ANIME REVIEW: SPACE PATROL LULUCO (UCHUU PATROL LULUCO)

SPACE PATROL LULUCO (UCHUU PATROL LULUCO)
TRIGGER, 2016
Genre: Comedy, Sci-Fi, Romance

uchuu-patrol-luluco

Because Music adalah salah satu label musik yang langka di era sekarang. Label yang mempunyai kantor pusat di Paris dan London ini masih mempercayai bahwa insting pendengaran akan musik bagus jauh lebih penting dari apa jenis musik yang sedang populer saat ini.

Hasil dari idealisme ini membuat Because Music menjadi salah satu label independen terbesar di benua Eropa bahkan dunia. Because berhasil mengorbitkan Justice, Charlotte Gainsbourg, Metronomy, Little Dragon, Major Lazer dan Django Django ke pentas musik dunia dan puncak kesuksesan mereka saat ini tentunya adalah lagu dari salah satu artisnya yaitu Major Lazer dengan “Lean On” yang sukses diputar sebanyak 810 juta kali di Spotify, 1,6 miliar kali di YouTube serta menjadi lagu electro yang paling sering diputar di radio Indonesia dalam kurun setahun terakhir.

Pendiri dari Because Music bukanlah orang baru di industri musik, ia adalah Emmanuel De Brutel yang dulunya merupakan pimpinan dari Virgin Music France. Di era kepemimpinannya ia berhasil membuat Daft Punk dan Air menjadi garda depan musik french house di akhir 90’an.

[HorribleSubs] Space Patrol Luluco - 01 [480p].mkv_snapshot_00.23_[2016.07.07_14.08.03]

Studio animasi di Jepang bernama Trigger juga mempunyai sejarah dan idealisme yang hampir mirip dengan Because Music. Mereka masih mempercayai bahwa anime dengan cerita yang unik dan bagus jauh lebih penting dari apa jenis anime yang sedang populer saat ini.

[HorribleSubs] Space Patrol Luluco - 02 [480p].mkv_snapshot_05.31_[2016.07.07_14.10.29]

Lewat idealisme tersebut studio ini berhasil menelurkan karya seperti Little Witch Academia, Inferno Cop dan Kill La Kill yang bukan hanya populer dari segi penjualan tapi juga sukses menjadi buah bibir di media sosial seluruh dunia. Pendiri dari Studio Trigger, Hiroyuki Imaishi adalah veteran di dunia animasi Jepang berkat pengalamannya selama bertahun-tahun di studio Gainax. Berkat tangan dinginnya ia berhasil membawa Gainax menjadi studio legendaris dengan mengeluarkan karya populer seperti Neon Genesis Evangelion, FLCL, Abenobashi dan Gurren Lagann.

[HorribleSubs] Space Patrol Luluco - 02 [480p].mkv_snapshot_05.45_[2016.07.07_14.10.45]

Masih melanjutkan idealisme “anime dengan cerita unik dan bagus”, Imaishi membuat satu judul yang melambangkan pernyataan tersebut dan diberi nama “Space Patrol Luluco” atau “Uchuu Patrol Luluco” yang sebenarnya hanya bercerita tentang cinta monyet.

[HorribleSubs] Space Patrol Luluco - 01 [480p].mkv_snapshot_01.03_[2016.07.07_14.08.46]

Serial ini bercerita tentang seorang pelajar bernama Luluco yang hidup di planet bernama Ogikubo bersama ayahnya seorang Polisi Patroli Luar Angkasa. Kehidupan mereka di luar angkasa berjalan normal sampai akhirnya Luluco harus menggantikan peran ayahnya sebagai polisi patroli karena ayahnya telah membeku. Dalam perjalanannya sebagai polisi patroli ia dipertemukan dengan AΩ Nova (dibaca: Alpha Omega Nova) dan Midori, ketiganya menjalankan tugasnya untuk mengamankan luar angkasa sambil diiringi dengan kisah cinta antara Luluco dan AΩ Nova.

AWAKE!!!!! JUDGEMENT GUN MORPHING!!!!!!
AWAKE!!!!! JUDGEMENT GUN MORPHING!!!!!!

Secara garis besar inti dari Space Patrol Luluco sebenarnya biasa saja malah terdengar picisan tapi bukan Trigger namanya jika tidak mengemas cerita yang biasa menjadi suatu tontonan yang menyenangkan dan wajib diperhatikan. Serial ini berisikan kegilaan animasi buatan Trigger yang begitu cepat dan out of the box. Imaishi bermain dengan animasi yang tidak dapat ditemukan dalam anime buatan studio lain. Melihat serial ini seolah melihat FLCL, Abenobashi dan Kill La Kill ke dalam satu paket kegilaan yang paripurna. Menonton Luluco juga akan mengingatkan kita akan serial kartun Amerika seperti Gumball, Powerpuff Girls dan berbagai macam kartun yang dibuat oleh stasiun televisi Cartoon Network. Pegaruh gaya dari kartun Amerika membuat Luluco terlihat universal dan global seperti karya Imaishi dan Trigger sebelumnya yang memang berpikir bukan hanya dari sisi Jepang saja.

Awesome "Kill La Kill" Mom
Awesome “Kill La Kill” Mom

Space Patrol Luluco juga mempunyai cerita yang tidak normal seperti kehidupan sang karakter utama yaitu Luluco. Cerita bisa berjalan dengan sangat normal tapi tiba-tiba bisa berjalan dengan sangat tidak normal seperti cerita dari ibu Luluco, cerita kepala bagian dari Polisi Patroli dengan berbagai keajaibannya dan masih banyak lagi. Bagian cerita yang bisa naik secara tiba-tiba makin menambah unsur komedinya sehingga lucunya bukan lucu dipaksakan tapi “lucu karena epik”.

luluco

Lagi-lagi bukan Imaishi jika tidak memberikan kejutan untuk penontonnya dan serial ini penuh dengan kejutan dimana-mana mulai dari twist yang dimainkan, judgement gun morphing dan tentunya adalah kemunculan beberapa karakter atau atribut dari karya Studio Trigger (bahkan Studio Gainax) sebelumnya.

Imaishi memasukkan semua karya yang pernah ia buat ke dalam serial ini jadi jangan heran jika di satu episode kamu akan bertemu dengan planet yang isinya berisi dengan orang yang tergila-gila dengan benang (Kill La Kill), planet yang penuh dengan para penyihir (Little Witch Academia), planet dengan detektif gila (Sex and Violence with Machspeed), sampai ke planet yang isinya hanya tengkorak dengan kepala api yang sempat menghebohkan dunia internet beberapa tahun kemarin (Inferno Cop).

Sex and Violence in Machspeed
Sex and Violence in Machspeed
Luluco bertemu dengan Inferno Cop
Luluco bertemu dengan Inferno Cop
Kill La Kill
Kill La Kill
Little Witch Academia
Little Witch Academia
Kill La Kill
Kill La Kill

Beberapa macam atribut dan gaya dari Kiznaiver, FLCL, Wooser, Gunbuster, Diebuster, Gurren Lagann bahkan sampai Gainax Pose dimunculkan sehingga Luluco akan memberikan kepuasan tersendiri yang bisa membuat lemas bagi para penggemar serial yang sudah disebutkan ke atas.

Gurren Lagann
Gurren Lagann
AT Field dari Evangelion
AT Field dari Evangelion
GAINAX POSE
GAINAX POSE
Mako dari Kill La Kill
Mako dari Kill La Kill
Nova adalah salah satu pengguna Kizanivers,
Nova adalah salah satu pengguna Kizanivers,
Guts dari Kill La Kill
Guts dari Kill La Kill

Karakter yang ada dalam serial ini juga tidak kalah absurd dengan cerita dan animasinya dan lebih gilanya lagi mereka memakai kepribadian dari karakter anime buatan Gainax dan Trigger seperti AΩ Nova yang merupakan campuran dari karakter Rei Ayanami dan Nagisa Kaworu dari Neon Genesis Evangelion, Luluco yang mirip dengan Mako dari Kill La Kill serta Kepala Polisi Patroli yang merupakan kawin silang antara Inferno Cop dengan Kamina dari Gurren Lagann (lengkap dengan tagline yang selalu ia kumandangkan “JUSTICE!!!!!”).

Kaworu Nagisa dari Evangelion
Kaworu Nagisa dari Evangelion

Karakter Luluco sendiri menyimpan keunikan sendiri karena sebenarnya Luluco sudah pernah dimunculkan dalam joke April Mop 2015 yang diunggah di laman Facebook mereka namun mereka menamainya sebagai Trigger Girls bukan Luluco.

Serial ini juga hanya berdurasi 7 menit tiap episodenya (belum termasuk adegan di lagu pembuka dan penutup) dan waktu yang sempit itu dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Imaishi. Ia masih sempat menaruh detil yang sebenarnya tidak terlalu penting tapi menambah kesan komikal seperti Luluco yang selalu berkata “bersambung” sehingga bia dikategorikan bahwa serial ini memiliki breaking fourth wall atau membelah semua episodenya ke dalam 5 season yang sebenarnya kontinyu tanpa jeda.

[HorribleSubs] Space Patrol Luluco - 03 [480p].mkv_snapshot_00.49_[2016.07.07_14.11.48]

Memang benar jika Luluco merupakan salah satu seri anime pendek terunik dan terbaik sepanjang dekade 2010an ini (setelah Inferno Cop tentunya). Imaishi membuat serial ini seperti membuat museum pribadi hasil karya dia sebelumnya dan dapat dilihat dari berbagai macam tribute yang dimasukkan di hampir semua lini. Ia juga patut dijuluki seorang yang jenius di bidangnya karena ia dapat membuat anime yang aneh dan menjadi topik perbincangan di komunitas anime dalam waktu bersamaan.

[Soulreaperzone.com]_Spce_Ptrol_Lluco_-_12_HD_HS.mkv_snapshot_02.28_[2016.07.07_14.16.06]

Imaishi seolah menampar anime lain yang mempunyai durasi yang panjang dengan Space Patrol Luluco karena ia bisa mempertahankan insting dan idealismenya tanpa harus takut akan pasar. Imaishi juga terhitung nekat dalam membuat Luluco karena serial ini hidup di era dimana industri menginginkan uang cepat dari anime yang ala kadarnya. Ia masih percaya paham jika karya sudah bagus dan berbeda maka pasar akan muncul dengan sendirinya apalagi Luluco adalah anime pendek sehingga ia diberi kebebasan untuk menciptakan sesuatu yang unik tanpa ada halangan komersialisme. Sebuah contoh yang sangat langka di era sekarang dimana idealisme dan kepopuleran bisa menyatu dan menghasilkan pengaruh yang lebih besar.

13483371_10209429803886536_6522091120258903130_o

8/10

Leave a Reply