband. Duo yang diisi Haruka dan Miyuki ini memang menjadi musisi underrated di negaranya sendiri apalagi mereka memainkan musik pop rock yang berbeda dari musisi Jepang kebanyakan, album mereka hanya bertengger di posisi 75 besar di Jepang. Namun, mereka tidak menjadikan chart Oricon sebagai patokan bermusik mereka dan terus berjalan dengan jalur pop rock yang terbilang unik dalam album keduanya yaitu “Loveless / Artless”.

Judul yang mereka gunakan seolah menunjukkan identitas mereka yang kurang dicintai oleh khalayak ramai (“Loveless”) dan memasukkan lagu-lagu electropop dengan bumbu komersial sebagai perasanya (“Artless”).  Kekonsisten Harukatomiyuki membawa tema tersebut terdengar di deretan lagu-lagunya.

Bukti dualisme yang tertera pada judul album mereka dibuktikan dengan lagu seperti “Drag & Hug”, “You”, “Kisekiwo Inoru Kotoha Moushinai” dan “You” yang melambangkan “Loveless” sedangkan “Artless” dilambangkan dengan “Hikare”, “Are You Ready?”, “Tokyo Utopia”, “Miru Maeni Odore”, dan “Eienno Temae”.

Nomor pembuka “Hikare”, bermain dengan pop rock yang tegas dan yakin. “Drag & Hug” dengan berani memasukkan unsur post-punk revival dengan vokal dan musik lo-fi ala Sonic Youth yang cepat. Kemewahan dari baroque pop ada dalam “Kisekiwo Inoru Kotoha Moushinai” sehingga membuat track terdengar khusyuk tanpa perlu terlihat religius. “Pain” dan “Eien no Temae” mengembalikan nuansa post-britpop di awal 2000an.

“Are You Ready?” dan “Miru Maeni Odore” adalah percobaan mereka dalam merambah bidang pop. Mereka berhasil memainkan track electropop dengan warna techno dengan baik dan pas sehingga tidak terdengar terlalu pop dan berat. Percobaan electropop masih berlanjut pada “Tokyo Utopia” yang menyelipkan breakbeat dan keyboard synhtpop meski terkesan out of place.

“You” adalah “Goodbye Days” versi mereka dan dibawakan lebih dalam dengan musik yang lebih lo-fi untuk mendukung rasa mellow di lagu ini. “Yoakeno Tsuki” mempunyai kesan besar, ambisius dan arena pada musiknya dan cocok dibawakan sebagai penutup.

Beberapa lagu di album ini memang terdengar biasa saja dan masih bermain di zona aman, tidak ada nuansa baru yang ditawarkan Harukatomiyuki untuk menggebrak pasar musik Jepang melalui album keduanya. Meski demikian mereka setidaknya fokus dalam mengeksekusi kata yang menjadi judul album ini yaitu “Loveless / Artless” dengan gaya mereka sendiri dan untungnya sisi “Loveless” mereka yang menjadi sisi berat mereka masih berada dalam koridor pop rock/alternative rock sehingga pendengar tidak merasa asing dan “Artless” yang masih dibawakan secara berkelas tanpa perlu terlihat tryhard untuk menjadi pop.

7/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Hikare
  2. Drag & Hug
  3. Kiseki wo Inoru Kotoha Moushinai
  4. Pain
  5. Are You Ready?
  6. Miru Maeni Odore
  7. Tokyo Utopia
  8. Eien no Temae
  9. You
  10. Yoakeno Tsuki

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini.

 

Leave a Reply