2i75mqa

ALBUM REVIEW: SANDAIME J SOUL BROTHERS FROM EXILE TRIBE – THE JSB LEGACY

三代目 J Soul Brothers from EXILE TRIBE - THE JSB LEGACY

SANDAIME J SOUL BROTHERS FROM EXILE TRIBE
THE JSB LEGACY
RHYTHM ZONE, 2016
Genre: EDM, Ballad, Hip Hop, Pop, R&B

 

Berbicara soal dunia boyband Jepang pasti tidak jauh-jauh dengan Arashi. Jika dihitung dari total penjualan dan tingkat kepopuleran tidak ada yang mengalahkan Arashi dan sekutunya yang tergabung dalam Johnny’s Entertainment tetapi beberapa orang di Jepang sudah mulai bosan dengan dominasi boyband Johnny’s dan pelarian mereka jatuh kepada sebuah boyband didikan Exile yang diberi nama Sandaime J Soul Brothers from EXILE TRIBE.

Sandaime berhasil mencuri perhatian khalayak ramai karena menjadi representasi atas image boyband yang cool dan badass. Mereka juga memainkan musik yang lebih urban dan tentunya berkiblat kepada iklim musik pop saat ini, sesuatu yang hilang dari boyband Jepang dan muncul pada boyband Korea. Sandaime menjadi alternatif dari stereotip boyband yang terkesan good boy di sana dengan mengedepankan keglamoran musik serta dandanan mereka. Strategi ini berhasil membuat nama mereka melambung dan puncaknya adalah single mereka yang berjudul “R.Y.U.S.E.I.” yang terjual sebanyak lebih dari 1 juta kopi baik dari penjualan digital dan fisik. Lewat lagu ini mereka juga langsung diganjar berbagai macam penghargaan dan mendapat pujian karena berhasil merevitalisasi skena boyband di Jepang yang semakin tergerus karena idol. Misi mereka untuk menjadi saingan boyband Johnny’s semakin berhasil ketika album mereka “Planet Seven” menjadi album kedua terlaris di Jepang pada tahun 2015 persis dibawah Arashi yang keluar menjadi jawaranya. Demi menjaga momentum baik tersebut mereka langsung mengeluarkan album keenam mereka yang berjudul “The JSB Legacy” dengan harapan agar warisan mereka di album sebelumnya masih bisa dipakai dengan baik.

Untuk dapat menjaga warisan tersebut dengan baik mereka harus beradaptasi dengan lingkungan musik pop saat ini yang mendewakan EDM, alternative R&B, bunyi saksofon yang semarak dan tentunya reff yang maut dan hal tersebut mereka coba di berbagai macam lagu seperti “Share The Love” yang mirip dengan lagu The Black Eyed Peas “The Time (Dirty Bit) dengan hantaman saksofon di reff lagu, “Dream Girl” terdengar seperti versi Jepang dari “Problem” milik Ariana Grande dengan sedikit sensasi alternative R&B. Mereka mengumbar sisi hip hop mereka dengan gabungan trap, electro house dan moombathon dalam “J.S.B. Dream”. Nada yang glitchy, dosis hip hop yang maksimal untuk menunjukkan rasa swag dari mereka membuat  “Feel So Alive” adalah lagu paling eksperimental dan menunjukkan keunikan dari Sandaime yang menjadi pembeda dari boyband lain.

Dalam ranah pop modern mereka boleh berbicara banyak dan menjadi punggawanya tetapi tidak untuk nomor balada dan lambat. Kelemahan terbesar di album ini adalah mereka tidak mengesekusi track ballad dengan baik sehingga terdengar hanya numpang lewat dan tidak membekas seperti pada “starting over”, “unfair world”, dan “Born in the Exile”. Beberapa lagu upbeat juga tidak berjalan dengan mulus seperti “Summer Madness” yang berkolaborasi dengan Afrojack adalah EDM standar dengan drop yang biasa saja. “Break of Dawn” terdengar sedikit outdated karena memakai brostep didalamnya. Kesaktian Slash dalam memainkan riff gitar tidak dapat dimaanfatkan dengan baik oleh mereka dalam “Storm Rider”. “Beautiful Life” memakai pakem musik pop funk yang sedang populer tapi sayangnya berjalan terlalu biasa dan “Over and Over” yang terdengar kurang fokus dengan menambahkan trap di tengah lagu yang cukup menganggu.

Hal yang membuat kualitas album keenam mereka menurun daripada album sebelumnya adalah tidak adanya monster hit seperti R.Y.U.S.E.I. atau track inovatif seperti O.R.I.O.N. yang mencampurkan semua yang terbaik dalam musik EDM malah lagu cover dari lagu tema The Galaxy Express 999 adalah hal yang paling dekat dengan R.Y.U.S.E.I. tetapi dijadikan bonus track.

Mereka memang boleh menjadi garda terdepan dan unggulan jika berbicara soal image dan materi musik mereka apalagi judul lagu di album ini 98% memakai bahasa Inggris seolah menegaskan bahwa mereka sudah mengadaptasi musik barat secara maksimal, tetapi jika mereka menganggap bahwa album keenam ini adalah legacy dari apa yang mereka sudah lakukan dan menjadi senjata untuk menjadi boyband nomor satu di Jepang maka anggapan mereka bisa saja salah.

5/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Feel So Alive
  2. STORM RIDERS feat. SLASH
  3. Summer Madness
  4. Share The Love
  5. BREAK OF DAWN
  6. Unfair World
  7. Dream Girl
  8. Over & Over
  9. Beautiful Life
  10. Starting Over
  11. J.S.B. DREAM
  12. Born in the Exile
  13. The Galaxy Express 999 (Sandaime J Soul Brothers ver.) 「銀河鉄道999(三代目J Soul Brothers ver.)」(Bonus Track)

Leave a Reply