GRIMGAR

ANIME REVIEW: HAI TO GENSOU NO GRIMGAR


HAI TO GENSOU NO GRIMGAR

A-1 PICTURES, 2016
Genre: Drama, Fantasy, Action

_Soulreaperzone.com__Hai_to_Gnsou_no_Grmgar_-_02_SD_HS.mkv_snapshot_05.54_[2016.05.25_18.52.28]

Setelah Sword Art Online diadaptasi menjadi anime seketika tema Role Playing Game (RPG) menjadi tema yang paling populer di dunia anime dan muncul layaknya jamur di musim hujan. Wajar jika tema RPG sangat populer karena citra akan tema tersebut sudah terbentuk sejak lama dari game seperti Final Fantasy, Tales of, dan sebagainya. Para pelaku industri anime serta industri yang berkaitan melihat tema RPG sebagai lahan uang yang siap untuk dikeruk dari kantong penggemarnya, untuk tahun 2016 saja sudah banyak anime yang bergenre fantasi dengan mengambil tema RPG salah satunya adalah Hai to Gensou no Grimgar.

_Soulreaperzone.com__Hai_to_Gnsou_no_Grmgar_-_01_HD_HS.mkv_snapshot_07.06_[2016.05.25_18.51.22]

Grimgar mengambil cerita dari light novel buatan Ao Juumonji dengan ilustrasi dari Eiri Shirai, anime yang tayang dari 11 Januari 2016 sampai 28 Maret 2016 bercerita tentang kumpulan orang yang berada di dunia fantasi, mereka sebelumnya tidak mengingat masa lalu mereka dan menemukan dirinya berada di dunia fantasi bernama Grimgar. Mereka harus bertahan hidup dan berjuang untuk tetap selamat sambil bertarung melawan makhluk jahat karena jika mereka mati maka perjalanan hidup mereka usai tidak seperti game yang bisa diulang kembali. Cerita berfokus ke sebuah grup yang diisi oleh seorang thief bernama Haruhiro, Yume si hunter , Shihoru si magician, Ranta si knight, Manato si healer dan Moguzo si warrior.

_Soulreaperzone.com__Hai_to_Gnsou_no_Grmgar_-_04_HD_HS.mkv_snapshot_06.21_[2016.05.25_18.57.13]

Perspektif yang diambil dalam Grimgar berbeda dari anime yang bertema sejenis, ia bermain dengan pengembangan karakter lengkap dengan prosesnya serta menunjukkan betapa mengerikan dunia yang mereka tempati. Grimgar juga menggambarkan bahwa mengalahkan musuh yang paling lemah bisa menjadi sangat menyusahkan. Di atas kertas tema seperti ini memang menarik dan menantang untuk diolah lebih lanjut karena mengambil perspektif yang lebih dekat dengan dunia nyata meski berada di dunia RPG tetapi eksekusinya tidak berjalan demikian. Permasalahan utama pada Grimgar tentu saja dari pergerakan cerita yang sangat lambat, memang alur lambat dipilih untuk lebih menekankan sisi humanis dari dunia RPG dan mengeksplor sisi emosional dari karakter tetapi sayangnya hal tersebut memotong banyak sekali potensial yang bisa muncul seperti pengenalan lebih rinci akan dunia Grimgar seperti jenis monster, cerita kenapa banyak monster menyerang dan sebagainya.

_Soulreaperzone.com__Hai_to_Gnsou_no_Grmgar_-_08_HD_HS.mkv_snapshot_10.14_[2016.05.25_18.57.41]

Tujuan utama cerita tidak jelas dan untuk apa mereka masuk ke Grimgar juga tidak dijelaskan sampai di ending. Latar belakang kenapa mereka bisa masuk di Grimgar tidak diceritakan dan tiba-tiba mereka lupa semua kejadian yang terjadi di dunia sebelumnya sehingga Grimgar meninggalkan lubang cerita yang dalam. Setidaknya dengan menceritakan sedikit tentang dunia mereka sebelumnya akan menambah poin bagus dari anime ini tetapi hal tersebut tidak menceritakannya sampai akhir episode. Banyak dialog yang mengambil durasi terlalu lama dan kebanyakan tidak penting atau bisa menambah value dari cerita tersebut. Akhir dari anime ini juga dipaksakan untuk menjadi penutup seolah-olah episode sebelumnya memberikan pengaruh yang sedikit untuk bisa mempengaruhi episode terakhir. Ada beberapa adegan yang harusnya mempunyai dialog agar terkesan menyentuh tetapi malah diganti oleh lagu latar yang membuat kadar dramanya menurun drastis.

_Soulreaperzone.com__Hai_to_Gnsou_no_Grmgar_-_02_SD_HS.mkv_snapshot_16.41_[2016.05.25_18.55.32]

Seperti yang sudah diungkapkan Grimgar mengambil jalur lambat demi karakter tetapi sayangnya pengembangan karakter dalam anime ini sama lambatnya dengan kecepatan ceritanya. Anime ini hanya sibuk meratapi satu orang selama delapan episode demi membuat cerita terlihat dramatis tetapi malah terlihat sedikit bodoh karena motif yang dipakai untuk memicu pengembangan karakter dan cerita agar terlihat semakin mellow. Untuk membuat karakter lebih “hidup” mereka harus mematikan satu karakter dulu lengkap dengan segala melodramatikanya. Karakter di anime ini juga hanya beberapa yang terbangun dengan baik dari awal sisanya banyak yang terlihat under-develop seakan pengorbanan pace cerita demi karakter sia-sia karena kurang digarap dengan baik.

_Soulreaperzone.com__Hai_to_Gnsou_no_Grmgar_-_08_HD_HS.mkv_snapshot_08.03_[2016.05.25_19.03.37]

Secara kasat mata apa yang dilakukan oleh Grimgar adalah sebuah eksperimen terhadap tema RPG dimana ia memilih untuk  menurunkan kecepatan cerita semaksimal mungkin untuk memunculkan apa yang tidak ada di tema sejenis tetapi eksperimen tersebut gagal untuk menyampaikan apa yang terjadi secara jelas. Grimgar berjalan terlalu datar dengan alur yang begitu lurus dan konflik yang dimainkan bukan menjadi penambah tensi cerita malah menjadi racun cerita yang memabukkan. Untuk melihat suatu proses kesuksesan terkadang membutuhkan waktu yang lama sehingga proses itu bisa dinikmati tetapi jika terlalu lama maka kesuksesan yang diraih akan sia-sia karena dapat membuat orang jengkel.

_Soulreaperzone.com__Hai_to_Gnsou_no_Grmgar_-_08_HD_HS.mkv_snapshot_12.06_[2016.05.25_18.58.12]

4/10

Leave a Reply