raisa1

ALBUM REVIEW: RAISA – HANDMADE

raisa handmade

RAISA
HANDMADE
JUNI RECORDS, 2016
Genre: Pop, Soul, Pop Jazz, PBR&B

Ketika pasar musik Indonesia sedang butuh sesosok solois wanita yang dicintai oleh semua kalangan dan gender Raisa muncul untuk mejawab kebutuhan tersebut. Raisa menjadi lambang musik pop Indonesia di awal dekade 2010an yang sedang mengalami masa transisi akibat dicecar oleh musik melayu yang dibawah rata-rata pada dekade kemarin. Lewat lagunya yang bernuansa pop jazz dengan sentuhan musik soul di awal milenium, lirik lagu tentang cinta yang kebanyakan menjerumus ke melankolia dan tampang yang sensual Raisa langsung melejit dengan sangat cepat bak shinkansen di industri musik Indonesia. Kepopuleran Raisa membuat lagu galau naik derajat berkat musikalitas yang dia usung dalam dua albumnya. Setelah sukses membuat dua album dibawah major label dia memutuskan untuk bergabung dengan indie label bernama Juni Records yang juga menjadi rumah untuk Barasuara dalam album ketiganya “Handmade”.

Sama seperti judul albumnya, Raisa membuat lagu di album ini seperti layaknya karya buatan tangan dan hasilnya jauh lebih organik dan stripped down. Raisa mengambil banyak sekali pengaruh black music serta blue-eyed soul dan memasukkan itu semua ke dalam album ketiganya seperti lagu kolaborasinya dengan Afgan yaitu “Percayalah” yang menitikberatkan kepada jazz yang polos demi membangun chemistry antar dua solois papan atas Indonesia ini. Efek synth menjadi nadi dalam “Kali Kedua” dan “Sang Rembulan”, ia memasukkan efek ini demi menciptakan suasana mellow dan modern layaknya Jessie Ware atau Lorde. Esensi musik latin dibawakan dalam “Tentang Cinta” yang juga disusupi oleh musik funk. Raisa memasukkan post-dubstep ala James Blake dan Jack Garratt pada “Letting You Go” dengan ketukan dari drum machine yang pasti, versi cerah dari “Letting You Go” bisa ditemukan dalam “Love You Longer” yang lebih upbeat namun masih dalam suasana musik yang chillout. “Nyawa dan Harapan” adalah lagu terbaik yang pernah Raisa rilis, ia mengangkat tema yang sangat relijius di sini tetapi tidak terdengar sok alim atau memaksakan dirinya seperti lagu religi yang muncul ketika sudah menjelang perayaan agama tertentu. Unsur relijius ini ditambah dengan musik gospel yang dimasukkan untuk menambah kekhusyukan lagu.

Menurut video yang diunggah oleh KlikKlip ada tiga musisi hip-hop yang disukai oleh penyanyi bernama lengkap Raisa Andriana yaitu Drake, Jay-Z dan Kendrick Lamar. Ketiga rapper tersebut pandai memasukkan beat dari segala macam genre mulai dari soul, R&B sampai jazz ke dalam rapping mereka dan sepertinya Raisa memakai pengaruh para rapper tersebut untuk menyatukan beat dari berbagai macam genre dalam “Handmade”, hal ini membuat cakrawala bermusiknya menjadi semakin luas dan ekletik.

Album ketiga Raisa memang berbeda dari album ia sebelumnya, ia tidak mau lagi mengulang momen pop jazz yang membuat namanya tenar. Ia memanfaatkan kesempatan bernaung di label indie dengan keluar dari zona nyaman dan bereksperimen dengan musik yang seharusnya menjadi pondasi ia bernyanyi yaitu soul dengan bantuan beat yang trippy. Ia juga bergerak sangat bebas dalam album barunya. Perubahan musik yang terjadi pada Raisa memang akan menyulitkan pendengar lama yang mengharapkan lagu seperti “Terjebak Nostalgia” atau “Could It Be” muncul kembali tetapi hal ini tidak lantas membuat “Handmade” menjadi berat karena beberapa lagu masih menyimpan rasa Raisa yang dulu hanya saja dalam versi yang lebih upgrade. Melalui “Handmade” Raisa memberikan penegasan bahwa dia bukanlah ratu pop galau yang hanya bisa bernyanyi dengan nada-nada yang simpel dan membungkam pendapat orang seperti saya yang menganggap Raisa tidak bisa membuat lagu yang kaya dari segi produksi dan suasana.

7/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Intro – Handmade
  2. Kali Kedua
  3. Percayalah feat. Afgan
  4. Sang Rembulan
  5. Tentang Cinta
  6. Jatuh Hati
  7. Letting You Go
  8. Usai Di Sini
  9. Love You Longer
  10. Biarkanlah
  11. Nyawa Dan Harapan

Leave a Reply