SINGLE REVIEW: WYND – OVERLOAD

overload-master-artwork

WYND
OVERLOAD
SELF-RELEASED, 2016
Genre: Future Soul, Alternative R&B, Soul, Chillout

Alternative R&B atau PBR&B atau istilah kerennya R&B yang gak mainstream sudah menjadi trend baru dalam musik dunia. Kunci dari musik ini adalah penggabungan antara nuansa ambient, trip hop, chillwave dan segala genre musik baru ke dalam nuansa R&B yang tradisional sehingga dengan cepat musisi yang bermain di genre seperti ini langsung dipuja-puja oleh media maupun publik. Sebut saja nama seperti Frank Ocean, Gallant, Ta-Ku dan tentunya The Weeknd yang menjadi suara utama dalam bidang musik ini.

Demam alternative R&B/future soul juga menjangkiti Indonesia. Thanks to the internet kita semua bisa menikmati lagu genre ini sambil bersantai menikmati dinginnya malam. Demam ini juga melanda salah satu solois baru asal Indonesia yang bernama WYND (dibaca: Wind).

Solois yang tergila-gila akan Frank Ocean ini tahu betul selera musik anak muda jaman sekarang yang mengandalkan alunan synth yang lembut dan ketukan drum machine yang pelan nan menghanyutkan, untuk itu demi memenuhi kebutuhan karya lokal akan alternative R&B ia langsung mengeluarkan single perdananya “Overload”.

wynd-photo-1

Ketika pertama kali mendengar track ini, buaian chillwave langsung mendesis sembari diiringi manisnya suara WYND yang terdengar ambigu dan seksi. Sekilas saya mendengar ada nuansa Rhye dalam musiknya yang tenang, tetapi WYND tidak ingin terlihat terlalu cengeng dan larut akan melankolia. Ia membuat lagu ini terdengar sedikit upbeat untuk mengurangi stereotip dari alternative R&B yang selalu bermain di nuansa mellow. Kesan upbeat tersebut bisa kita dapatkan begitu masuk ke drum machine yang ritmis dan arsiran synth yang mengajak untuk bergoyang santai. Lagu ditutup dengan bagian instrumental yang seolah mengajak pendengarnya untuk tetap bertahan pada lagunya.

Vokal dari WYND sendiri terbilang cukup unik, ia bisa menjadi sangat manis jika menyentuh nada tinggi dan falset tetapi ia juga bisa menjadi orang yang sangat tenang dalam bernyanyi dengan nada biasa. Suara ia sedikit mengingatkan pada Tompi namun terdengar lebih ngebass dan bulat, suatu  keunikan sendiri di ranah musik lokal.

Dengan materi seperti ini bukan tidak mungkin bahwa WYND akan menjadi salah satu the next big thing di Indonesia. Ia berani membawakan nuansa future soul yang terhitung baru ke dalam belantika musik Indonesia dan mengeksekusinya dengan mantap dan yakin. Alunan musik dan vokal bersatu padu sehingga menghasilkan nuansa musik yang teduh namun juga challenging dalam waktu bersamaan. Penyanyi yang mempunyai nama asli Kevin Wiyarnanda ini juga tidak bermain-main dalam konsep musiknya sehingga meski terdengar chill terdapat ambisi yang besar didalamnya dan itu jarang dipunyai oleh musisi Indonesia saat ini.

Siklus musik Indonesia semakin hari semakin membaik dan banyak lagu yang bernuansa baru masuk ke Indonesia seperti GAC dengan sentuhan electropop, Tulus dengan motown-philly dan Raisa dengan alternative soul. Dengan khasanah musik Indonesia yang semakin banyak bukan tidak mungkin WYND akan menjadi salah satu motor penggerak “the new wave of Indonesian music” yang sekarang tengah berjalan. Jika hal itu ingin terwujud maka WYND harus membuat lagu dengan bahasa Indonesia agar bisa mendapat perhatian lebih dan “Overload” adalah sebuah permulaan yang sangat bagus untuk mewujudkan hal itu.

Like Fanpage RE:PSYCHO pada tautan ini

Leave a Reply