relife-14

ANIME REVIEW: RELIFE

RELIFE
TMS ENTERTAINMENT, 2016
Genre: Drama, School, Science Fiction, Slice of Life

vlcsnap-2016-07-11-12h25m23s75

Di era serba “smart” seperti sekarang semua media tradisional perlahan mulai tergantikan oleh media digital seperti koran yang sudah tergantikan oleh portal berita, buku yang sudah tergantikan oleh e-book, CD yang sudah tergantikan oleh streaming dan komik yang sudah tergantikan oleh webcomic.

Webcomic atau komik internet menjadi media baru untuk membaca komik apalagi di era sekarang dimana semua orang ingin sesuatu yang serba cepat dan bisa dinikmati dimana saja lewat genggaman tangan mereka. Webcomic mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan komik konvensional/komik fisik selain bisa dibaca di gadget yaitu waktu rilisnya yang terhitung cepat dibandingkan komik fisik serta tidak dipungut biaya untuk membacanya alias gratis. Kedua kelebihan tersebut membuat kepopuleran dari webcomic terus merangkak setiap tahunnya.

Di Jepang, webcomic sendiri menjadi alternatif baru dalam industri komik Jepang. Webcomic menawarkan cerita yang lebih singkat dari komik biasa serta katalog komik yang banyak dengan harga gratis. Berkat kepopuleran webcomic banyak serial yang muncul dari media ini mendapatkan adaptasi anime dan salah satunya adalah ReLIFE.

vlcsnap-2016-07-08-23h48m02s252

ReLIFE awalnya adalah sebuah webcomic buatan Yayoiso yang diterbitkan melalui situs webcomic bernama comico di Jepang. Dengan jumlah pembaca yang hampir mencapai 300 ribu orang setiap babnya membuat ReLIFE menjadi salah satu webcomic terpopuler sepanjang masa di Jepang. Karena kepopuleran tersebut, webcomic ini berhasil mendapatkan adaptasi anime.

Sebagai balas budi kepada internet yang sudah membesarkan komiknya, semua episode dari ReLIFE sudah dirilis di internet sebelum tayang di TV. Strategi ini membuat kepopuleran ReLIFE di media sosial semakin menjadi-jadi.

vlcsnap-2016-07-12-09h12m07s54

Cerita berpusat kepada seseorang berusia 27 tahun bernama Arata Kaizaki yang susah mendapatkan pekerjaan lantaran terlalu cepat keluar dari kantor lamanya (perusahaan Jepang sangat menjunjung tinggi loyalitas, jika ada pekerja yang terlalu cepat keluar dari perusahaan tersebut maka ia dianggap tidak berguna dan tidak loyal. Hal ini juga dapat merusak reputasi seseorang ketika akan melamar di tempat baru). Arata merasa frustasi akan hidupnya seperti sekarang sampai ia bertemu seseorang bernama Ryou Yoake.

Yoake memberikan sebuah tawaran kepada Arata untuk memperbaiki hidupnya dengan menjadi bagian dari sebuah eksperimen bernama “ReLIFE”. Ia ditawari sebuah pil yang membuat perawakannya sepuluh tahun lebih muda dengan syarat bahwa ia harus kembali menjadi murid SMA dan menjalani kehidupan layaknya anak SMA biasa. Arata menerima tawaran tersebut demi memperbaiki hidupnya yang sekarang. Sepanjang eksperimen Yoake selalu mengawasi Arata dari jauh untuk menganalisa bagaimana subjek eksperimennya memanfaatkan ReLIFE dengan baik.

vlcsnap-2016-07-12-10h22m55s57

Seperti yang sudah diungkapkan pada judulnya, ReLIFE merupakan cerita tentang kesempatan kedua seseorang untuk kembali menjalani kehidupan masa lalu demi masa depan yang lebih baik. Tidak seperti adaptasi anime dengan tema serupa yaitu “BokuMachi” yang terkesan terburu-buru dan antiklimaks ketimbang komiknya, ReLIFE adalah salah satu contoh adaptasi anime yang dieksekusi dengan baik.

ReLIFE membuat definisi dari “kesempatan kedua” menjadi tepat sasaran. Kesempatan kedua yang menjadi tema utama diolah dengan semestinya dan tidak dibuat-buat. Arata tidak diset sebagai anak gaul atau keren atau atletis untuk mendapatkan atensi teman sekelasnya malah terkadang bertingkah konyol dan terkesan awkward karena harus bertingkah layaknya anak SMA meski pemikirannya sudah berusia 27 tahun. Hal tersebut membuat serial terlihat natural dan komikal di beberapa adegan.

vlcsnap-2016-07-11-11h41m07s85

Latar yang digunakan yaitu SMA sesuai dengan konsep “kesempatan kedua” dimana masa SMA adalah masa dimana seseorang mencari jati dirinya. Latar ini sesuai dengan partisipan dalam eksperimen ReLIFE yaitu orang yang kehilangan jati dirinya karena trauma masa lalu.

Cerita yang muncul pada ReLIFE benar-benar dekat dengan kehidupan SMA sehari-hari sehingga serial ini tidak membatasi demografik penontonnya. Semua orang bisa menikmati karena konflik ReLIFE sering terjadi dalam pergaulan anak SMA bahkan sampai pergaulan orang kantoran.

vlcsnap-2016-07-11-11h40m18s163

Penokohan karakter yang apik juga menjadi salah satu kunci sukses dari ReLIFE. Tidak ada karakter yang dibuat-buat atau dipaksakan untuk menjadi lucu, keren, romantis dan lain sebagainya. Semuanya berjalan apa adanya.

relife chara

Pengembangan karakter pada serial ini juga menjadi salah satu contoh yang baik untuk serial anime 13 episode. ReLIFE tidak takut akan batasan jumlah episode yang diberikan dan mengembangkan karakternya secara maksimal untuk ukuran 13 episode (dengan kemungkinan akan ada musim keduanya). Semua karakter yang muncul mempunyai titik charming tersendiri yang dapat membuat penonton tertarik untuk mengenali karakter tersebut lebih lanjut.

Beberapa karakter tua seperti Arata ditempatkan dalam situasi ala anak SMA sehingga Arata menjadi penengah sekaligus mediator berbagai macam konflik. Selain itu beberapa karakter lainnya juga mendukung untuk menimbulkan situasi dan cerita yang terkadang bisa sangat mellow dan menyenangkan dalam waktu bersamaan terutama Chihiro. Ekspresi dan reaksi yang tergambar dari masing-masing karakter juga mampu membuat situasi yang lucu.

vlcsnap-2016-07-11-12h05m00s199

Dari segi sosial, ReLIFE mampu menangkap kehidupan anak SMA dan kehidupan kantoran. Hal yang membuat ReLIFE beda dengan drama tentang anak SMA lainnya adalah mampu menyorot bagaimana lingkungan kerja di Jepang yang penuh tekanan dan deperessing tanpa harus terlihat edgy. ReLIFE menceritakan bagaimana society Jepang masih akrab dengan ijime atau bullying, mementingkan loyalitas dan bunuh diri akibat tekanan pekerjaan. Kehidupan kantoran yang menjadi sajian pendukung dapat bersinergi dengan baik dengan kehidupan anak SMA yang menjadi sajian utama. Sinergi ini membentuk suatu drama yang sulit ditemukan pada anime sekarang.

vlcsnap-2016-07-12-08h57m54s188
Pasti kamu juga ga tau apa itu MiniDisc

Hal yang juga patut menjadi perhatian adalah pemilihan lagu penutup yang berbeda-beda setiap episodenya. Semua lagu penutup yang muncul adalah lagu populer pada era pertengahan 90’an sampai awal 2000an dan semua lagunya terjual lebih dari 250 ribu keping bahkan sampai terjual sebanyak 1 juta keping. Lagu penutup yang ada juga menyesuaikan tema yang muncul di tiap episode. Mendengar lagu ReLIFE juga dapat membangkitkan memori dari penotonnya terutama untuk penonton tua yang berharap lagu “Honey” dari Laruku menjadi soundtrack anime.

vlcsnap-2016-07-11-12h17m34s48

ReLIFE tidak bermain dengan narasi drama yang besar ataupun megah. Serial ini hanya mengandalkan konsep sederhana yang diolah dengan matang. ReLIFE juga mengisi kekosongan yang timbul dalam dunia anime dimana cerita yang semakin hari semakin terlihat fiktif sudah terlalu banyak. ReLIFE terlihat santai dengan deadline 13 episode tapi tidak lemah, semua lini yang berpotensial untuk membuat cerita menjadi dekat dengan penontonnya dimasukkan secara detil dan rapi demi membuat konsep yang sederhana tersebut menjadi sebuah karya unggul dan tidak berlebihan.

Entah sekedar bernostalgia mengingat masa SMA ataupun menikmati drama yang muncul, ReLIFE adalah salah satu anime terbaik di tahun 2016 karena serial ini adalah paket lengkap dari sebuah serial anime dari menit pertama sampai menit terakhir.

vlcsnap-2016-07-11-11h49m12s205

9/10

Di Facebook? Like fanpage RE:PSYCHOO di sini

Leave a Reply