p11-aoki-awesome-city-club-a-20150427

ALBUM REVIEW: AWESOME CITY CLUB – AWESOME CITY TRACKS 3

Awesome City Club - Awesome City Tracks 3

AWESOME CITY CLUB
AWESOME CITY TRACKS 3
CONNECTONE/VICTOR, 2016
Genre: Pop, Funk Pop, Electropop, Disco, City Pop

Pada tahun 2013 Daft Punk mengeluarkan single Get Lucky” yang sukses menjadi tembang musim panas terbaik sepanjang masa dan membuat musik funk/disco menjadi trend kembali setelah mati sekian lama akibat kejadian “malam penghancuran musik disko” yang terjadi di Amerika Serikat pada era 1970’an.

Semua musisi baru tiba-tiba mengusung musik funk yang dicampur dengan musik pop era sekarang untuk bisa menarik perhatian masyarakat, tidak heran jika saat ini dunia musik memasuki era bernama funk revival dimana funk hidup kembali dengan aransemen yang lebih modern agar tidak terdengar terlalu jadul dan terlalu black music dan salah satu band yang mencoba jalur funk revival di Jepang adalah Awesome City Club.

Band ini beruntung tinggal dan memulai karirnya di Jepang karena masyarakat Jepang masih mempunyai minat akan musik funk yang tinggi jauh sebelum demam idol pop melanda. Ini semua berkat genre musik bernama city pop yang melejit di era 80’an dengan mencampurkan musik adult contemporary, jazz, funk, soul, new wave, synthpop dan R&B ke dalam satu paket sehingga telinga orang Jepang masih menikmati jenis musik seperti ini meski trendnya sudah memudar.

Album terbaru mereka yang merupakan instalasi ketiga dari seri “Awesome City Tracks” mencoba mengembalikan semangat city pop tersebut ke era modern meski mereka sendiri tidak melihat city pop sebagai patokan bermusik mereka.  Album ini dibuka oleh “Into The Sound” yang kental dengan berbagai macam gaya musik funk seperti bassline yang catchy, lick gitar yang funky, keyboard yang cepat serta falset yang disimpan di bagian akhir reff yang membuat lagu ini otentik dengan sound funk pada era 70’an dengan penambahan pop modern di bagian tengah lagu.

“Don’t Think, Feel” masih melanjutkan semangat funk pada lagu pembuka tetapi kali ini mereka sedikit menggeser lagunya ke dalam ranah disco. Mereka ingin memunculkan kembali semangat “Saturday Night Fever” ke dalam era sekarang dan itu bisa dilihat dari video klip mereka yang bertemakan party dan diskotik meski mereka mengambil lokasi diskotik tersebut di sebuah toko baju GAP. Berbicara soal musik, “Don’t Think, Feel” mempunyai sound disco dan funk yang kental apalagi sisipan string yang ada makin menguatkan aura kedua musik tersebut. Selipan vokal manis dari Porin juga menambah kualitas lagu seolah-olah mereka berdua sedang berkomunikasi di lantai dansa.

Sentuhan musik disco dengan percikan new wave serta drum machine dituangkan dalam “Vampire”, Porin mengambil alih vokal utama pada lagu ini dan ia menyanyikannya dengan sudut pandang cewek 17 tahun yang menggilai “Twilight”. Hal ini bisa didengar dari liriknya dimana sang perempuan mengharapkan seorang vampir datang dan menggigit tubuhnya agar cinta mereka abadi selamanya. Meski terdengar sedikit cheesy tapi karena musiknya mendukung kesan tersebut dapat dihindari.

Dalam tiga lagu berikutnya mereka mencoba semakin electro dan dimulai dengan “Moonlight” yang terdengar seperti Passion Pit jika terjebak dalam diskotik 70’an, “Neon Chaser” mengambil hook dan pattern beat dari “Goodness Gracious” milik Ellie Goulding hanya saja versi Awesome City Club lebih condong ke new wave ketimbang synthpop. Ambient mereka coba mainkan dalam “Endroll” dengan sentuhan worldbeat yang sebenarnya sedikit melenceng dari musik mereka. Lagu penutup “Around The World” sangat terpengaruh oleh acid jazz macam Jamirouqai dan Brand New Heavies terutama pada bagian gitar elektrik yang disusupkan di dalam lagu.

“Awesome City Tracks 3” dirilis pada musim panas di Jepang sehingga album ini pantas dikategorikan fun album dengan mengambil tema-tema yang berkaitan dengan kehidupan muda yang menggembirakan dan sesuai dengan citra musim panas di sana. Meskipun di beberapa titik terutama dari segi lirik tidak ada sesuatu yang spesial namun karena mereka merupakan band pop hal itu dapat dimaklumi. Setidaknya album ini konsisten dalam menjaga fun dan Awesome City Club bisa menjaga semangat funk pop dan city pop di Jepang lewat album ketiganya dengan permainan musik dan produksi yang bisa menutup kekurangan yang ada.

7/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

1. Into The Sound
2. Don’t Think, Feel
3. Vampire

4. Moonlight
5. Neon Chaser (ネオンチェイサー)
6. Endroll (エンドロール)
7. Around The World

 

Leave a Reply