pokemon-go-and-pokemon-go-plus-probably-wont-launch-early-2016-703842

7 REAKSI ORANG INDONESIA DALAM MENANGGAPI POKEMON GO

Jujur saja, saya tidak pernah sebingung ini melihat suatu fenomena tentang game di Indonesia. Ho’oh saya lagi ngomong soal Pokemon GO. Gak tahu kenapa game ini bisa fenomenal banget sampai dibicarakan banyak orang. Padahal dulu ada game yang populer di masyarakat seperti Clash of Clans, Plants vs Zombie, Candy Crush Saga, Modoo Marble atau Tahu Bulat tapi semuanya kalah oleh Pokemon GO dalam waktu kurang dari sebulan.

pokemon-go-nick_statt-screenshots-1.0

Media sosial pun tumpah ruah dengan postingan Pokemon GO dan tentunya mengundang berbagai macam tanggapan dan reaksi dari orang kita yang masih menjunjung tinggi adab kelatahan dan ikut-ikutan. Berikut reaksi orang-orang kita akan Pokemon GO yang dirangkum dari pantauan saya di media sosial. Rekasi ini juga dapat menggambarkan ciri-ciri orang Indonesia secara general.

pg indo

  1. “Akhirnya, Pokemon GO muncul juga!!!!!!!!!!”

Reaksi seperti ini biasanya muncul pada orang yang memang mencintai Pokemon semenjak HP Nokia 3310 booming di kalangan anak muda (iya, HP anti banting itu loh) atau sebelumnya pernah main Pokemon di berbagai macam medium mau itu yang original seperti 3DS atau bajakan seperti emulator.

Pokemon Go screens-970-80

  1. “Oh, Pokemon GO udah muncul toh”

Reaksi seperti ini biasanya muncul pada orang yang mencintai Pokemon dari dulu tapi sayangnya HP mereka masih HP jadul atau memang dia tidak tertarik untuk bermain Pokemon GO karena sayang kuota dan sayang baterai HP. Orang seperti ini biasanya heboh di dalam hati tapi malu-malu untuk melampiaskannya.

pokemon go1

  1. Pokemon GO itu apaan sih?”

Reaksi seperti ini muncul pada orang yang tidak tahu apa-apa tentang Pokemon sebelumnya. Orang seperti ini biasanya hanya mengamati apa yang teman-temannya share di media sosialnya dan biasanya jika diberi tahu ada kemungkinan dia mencari link downloadnya.

pkgo kompas

  1. Wah seru juga gamenya”

Reaksi seperti ini muncul pada orang yang sudah mendownload Pokemon GO di HP nya dan mulai berburu mencari Pokemon di berbagai sudut kota. Game ini seru karena mengharuskan pemain keluar rumah untuk menangkap monster-monster yang menggemaskan.

pokemon-go

  1. Eh, Charmander itu apa sih”

Reaksi ini muncul kepada pemain baru yang belum pernah bermain Pokemon sebelumnya (sampai muncul istilah Trainer Karbitan). Reaksi ini terjadi pada orang-orang yang memasang Pokemon GO karena ikut-ikutan atau lagi ngetrend aja, nanti kalo trendnya udah ilang terus udah gak rame paling dihapus karena makan memori.

  1. “Pokemon GO itu berbahaya buat anak-anak dapat menyebabkan malas belajar, malas mengerjakan PR, malas beribadah, membangkang sama orang tua dan malas-malas lainnya”

Reaksi ini muncul di kalangan orang tua yang kaget dengan teknologi baru dan masih hidup di era dimana TV swasta baru ada satu di Indonesia. Reaksi orang seperti ini biasa kita temukan pada orang di atas 30 tahun yang mempunyai tingkat paranoid tinggi dan beli smartphone cuman buat dipamerin sama tetangga sebelah (padahal buka SMS aja masih ribet). Orang seperti ini biasanya akan merazia HP anaknya/anak muridnya untuk mencari aplikasi Pokemon GO karena menurut mereka Pokemon GO jauh lebih berbahaya daripada video 3gp 18++ dan judi online.

13726664_10209644005481442_729521193048302972_n

  1. “POKEMON GO HARAM!!!!!!!!! KARENA MENGANDUNG BAHASA YAHUDI, IBRANI, DAN AGENDA AMERIKA, FBI, CIA UNTUK MELUMPUHKAN ISLAM”

Reaksi ini muncul di kalangan para fanatis agama yang biasanya tidak mau dan tidak mencari tahu apa itu Pokemon. Reaksi ini dapat kita temukan dari orang yang menganggap bahwa Jonru adalah sumber informasi yang tepat ketimbang media besar (dan menganggap media besar adalah kafir), suka sekali mengkafir-kafirkan, terlalu gampang terprovakasi hal-hal sepele, suka mengurus negara orang lain, asal comot dan tafsir surat dari Al-Qur’an agar terlihat “beragama”, dan sering sekali men-share berita yang judul awalnya adalah kata seperti “Subhanallah”, “Masya Allah” dengan akhiran “Sebarkanlah”, “Ketik Amin”. Orang seperti ini biasanya jika diberi tahu fakta yang sebenarnya dia hanya menjawab “Wallahu Alam” sebagai jawaban ngeles darinya (padahal dalam hati dia kesal karena di-skak mat).

Itulah ketujuh reaksi masyarakat Indonesia akan Pokemon GO. Mudah-mudahan jamaah sekalian yang membaca postingan ini hanya mentok di nomor 1 – 5 bukan 6 – 7. Amin.

SEBARKANLAH DAN KLIK LIKE FB RE:PSYCHOO!!!!!111!!!!!!111!!!!!

6 thoughts on “7 REAKSI ORANG INDONESIA DALAM MENANGGAPI POKEMON GO

Leave a Reply