ALBUM REVIEW: UA – JAPO

folder

UA
JAPO
VICTOR, 2016
Genre: World Music, Art Pop, Jazz, Psychedelic Folk

Pada awal karirnya solois yang menamakan dirinya UA ini seperti penyanyi Jepang di akhir 90’an dimana UA bernyanyi seperti penyanyi R&B dengan campuran shibuya-kei serta acid jazz. Lewat musik seperti itu ia menjadi artis pendatang baru yang diyakini mempunyai karir yang bersinar di masa depan. Meski sudah mendapat kepopuleran dengan musik seperti itu UA tidak mau memilih jalur musik yang sama seperti awal karirnya di kemudian hari, ia lebih memilih untuk menjadi eksperimental yang lebih nyeni dengan pendekatan world music sambil tidak lupa dengan akar jazz yang ia mainkan dulu. Penyanyi yang mempunyai nama asli Hasegawa Kaori ini telah merilis album terbarunya yang berjudul  “JaPo” dan menjadi album pertamanya selama hampir 7 tahun setelah “ATTA” yang dirilis pada 2009 kemarin.

Setelah merilis album “ATTA” UA mengalami banyak hal mulai dari kebakaran yang menimpa rumah dan studionya di Shinagawa, melahirkan anak ketiganya dan memfokuskan dirinya untuk menjadi ibu. Hal yang terakhir membuat pendengarnya harus menunggu tujuh tahun untuk mendengar album barunya tetapi tujuh tahun tersebut UA pakai untuk mendalami hari-hari seorang ibu, bagaimana rasanya menyatu dengan alam sambil mendengarkan gubahan dari world music yang terpancar dalam album barunya.

Bukti tersebut dapat kita dengar dari lagu pembuka album ini yaitu “AUWA” yang sangat kontemporer seolah lagu tersebut datangnya dari sebuah nyanyian dari suatu desa di pedalaman. UA membawa kita ke sebuah utopia yang direfleksikan ke dalam sebuah pulau yang indah dengan sajian musik yang tropis dalam “JAPONESIA”. “ISLAND LION” adalah kelanjutan dari “JAPONESIA” dan menggambarkan bahwa makhluk di pulau tersebut kuat seperti singa tetapi lembut dan bersahabat, iring-iringan musik freak folk dan free jazz menemani perjalanan lagu. “Itooshikute” mengandalkan perkusi untuk membangun lagunya sementara itu “Aishirai” bernyanyi dengan musik folk dengan pengaruh ambient yang sangat kuat untuk menambah kesedihan.

Permainan world music dengan campuran hip hop ia mainkan dalam “KUBANUYU”  dimana rhythm section mempunyai peran yang besar disini. Pada “BEAM YOU”, UA seolah kerasukan roh dari Bjork dengan tema yang cukup psychedelic dan trippy. Jazz yang lirih dengan string section membuat  “Ai no Tsuyu ni” adalah track yang paling mellow dalam album ini. Ketika dua alat musik berdawai bersatu maka muncullah “TARA”, UA mencampurkan alat musik tradisional shamisen dan ukulele ke dalam satu lagu dengan pendekatan baroque pop dan “Dochira ni Shitemo” menutup perjalanan kita bersama UA di album ini.

Vokal UA yang unik dan nyentrik membuat nuansa world music dan psychedelic folk semakin kuat, ia kadang bernyanyi dengan suara pop tapi kadang bernyanyi seolah dia adalah kepala suku dari suatu daerah antah berantah di lembah yang tinggi. Lirik pada album ini sangat kuat dan personal dengan mengambil konsep besar tentang alam serta jiwa, pikiran dan raga. Pada album ini banyak bermunculan chant atau lirik yang tidak jelas bahasanya dan setelah ditelusuri bahasa tersebut merupakan bahasa Jepang yang dimodifikasi sedemikian rupa oleh UA untuk menimbulkan kesan misterius namun indah dalam waktu bersamaan.

Dalam “JAPO” UA juga membuat suatu utopia sendiri dimana kekuatan cinta menjadi penggerak utama dunia tersebut, meski membawakan tema yang cukup klise tetapi UA membawakannya dengan cukup kompleks dan menambahkan berbagai macam unsur yang terbilang psychedelic. Kepiawaian UA dalam membuat atau sekedar menyanyikan lagu berbahasa Inggris juga menjadi nilai tambah dan membuat pendengar juga bisa beresonansi dengan apa yang UA tuangkan dalam setiap lagunya. Pantaslah jika menyebut album kesembilan dari UA adalah sebuah concept album yang personal dan mistis. Tema yang bersinkronasi satu sama lain dan mempunyai gambaran besar tentang cinta membuat penantian selama hampir tujuh tahun terbayar lunas dengan iringan world music dan art pop yang berani namun tidak terdengar naif sehingga meluluhkan nilai pop didalamnya. UA memang kabur dari realita hidup dalam “JaPo” tetapi UA tidak kabur dari tanggung jawabnya membuat musik yang berkualitas dan berani memperkecil batas antara aneh dan indah.

9/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. AUWA
  2. JAPONESIA
  3. ISLAND LION
  4. Itooshikute 「いとおしくて」
  5. Aishirai 「あいしらい」
  6. KUBANUYU
  7. BEAM YOU
  8. Ai no Tsuyu ni 「愛を露に」
  9. TARA
  10. Dochira ni Shitemo 「ドチラ二シテモ」

Leave a Reply