SINGLE REVIEW: RINA KATAHIRA – KETSURO

rinakatahiraketsuro

RINA KATAHIRA
Ketsuro
PONY CANYON, 2016
Genre: Pop Rock, Alternative Rock, Ballad

Rina Katahira mempunyai pengetahuan musik yang lebar untuk ukuran solois wanita Jepang yang mengedepankan permainan gitar akustik. Perempuan ini menyukai Alanis Morissette, Janis Joplin, Patti Smith, Tracy Chapman sampai Avril Lavigne. Pengaruh dari musisi tersebut tampak jelas dalam musik yang ia bawakan, dia bisa menjadi sangat liar seperti mencampurkan Alanis dan Avril ke dalam satu ruangan atau bisa menjadi sangat lembut seperti Tracy Chapman, Janis Joplin atau Patty Smith.

Pengaruh musik yang menggabungkan dua generasi terpancar jelas dalam lagu terbarunya berjudul “Ketsuro” yang menjadi lagu penutup untuk anime “Mayoiga”. Penyanyi yang digadang sebagai “The Next Yui” ini bermain tenang dengan halusnya musik folk dan country pop. Campuran musik 70an dengan imaji musik modern terdengar menyatu membentuk sebuah kesatuan yang membuat lagu semakin sendu. Musik 70an tergambar dengan sentuhan country yang ia berikan disini, bukan hanya itu dia juga memasukkan berbagai macam efek vintage untuk membuat suasana 70an semakin kuat seolah mendengar beberapa balada dari The Beatles di akhir karir mereka. Rina juga mengerti bahwa musik folk/country pada saat itu juga dipengaruhi oleh gospel maka dari itu ia sedikit memasukkan gospel untuk menambah keteduhan. Vokal dari Rina membuat lagu ini tidak terkesan tua, suara Rina yang bisa dikategorikan imut dan halus adalah perlambang musik Jepang di era sekarang dan menjadi perlambang tipe suara yang sedang dicari oleh industri musik Jepang. Lagu ini juga mirip dengan lagu Oasis yang berjudul “I’m Outta Time” dari segi musikalitas.

Rina Katahira bermain dengan sangat cerdas dalam lagu terbarunya. Cerdas karena dia bisa menggabungkan dua generasi musik yang ia suka dalam satu lagu. Rina bermain dengan sangat soulful seperti gadis yang sedang meluapkan perasaannya kepada rintik hujan yang jatuh membasahi. “Ketsuro” menjadi sebuah tanda bahwa Rina mempunyai musikalitas yang tidak sembarang dan jarang dimiliki oleh penyanyi seangkatannya. “Ketsuro” adalah sebuah tembang mellow yang berkualitas dan sukses menjadi salah satu lagu penutup anime terbaik sepanjang 2016.

LIRIK:

Tsuita kizu wa sono sabishisa wa
Ittai dare ga iyashitekureru no
Hito wa machiawaseta you ni deatteku

Zutto tsuyokunaru koto de kakikeshita
Itooshii kimochi ga afurete
Yatto hitori ga kowakunatta no

Tsurai nante omotteshimau nowa
Shiawase o shitte umareta kara

Tsuita kizu wa sono sabishisa wa
Ittai dare ga iyashitekureru darou?
Tsuita kizu ga sono sabishisa ga
Itsuka dareka o iyasu yasashisa ni kawaru
Dareka o iyasu yasashisa ni kawaru deshou

Tooku o mitu hanasu kako
Watashi wa tonari de kiiteru dake
Mite hanashite ashita wa
Tonari de warau kara nee

Machiawaseta you ni deatta
Yowakunatteyuku watashi o
Itoooshii kimochi de mamotte
Zutto hitori ga kowakatta no

Tsuita kizu wa sono sabishisa wa
Ittai dare ga iyashitekureru darou?
Tsuita kizu ga sono sabishisa ga
Itsuka dareka o iyasu yasashisa ni kawaru
Dareka o iyasu yasashisa ni kawaru deshou

Leave a Reply