SPOTIFY vs JOOX: MANA YANG LEBIH BAIK?

wp-1470644597561.png

Sinkronisasi antar perangkat

Spotify menawarkan fitur Remote Play. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memutar lagu di berbagai macam perangkat mulai dari HP, Desktop, Laptop, PS3, PS4 dan Speaker yang mendukung Wi-Fi asalkan berada di jaringan dan ruangan yang sama. Fitur ini sangat memudahkan pengguna untuk mengontrol lagu dari jarak jauh dan mengganti perangkat untuk mendengarkan lagu tanpa harus keluar dari akunnya terlebih dahulu.

Sayangya Joox tidak mempunyai fitur seperti ini.

Mana yang lebih unggul? Spotify dalam sinkronisasi antar perangkat

SKOR SEMENTARA: Joox 2 vs 5 Spotify

Lagu Offline

Kedua layanan musik ini sama-sama menawarkan jasa untuk mengunduh lagu favorit kamu sehingga kamu bisa mendengarkan lagu tersebut meskipun tidak ada koneksi internet. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut pengguna harus berlangganan layanan tersebut seharga 50 ribu/bulan.

SKOR SEMENTARA: Joox 3 vs 6 Spotify

Screenshot_2016-05-20-16-56-35 wp-1470644545735.pngRadio

Pada fitur radio, Joox memberikan banyak pilihan stasiun yang sesuai dengan genre musik kesukaanmu. Mau itu lagu paling hits atau lagu indie love songs ada disini. Joox menawarkan enam stasiun utama yaitu Throwback, Sport, Activities, Mood, Hits dan Genre. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara playlist dan radio pada Joox selain kita tidak bisa memilih lagu dan menunggu lagu berikutnya yang diputar secara acak.

Pada Spotify fitur radio dibenamkan di setiap lagu, album, artis, bahkan playlist. Pengguna tinggal memilih fitur “Radio” pada menu dan pilihan radio dari berbagai macam artis dan genre langsung muncul. Ada pilihan “like” dan “dislike” di setiap lagu, hal ini akan membantu Spotify untuk membuat pilihan lagu radio yang sesuai dengan selera pengguna.

Mana yang lebih unggul? Spotify lebih unggul soal layanan radionya. Fitur radio yang ditawarkan oleh Spotify jauh lebih lengkap karena mempunyai pilihan yang beragam dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi daripada Joox yang fitur radionya tidak jauh beda dengan playlist biasa.

SKOR SEMENTARA: Joox 3 vs 7 Spotify

  • Harga dan kemudahan pembayaran

Harga kedua layanan ini sama yaitu sebesar 50 ribu/bulan. Harga tersebut sebanding dengan fitur yang ditawarkan seperti kualitas lagu yang lebih baik, pilihan lagu yang tak terbatas dan tak diacak serta download lagu secara offline. Untuk pembayaran kedua layanan ini juga memudahkan penggunanya. Mereka tahu betul kalau orang Indonesia jarang memakai kartu kredit apalagi untuk membeli layanan musik, mereka menyiapkan pembayaran via Doku Wallet, Alfamart, potong pulsa dari Google Play dan transfer bank untuk memudahkan pelanggannya.

SKOR SEMENTARA: Joox 4 vs 8 Spotify

Screenshot_2016-05-20-16-54-12 Free Tier a.k.a. Fitur Gratis

Jika tidak ingin membayar kedua layanan streaming tersebut maka kamu bisa menikmatinya secara gratis dengan banyak keterbatasan. Berikut keterbatasan dari layanan gratis kedua streaming tersebut.

Spotify

Joox

Lagu diacak, tidak bisa memilih pilihan lagu Tidak bisa menikmati audio dengan kualitas terbaik
Tidak bisa menikmati audio dengan kualitas terbaik Beberapa lagu dikunci untuk pengguna VIP
Jika sudah mencapai 5 lagu, maka Spotify akan menampilkan suggestion song yang terkadang tidak nyambung dengan apa yang kita dengar atau selera kita Muncul iklan audio di setelah mendengar beberapa lagu
Tidak bisa mengatur tombol repeat Ada iklan pop ups di awal masuk aplikasi
Ada iklan audio setelah mencapai 5 kali pemutaran.

Batasan yang diterapkan Spotify hanya berlaku bagi pengguna mobile, untuk pengguna yang memakai Spotify di Desktop dan Web Player masih bisa menikmati layanan gratis sama seperti layanan premium perbedaannya hanya pada iklan audio dan kualitas suara yang ala kadarnya. Berbeda dengan Joox yang hampir sama batasannya di berbagai macam platform.

Screenshot_2016-05-20-16-54-58

Tetapi ada satu keunggulan yang dimiliki Joox daripada Spotify soal layanan gratisnya. Joox memberikan VIP gratis selama satu hari kepada penggunanya dengan syarat share lagu ke media sosial seperti Facebook, Path atau WeChat. Begitu selesai di share maka pengguna akan mendapatkan satu hari VIP secara gratis.

(Update) Joox mengurangi waktu untuk free user yang telah membagikan lagunya ke media sosial menjadi dua jam saja untuk mendapatkan akses VIP secara gratis.

Screenshot_2017-04-06-09-01-22

Mana yang lebih unggul? Joox memberikan banyak pilihan untuk pengguna yang malas membayar 50 ribu untuk sebuah layanan lagu dengan hanya share ke sosial media. Layanan gratis Spotify terbilang cukup merepotkan apalagi untuk pengguna mobile sehingga untuk layanan ini Joox unggul daripada Spotify.

SKOR SEMENTARA: Joox 5 vs 8 Spotify

Screenshot_2016-05-20-16-46-20

Fitur lainnya

Fitur yang ditawarkan Joox jauh lebih beragam dan jauh lebih membantu penggunanya. Joox menampilkan lirik di semua lagu yang diputar dan menampilkan kartu lirik atau lyric card. Kamu bisa memilih lirik mana yang akan dikutip dan membagikannya di media sosial kamu. Latar gambar kartu lirik dan ukuran hurufnya bisa kamu ubah sesuka hati.

Screenshot_2016-05-20-16-46-45

Joox menawarkan fitur timer yang berguna ketika kamu ingin mendengarkan lagu sebelum tidur, tinggal diatur berapa menit mulai dari 30 – 120 menit dan lagu akan berhenti sesuai dengan waktu yang kamu pilih.

Screenshot_2016-05-20-16-32-28

Joox juga dibenamkan dengan fitur video di dalam aplikasinya mulai dari video klip lagu favoritmu sampai wawancara dan live sessions dari artis populer. Dalam beberapa acara tertentu Joox juga menawarkan live streaming acara dan artis tertentu seperti live streaming DJ Soda beberapa waktu lalu.

SKOR AKHIR: Joox 6 vs 8 Spotify

PENUTUP:

Dengan skor yang berbeda tipis sebenarnya dari kasat mata Joox dan Spotify hampir tidak ada bedanya dan kedua penyedia streaming ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Spotify jauh lebih unggul dari segi kualitas audio, fitur sinkronisasi antar perangkat, penjelajahan musik, katalog musik, radio dan pilihan playlist. Sementara itu, Joox juga lebih unggul dalam fitur tambahannya seperti lirik lagu, kartu lirik, video klip, pilihan layanan gratisnya dan desain antar mukanya.

Jika kamu menyukai penjelajahan musik yang maksimal dengan audio yang bagus serta katalog musik yang banyak maka Spotify bisa jadi pilihan, tetapi jika kamu memang tidak mau repot dan tidak mau dipusingkan dengan bayaran yang besar dan menginginkan lagu yang hits saja maka kamu bisa memilih Joox.

In the end life is about choice isn’t it?

Kumpulan screenshot dari Spotify dan Joox

This slideshow requires JavaScript.

 

Like FB RE:PSYCHOO disini
Follow Luthfi Suryanda Atmojo di Spotify

 

6 thoughts on “SPOTIFY vs JOOX: MANA YANG LEBIH BAIK?

  1. Di joox jauh lebih lengkap list lagu penyanyi barat favorit saya. Tapi joox resmi g ya? Kayak spotify berpengaruh ke chat music dunia hasil streamnya, kalo joox ngaruh g y?

Leave a Reply