ANIME REVIEW: BUNGOU STRAY DOGS

BUNGOU STRAY DOGS
BONES, 2016
Genre: Supernatural, Mystery, Detective

vlcsnap-2016-07-05-13h29m21s7

Karya sastra dengan cerita misteri/kriminal adalah salah satu jenis cerita yang laris untuk dijual apalagi jika melibatkan detektif di dalamnya. Banyak penulis misteri yang menjadi legenda sastra dunia seperti Agatha Christie, Sir Arthur Conan Doyle sampai Edogawa Ranpo. Kunci dari cerita seperti ini adalah penulis mengajak pembacanya untuk ikut menelusuri kasus dalam cerita sehingga ada kesan partisipatif meski tidak langsung. Cerita misteri/kriminal juga digandrungi karena ia memancing sifat dasar manusia yaitu rasa keingintahuan akan sesuatu.

Meski para penulis tersebut sudah meninggal dunia, karya dan pengaruh mereka tetap bertahan sampai sekarang apalagi di negara dengan tingkat apresiasi sastra yang tinggi seperti Jepang.

[HorribleSubs] Bungou Stray Dogs - 01 [480p].mkv_snapshot_16.36_[2016.07.15_21.31.44]

Masyarakat Jepang sangat menghargai karya sastra beserta pengarangnya. Banyak pengarang novel yang namanya dijadikan nama penghargaan untuk penulis baru bahkan sampai menjadi figur untuk uang kertas. Selain itu, genre misteri/kriminal juga menjadi salah satu genre novel yang populer di Jepang. Dua unsur tersebut coba disatukan dalam satu kemasan anime bernama Bungou Stray Dogs.

Bunguo Stray Dogs (BSD) aslinya merupakan sebuah komik buatan Kafka Asagiri dan Sango Harukawa yang telah masuk pada majalah komik Young Ace pada tahun 2012 dan komiknya sudah menyentuh 9 volume. Adaptasi anime ini dipegang oleh Studio Bones dengan Takuya Igarashi  sebagai sutradara dan Youji Enokido sebagai penulis. Keduanya telah bekerja sama dalam Ouran High School Club, Star Driver dan Captain Earth.

[HorribleSubs] Bungou Stray Dogs - 01 [480p].mkv_snapshot_19.56_[2016.07.15_21.35.17]

BSD menceritakan tentang seorang anak yatim piatu bernama Atsushi Nakajima yang ditendang dari panti asuhannya karena sering melihat penampakan macan putih yang orang lain tidak bisa lihat. Ketika Atsushi ditinggal dengan kondisi yang mengenaskan dia menyelamatkan seorang pria eksentrik Osamu Dazai dan dia juga bertemu rekan Osamu yang serius bernama Doppo Kunikida. Kedua orang tersebut bersedia membantu Atsushi memecahkan masalahnya dan merekrut ia sebagai salah satu pegawai di Biro Detektif yang khusus menangani masalah kriminal biasa sampai luar biasa.

Ada yang menarik dari serial ini meski cerita dan karakternya tidak terlalu bagus. Semua nama jurus yang digunakan diambil dari judul novel paling laris atau berpengaruh dari masing-masing penulis seperti Dazai Osamu dengan jurus “Ningen Shikkaku”, Akutagawa dengan “Rashomon” dan sebagainya.

[HorribleSubs] Bungou Stray Dogs - 03 [480p].mkv_snapshot_14.23_[2016.07.15_21.37.09]

Dirilis beberapa tahun setelah Kekkai Sensen yang juga diadaptasi oleh Studio Bones membuat BSD terasa ingin mengikuti Kekkai Sensen mulai dari pemilihan karakter utama yang menjadi pusat cerita (Atsushi hampir sama dengan Leo dimana keduanya adalah pemuda yang mempunyai kekuatan supernatural yang besar tapi tidak bisa dikontrol dengan baik) dan latar detektif yang memecahkan permasalahan supernatural. Sayangnya BSD terkesan setengah setengah untuk mengikuti jejak Kekkai Sensen yang bagus dari segi animasi dan menarik dari segi cerita.

[HorribleSubs] Bungou Stray Dogs - 01 [480p].mkv_snapshot_16.39_[2016.07.15_21.32.57]

Serial ini mempunyai potensi yang besar untuk menjadi favorit karena menggabungkan dua hal yang populer di masyarakat Jepang yaitu tokoh sastra dan genre kriminal/misteri ditambah dengan karakter bertampang bishonen yang bisa menarik perempuan untuk melirik serial ini. Potensi tersebut tidak bisa dibawa dengan baik apalagi jika berbicara soal cerita.

[HorribleSubs] Bungou Stray Dogs - 03 [480p].mkv_snapshot_13.08_[2016.07.15_21.36.56]

Cerita pada serial ini terbilang menarik pada episode awal dan membuat berbagai macam kemungkinan dan ekspektasi bahwa cerita akan lebih seru lagi dengan berbagai macam kasus supernatural yang ada. Ekspektasi tersebut tidak muncul sampai episode terakhir, tidak banyak cerita atau kasus supernatural yang terlihat keren malah terlihat generik dengan stereotip shonen di dalamnya. Setiap episodenya, anime ini memberikan premis yang menarik tetapi akhirannya terkadang menghancurkan tingkat keseruan yang sudah dibangun pada awal cerita.

[HorribleSubs] Bungou Stray Dogs - 02 [480p].mkv_snapshot_15.25_[2016.07.15_21.35.49]

Hal yang cukup menganggu pada serial ini adalah komedi yang terlalu banyak dipakai di semua episode. Pada episode awal humor yang dimasukkan memang lucu dan cukup menurunkan tensi cerita pada titik tegangnya, sayangnya hal tersebut dimasukkan berulang kali di hampir setiap momen dan membuat komedinya menjadi tidak lucu lagi terutama humor dari Osamu Dazai yang membuat bosan. Bukan hanya Osamu yang selalu memberikan humor garingnya tapi hampir semua karakter dalam serial ini juga mengeluarkan sisi humornya di saat yang tidak tepat. Blunder ini membuat tensi cerita terkesan tidak fokus apakah mau sangat serius atau sangat bercanda.

BSD sendiri mengandalkan penokohan dari karakternya yang notabene mengambil semua namanya dari penulis ternama. Beberapa memang terlihat relevan seperti Edogawa Ranpo yang digambarkan sebagai seseorang yang jago memecahkan berbagai macam kasus meski barang buktinya sedikit. Tetapi banyak yang tidak sesuai dengan karakter asli penulis tersebut dan terkesan tempelan agar serial ini relevan dengan judulnya yang menyelipkan kata “Bungou” yang bermakna “master sastra”.

[HorribleSubs] Bungou Stray Dogs - 03 [480p].mkv_snapshot_17.43_[2016.07.15_21.37.31]

Karakter yang ada juga sudah banyak dipakai di serial lain seperti Atsushi si bocah labil dengan kekuatan luar biasa, Doppo yang serius, Dazai yang humoris dan karakter antagonis Akuatagawa yang mempunayi dendam akan seniornya. Semuanya telah dipakai dalam berbagai macam anime sehingga tidak ada sesuatu yang segar dari karakter dalam BSD. Sisi positif dari karakter yang ada adalah muka bishonen yang cukup membuat perempuan membeli pernak-perniknya. Beberapa celah dalam anime ini seperti pengembangan karakter memang tidak diumbar terlalu banyak mengingat musim keduanya akan tayang pada bulan Oktober mendatang.

[HorribleSubs] Bungou Stray Dogs - 04 [480p].mkv_snapshot_14.29_[2016.07.15_21.36.14]

Karena anime ini masih bersambung ke musim kedua beberapa kecacatan masih bisa dimaklumi tapi tidak semuanya bisa termaafkan. Fondasi awal yang dibangun oleh anime ini sebenarnya sudah cukup kuat tapi sayangnya fondasi tersebut perlahan mulai runtuh karena berbagai macam hal terutama dari komedi yang terus dipakai berulang-ulang. Bunguo Stray Dogs memberi modal seadanya pada musim pertamanya dan jika musim keduanya modal tersebut tidak bisa diputar dengan baik atau malah lebih parah maka serial ini hanyalah serial detektif numpang lewat dan tidak bisa setara dengan penulis terkenal yang menjadi acuan utamanya.

[HorribleSubs] Bungou Stray Dogs - 02 [480p].mkv_snapshot_08.55_[2016.07.15_21.35.38]

5/10

Di Facebook? Tekan tombol like  pada tautan ini

 

Leave a Reply