EGOIST_Koutetsujou-no-Kabaneri

SINGLE REVIEW: EGOIST – KABANERI OF THE IRON FORTRESS

51jb8ilXmRL-400x397

EGOIST
KABANERI OF THE IRON FORTRESS
SONY, 2016
Genre: Anisong

*Di ruang meeting produksi Kabaneri*

“Eh, bikinin lagu dong buat anime Kabaneri”
“Boleh, emang temanya tentang apa?”
“Mirip mirip Shingeki no Kyojin gitu deh”
“Ya udah, mau pake yang mana enaknya proyekan yang EGOIST atau SUEPRCELL?”
“Terserah”
“Ya udah gw pake yang EGOIST ya”
“Eh jangan lupa kan ini animenya mirip Kyojin, lagu openingnya dibikin semirip mungkin ya sama lagu apa tuh yang mirip lagu militer”
“Oh, Guren no Yumiya”
“Nah itu, tolong bikinin semirip itu ya biar kesan mirip Kyojinnya berasa”
“Sip”

Percakapan fiktif tersebut memang bisa jadi benar adanya karena lagu baru dari EGOIST atau proyek electro dari ryo (supercell) memang mirip sekali dengan opening Shingeki no Kyojin yang legendaris tersebut yaitu “Guren no Yumiya”. Lagu yang dirilis pada 25 Mei 2016 ini sejatinya memang seperti lagu pembuka Kyojin dengan rasa EGOIST dengan menambahkan beat dubstep yang tidak pas dengan lagunya dan hanya jadi backsound di reff serta pattern nada yang hampir sama dengan “Namae No Nai Kaibutsu” tetapi lebih bebas, sisanya lagu ini memakai semua unsur yang ada di “Guren no Yumiya” atau “Jiyuu no Tsubasa” seperti paduan suara yang menimbulkan efek dramatis sekaligus menengangkan, musik yang dibuat begitu kolosal dan vokal tinggi untuk menimbulkan efek opera.

Banyak yang mengatakan bahwa Koutetsujou no Kabaneri mirip dengan Shingeki no Kyojin mulai dari segi cerita, pemilihan tone gambar sampai ke senjata dan adegan aksi yang dimunculkan. Karena hal tersebut EGOIST membuat versi sendiri dari “Guren no Yumiya” dan “Jiyuu no Tsubasa” agar kemiripan tersebut semakin terasa. Ada hal yang tidak bisa didapatkan oleh EGOIST dalam lagu ini, nada-nada yang terlalu loncat dengan pattern yang tidak tetap membuat EGOIST mempunyai kemungkinan kecil untuk mengulang kesuksesan dari kedua lagu tersebut. Jika memang yang dicari oleh lagu ini hanyalah menangkap semangat keepikan dari Shingeki no…..maksudnya Koutetsujou no Kabaneri maka sudah cukup tetapi pada akhirnya ini hanya akan menjadi lagu anisong biasa yang numpang lewat.

One thought on “SINGLE REVIEW: EGOIST – KABANERI OF THE IRON FORTRESS

Leave a Reply