gundamthunderbolt

ANIME REVIEW: GUNDAM THUNDERBOLT

GUNDAM THUNDERBOLT
SUNRISE, 2015
Genre: Drama, War, Mecha

_Soulreaperzone.com__Mbile_Suit_Gndam_Thnderbolt_-_01_HD_Manko.mkv_snapshot_07.24_[2016.05.12_19.06.01].jpg

“Ketika kamu mendengar jazz, itu tanda bahwa aku datang”

Jazz adalah musik yang berasal dari New Orleans dan tumbuh pesat di era akhir abad ke-19 serta awal ke-20. Jazz mengandalkan gemuruh dari saksopon dengan padatnya bass serta kilatan bunyi drum serta piano yang membuat orang berdansa. Musik Jazz juga mampu membuat orang berdansa sekaligus menimbulkan rasa tenang dalam waktu bersamaan. Semangat dari musik Jazz yang kompleks tapi tetap membuat tubuh meliuk dipakai dalam mini seri terbaru Gundam yaitu Gundam Thunderbolt.

_Soulreaperzone.com__Mbile_Suit_Gndam_Thnderbolt_-_01_HD_Manko.mkv_snapshot_12.41_[2016.05.12_19.06.18]

Gundam Thunderbolt adalah seri Original Net Animation (ONA) terbaru dari seri Gundam. Serial ini telah dirilis di YouTube dari mulai 25 Desember 2015 sampai 22 April 2016 dan berjalan selama empat episode. Serial yang mengambil materialnya dari komik bercerita tentang perang antara Federation dan Zeon yang terjadi di sektor Thunderbolt. Io Fleming adalah salah satu pilot andalan dalam kubu Federation dan dia sangat mencintai musik jazz terutama fusion jazz. Ia bertemu dengan tentara Zeon bernama Daryl Lorenz yang ingin membalaskan dendamnya kepada Io karena membunuh teman-temannya. Kedua orang tersebut berperang demi menentukan siapa yang paling terkuat sambil mempertahankan idealisme masing-masing.

_Soulreaperzone.com__Mbile_Suit_Gndam_Thnderbolt_-_03_HD_Manko.mkv_snapshot_12.35_[2016.05.12_19.21.46]

Serial Gundam masih mempertahankan unsur vintage atau jadul meski sudah hidup di era modern tetapi itu yang membuat Gundam bertahan dan mampu melewati batas usia dan generasi dan Gundam Thunderbolt menjadi salah satu contoh konkritnya. Thunderbolt berjalan dengan format ONA yang merupakan pengembangan dari format OVA. Ia memperlakukan ONA bukan hanya sekedar media promosi atau menambahkan episode yang terkadang tidak nyambung dengan serial utamanya tetapi ia membuat cerita baru yang berbeda dengan seri utamanya dan membuat orang untuk kembali menonton serta menunggu episode berikutnya dari sebuah ONA.

_Soulreaperzone.com__Mbile_Suit_Gndam_Thnderbolt_-_02_HD_Manko.mkv_snapshot_08.15_[2016.05.12_19.12.13]

Melihat Gundam Thunderbolt seperti melihat pertunjukan teater musikal dan musik mempunyai peran penting dalam setiap episode yang ada. Episode dalam Thunderbolt diibaratkan sebagai Act dalam pertunjukan teater dengan segala ceritanya yang dramatis dan tentunya gemuruh musik yang sudah menjadi satu dengan karakter yang ada. Durasi seri ini hanya 16 menit di tiap episodenya tetapi waktu ini sudah cukup untuk menggambarkan apa yang terjadi dan sudah lengkap dengan cerita masa lalu yang menjadi awal pemicu konflik. Penggambaran masa lalu dibawakan dengan gaya yang megah serta melankolis, beberapa adegan juga terlihat memasukkan gaya psychedelic dan trippy sehingga membuat presentasi visual yang ada semakin unik dan eye catchy. Gundam Thunderbolt menunjukkan betapa kejinya perang dan menunjukkan bahwa perang sama-sama menimbulkan kerugian bagi kedua belah pihak, selain itu istilah “love & war” yang sering muncul dalam genre drama perang dibawakan dengan sangat baik dan menunjukkan bahwa ada keindahan dibalik pertempuran.

Dua karakter utama digambarkan sangat berbeda satu sama lain dan itu terpancar dari jenis musik kesukaan mereka. Pilot dari pihak Federation Io Fleming adalah seorang yang tak mengenal takut, flamboyan, besar kepala dan tak segan untuk menghabisi musuhnya sampai musnah seperti musik yang ia suka yaitu free jazz dimana musik tersebut mempunyai karakteristik yang tidak mengenal pakem, eksperimental serta terus menghajar pendengarnya dengan bunyi yang berantakan tetapi tetap ritmis, sedangkan pilot dari pihak Zeon Daryl Lorenz adalah seorang yang tenang, sabar dan menunggu momentum untuk menyerang seperti musik yang ia suka yaitu memphis soul dimana musik tersebut bermain di nada pelan, membuat tenang pendengarnya serta mengajak pendengarnya untuk terus mendengarkan demi mencapai nada tinggi yang menjadi klimaks lagu.

_Soulreaperzone.com__Mbile_Suit_Gndam_Thnderbolt_-_02_HD_Manko.mkv_snapshot_01.12_[2016.05.12_19.07.40]

Musik yang ada dalam Thunderbolt juga menjadi roh yang menghidupkan serial ini. Ia memilih musik di era 50’an sampai 70’an sebagai pakem musik yang mengiringi pertarungan dan memasukkan apa yang terbaik dari dekade tersebut seperti memphis soul, smooth jazz, free jazz, fusion jazz, bubblegum pop, sunshine pop, funk, folk dan easy listening. Pengaruh musik tersebut membuat serial ini terlihat mewah dan berkelas. Semua musik di dalam anime ini menyatu dengan berbagai adegan bahkan dialog sehingga menguatkan kesan drama musikal.

_Soulreaperzone.com__Mbile_Suit_Gndam_Thnderbolt_-_02_HD_Manko.mkv_snapshot_04.46_[2016.05.12_19.09.09]

Gundam Thunderbolt bukanlah sebuah proyek animasi biasa tetapi lebih ke proyek nyeni atau art project dari serial Gundam. Melihat Thunderbolt layaknya sebuah galeri seni dan segala yang ada di dalamnya termasuk robotnya menjadi instalasi seni. Serial ini memang tidak akan dimengerti oleh semua pihak terutama yang tidak pernah menonton Gundam sebelumnya tetapi kebanyakan karya seni yang bagus juga tidak dimengerti oleh semua orang bukan.

8/10

Leave a Reply