horriblesubs-sakamoto-desu-ga-05-1080p-mkv_snapshot_04-34_2016-05-16_22-50-59

ANIME REVIEW: SAKAMOTO DESU GA?

SAKAMOTO DESU GA?
STUDIO DEEN, 2016
Genre: Comedy, Slice Of Life, School

_Soulreaperzone.com__Skamoto_dsu_ga_-_01_HD_HS.mkv_snapshot_16.04_[2016.07.11_00.34.31]

Sudah menjadi rahasia umum jika para perempuan akan terobsesi dengan suatu karakter/publik figur yang mempunyai tampang bishonen (pemuda laki-laki cantik) apalagi di Jepang. Kebanyakan perempuan muda di Jepang memang menggilai bishonen entah itu dari karakter fiktif atau artis.

Lihat saja bagaimana boyband bentukan agensi Johnny & Associates seperti Arashi, KAT-TUN, SMAP, NEWS dan KANJANI 8. Mereka semua populer di kalangan perempuan karena tampang mereka yang cantik dan menggemaskan sehingga tidak salah jika mereka sangat populer di Jepang apalagi fans perempuan terkenal royal dalam membeli segala pernak-pernik artis kesukaan mereka.

[Soulreaperzone.com]_Skamoto_dsu_ga_-_07_SD_HS.mkv_snapshot_16.39_[2016.07.11_00.38.30]

Para pembuat komik/anime di Jepang juga sering memasukkan karakter bishonen dalam menarik minat perempuan untuk mengintip karyanya meski karyanya tergolong dalam karya yang cukup berat untuk dinikmati.

vlcsnap-2016-07-03-03h35m07s200

Perempuan menyukai karakter bishonen bukan hanya dari parasnya saja tetapi karakter jenis ini biasanya terkenal dengan tingkah lakunya. Karakter bishonen juga harus kharismatik dan dapat memancarkan cahaya yang membuat perempuan terpesona.

_Soulreaperzone.com__Skamoto_dsu_ga_-_01_HD_HS.mkv_snapshot_07.03_[2016.07.11_00.34.06]

Ciri-ciri dari karakter bishonen ini dipelajari oleh seorang pembuat komik bernama Nami Sano. Ia mencoba mengolah deskripsi bishonen menjadi sebuah komik yang ditujukan kepada pasar laki-laki. Dari ide tersebut muncul komik bernama “Sakamoto Desu ga?” yang telah diadaptasi dalam medium anime.

vlcsnap-2016-07-03-03h30m21s124

Sebelum diadaptasi menjadi serial anime, komik Sakamoto Desu ga? sudah menyita perhatian. Komik ini menarik perhatian banyak orang karena sifat karakter utamanya yaitu Sakamoto. Sakamoto digambarkan sebagai seorang pelajar yang terkenal di sekolahnya berkat kekerenannya di segala situasi dan kondisi. Meski dalam keadaan pelik dan terkadang tidak masuk akal Sakamoto masih menjaga kekerenannya. Tidak heran jika Sakamoto digilai oleh perempuan di kelasnya dan dibenci oleh geng cowok bandel. Para cowok iri dengan kharisma dan tingkah laku Sakamoto yang membuat para perempuan menjauh dari mereka. Geng ini sebisa mungkin mengerjai dan menjebak Sakamoto tetapi Sakamoto berhasil lolos dari jebakan dan pada akhirnya ia membantu orang yang sudah menjebaknya. Tingkah tersebut sudah cocok untuk membuat Sakamoto seperti manusia sempurna yang diidam-idamkan semua orang.

Penggambaran karakter Sakamoto tersebut sudah sesuai dengan stereotip bishonen tetapi serial ini tidak mengkhususkan dirinya untuk dinikmati oleh kaum hawa saja. Sakamoto memainkan banyak stereotip bishonen yang biasanya dihindari oleh penonton laki-laki tetapi serial ini dengan cerdas memposisikan dirinya dengan audiens laki-laki yang memang menjadi sasaran utama penontonnya.

_Soulreaperzone.com__Skamoto_dsu_ga_-_03_SD_HS.mkv_snapshot_17.49_[2016.07.11_00.39.07]

Kunci positioning tersebut terletak pada latar yang digunakan oleh serial ini. Latar yang diambil dari Sakamoto Desu Ga (SDG) adalah sebuah sekolah yang isinya orang biasa-biasa saja dan geng anak berandalan yang selalu ingin mengerjai Sakamoto. Latar seperti ini sudah tentu banyak dipakai di genre seinen dan shonen untuk audiens laki-laki. Sakamoto juga tidak mengumbar kharismanya atau cari perhatian (caper) agar semua mata tertuju padanya. Semua yang Sakamoto lakukan adalah keren dengan alami tanpa harus memunculkan berbagai generik yang muncul pada karakter yang serupa.

_Soulreaperzone.com__Skamoto_dsu_ga_-_01_HD_HS.mkv_snapshot_04.14_[2016.07.11_00.33.08]

Latar tempat cerita Sakamoto juga didukung dengan situasi komedi yang muncul. Untuk memancing tawa, Sakamoto melakukan hal-hal yang bisa dikatakan luar biasa ajaib dengan situasi yang sebenarnya tidak mungkin terjadi. Contohnya dia berangkat ke sekolahnya dengan berjalan di atas pagar dan dinding, ia menyelamatkan burung dengan terbang di udara sehingga menjadi bahan pembicaraan warga setempat, memutar playback tentang dirinya dan membuat seolah-olah ia masuk ke dalam TV, bertarung memakai busur derajat dengan lebah dan terlihat seperti kompetisi pedang, menggunakan sendawa sebagai trik untuk bisa berbicara bahasa Jerman dengan lancar dan masih banyak lagi.

_Soulreaperzone.com__Skamoto_dsu_ga_-_03_SD_HS.mkv_snapshot_20.45_[2016.07.11_00.39.28]

Nilai komedi juga bertambah ketika Sakamoto mengucapkan jurus yang terlihat maut dari namanya tetapi sebenarnya adalah hal yang bahkan sangat sepele dan dibawakan tanpa memaksa dirinya untuk jadi keren. SDG juga menghadirkan beberapa stereotip seperti geng anak bandel dengan segala pernak-perniknya seperti Crows Zero, ibu-ibu yang tergugah melihat aktor dalam drama Korea dan guru olahraga yang suka sok galak (mungkin ini terinspirasi dari guru olahraga yang muncul dalam Full Metal Panic Fumoffu).

vlcsnap-2016-07-03-19h58m07s165

SDG juga tidak terpusat dengan tingkah laku karakter atau joke slapstick untuk membuat kondisi yang dapat membuat penonton tertawa. Komedi yang ada juga berjalan seperti air meskipun memang ada beberapa situasi yang cukup garing dan menurukan kadar lucunya.

Kekuatan dari SDG tentunya dari karakter yang muncul selain Sakamoto tentunya yang menjadi pusat perhatian. Karakter pendukung memberikan reaksi atas ulah Sakamoto sehingga Sakamoto terlihat hidup dan benar-benar keren karena apa yang ia lakukan berhasil memengaruhi persepsi dia kepada orang lain. Reaksi mereka juga kadang sama absurdnya dengan Sakamoto sendiri dan itu membuat serial ini semakin unik.

[Soulreaperzone.com]_Skamoto_dsu_ga_-_07_SD_HS.mkv_snapshot_05.23_[2016.07.11_00.38.09]

SDG hanya berjalan 12 episode dan sudah mengadaptasi semua dari komiknya yang berjalan hanya 4 volume. Pemilihan durasi serial ini baik dari komik maupun anime sudah dirasa sesuai supaya joke yang digunakan tidak berulang-ulang sehingga kehilangan momen lucunya.

[Soulreaperzone.com]_Skamoto_dsu_ga_-_06_SD_HS.mkv_snapshot_09.19_[2016.07.11_00.37.10]

SDG adalah sebuah serial yang tidak memaksakan dirinya untuk menjadi keren dan lucu dengan semua pakem bishonen. Serial ini mampu membalikkan fakta bahwa genre bishonen hanya bisa dinikmati oleh perempuan saja. Sebenarnya apa yang ditawarkan oleh SDG bukanlah terhitung baru atau sesuatu yang dapat menggemparkan dunia anime dengan segala kekerenan Sakamoto, setidaknya serial ini berjalan dengan rapi tanpa ada masalah dan hal tersebut patut diapresiasi. This is cool, cooler, coolest comedy for normal people.

_Soulreaperzone.com__Skamoto_dsu_ga_-_01_HD_HS.mkv_snapshot_19.53_[2016.07.11_00.34.57]

7/10

Di Facebook? Tekan tombol like  pada tautan ini

One thought on “ANIME REVIEW: SAKAMOTO DESU GA?

Leave a Reply