utadahikaru1

SINGLE REVIEW: UTADA HIKARU – HANATABA WO KIMI NI/MANATSU NO TOORIAME

hanatabamanatsu

UTADA HIKARU
HANATABA WO KIMI NI/MANATSU NO TOORIAME
UNIVERSAL, 2016
Genre: Pop, Pop Rock, Ballad

Di dunia industri musik Jepang tidak ada yang bisa menyamai atau menyaingi Utada Hikaru, solois perempuan ini membuka jalan agar musik Jepang dikenal oleh dunia di era millenium. Dari awal karirnya saja ia sudah menggetarkan pasar musik Asia dengan album “First Love” yang berhasil terjual 11 juta kopi dan menjadi album terlaris sepanjang masa di Jepang. Tidak puas sampai disitu ia melanglang buana berkat partisipasinya dalam berbagai macam game dan anime seperi Kingdom Hearts, Final Fantasy dan Evangelion. Utada juga merilis dua album berbahasa Inggris berjudul “Exodus” dan “This is the One” yang diedarkan di Inggris dan Amerika Serikat. Berkat langkahnya yang berani menembus batas musik Utada menjadi nama yang selalu akrab dengan Asia di mata dunia.

Setelah menikmati masa-masa indah dalam dunia musik Utada menyatakan vakum dari industri musik dan menjalani masa-masa indah bersama suami barunya bernama Francesco Calianno serta menjadi seorang ibu bagi bayi laki-lakinya yang lahir pada Juli 2015 kemarin. Hasrat untuk kembali bermusik tidak bisa dibendung oleh Utada apalagi setelah menjalani masa istirahat selama lima tahun dan ia kembali lagi dengan single terbarunya yang berjudul “Hanataba wo Kimi ni” dan “Manatsu no Tooriame” yang dirilis bersamaan pada 15 April 2016 via digital download. Single ini merupakan pernyataan kembalinya Utada dari industri musik dan menjadi single pertama dalam 3 tahun terakhir sejak “Sakura Nagashi” pada 2012 yang menjadi lagu penutup Evangelion 3.0.

“Hanataba wo Kimi ni” atau “Kumpulan Bunga Untukmu” adalah sebuah balada piano yang mengambil jalur musik pop rock. Utada menyajikan “Hanataba wo Kimi ni” dalam balutan string yang mewah dan musik yang menyejukkan. Vokal Utada yang lembut menambah kualitas lagu yang didominasi oleh ketukan drum, biola dan piano. Meskipun lagu ini bertipe ballad tetapi Utada tidak membuat lagu ini menjadi lagu melankolis, dia menggubah lagu ini dengan aransemen medium sehingga terhindar dari kesan cengeng tetapi tetap menyentuh hati. Lagu ini mengembalikan citra Utada di awal karirnya dimana dia hanyalah seorang gadis yang ingin menyampaikan perasaannya lewat nomor-nomor slow dan mid tempo.

Sementara itu “Manatsu no Tooriame” atau “Hujan di Musim Panas” bermain di slow tempo dengan mengutamakan musik mellow yang mengedepankan piano dan orkestra. Pada lagu ini Utada kembali menunjukkan sisi eksperimentalnya yang sudah diterapkan di beberapa albumnya, sisi ini ditunjukkan dengan menambah beat ambient di bagian akhir lagu.

Kedua lagu ini mencerminkan dua bagian musikalistas Utada. Pada “Hanataba” Utada lebih condong untuk membuat lagu yang enak dengan mengembalikan rasa yang pernah dibuat pada era awal karirnya dan mengedepankan musik 90’s pop rock untuk menambah nilai easy listening. Sementara “Manatsu” lebih menunjukkan sisi eksperimental Utada di pertengahan karir bermusiknya di tengah pelannya alur musik. Kedua lagu ini dipersembahkan untuk penggemarnya yang sudah menunggu kembalinya Utada Hikaru ke telinga mereka dan tertulis pada lirik “Hanataba wo Kimi ni”.

Utada Hikaru menunjukkan kelenturannya dalam bermusik melalui dua single comeback ini. Dia bisa menjadi sangat pop atau bisa menjadi sangat nyeni dalam satu waktu, hal ini menunjukkan kapasitas Utada sebagai musisi yang serba bisa dan pandai membelokkan berbagai macam genre lagu namun masih dalam koridor pop. Lewat dua singlenya Utada siap untuk kembali mengguncang belantika musik Jepang dan mudah-mudahan album terbarunya muncul tidak lama setelah dua singlenya ini. Okaeri, Hikki-chan.

 


LIRIK:

Hanataba wo Kimi ni

Fudan kara MEIKU shinai kimi ga usugeshou shita asa
Hajimari to oawari no hazama de
Wasurenu yakusoku shita

Hanataba wo kimi ni okurou
Itooshii hito itooshii hito
Donna kotoba narabetemo
Shinjitsu niwa naranai kara
Kyou wa okurou namidairo no hanataba wo kimi ni

Mainichi no hitoshirenu kurou ya sabishimi mo naku
Tada tanoshii koto bakari dattara
Ai nante shirazu ni sunda noni na

Hanataba wo kimi ni okurou
Iitai koto iitai koto
Kitto yama hodo aru kedo
Kamidama shika shiranai mama
Kyou wa okurou namidairo no hanataba wo kimi ni

Ryoute demo kakaekirenai
Mabayui fuukei no kazukazu wo arigatou

Sekaijuu ga ame no hi mo
Kimi no egao ga boku taiyou datta yo
Ima wa tsutawaranakutemo
Shinjitsu niwa kawarinai sa
Dakishimete yo, tatta ichido sayonara no mae ni

Hanataba wo kimi ni okurou
Itooshii hito itooshii hito
Donna kotoba narabetemo
Kimi wo tataeru niwa tarinai kara
Kyou wa okurou namidairo no hanataba wo kimi ni

 

Manatsu no Tooriame

Yume no tochuu de me wo samashi
Mabuta tojitemo modorenai
Sakki made senmei datta sekai mou maboroshi

Asebanda watashi wo sotto dakiyosete
Takusan no hajimete wo fukaku kizunda

Yureru wakaba ni te wo nobashi
Anata ni omoi haseru toki
Itsu ni nattara kanashikunaku naru
Oshiete hoshii

Kyou watashi wa hitori ja nai shi
Sorenari ni shiawase de
Kore de ii n da to iikikaseteru kedo

Katenu ikusa ni ikigirashi
Anata ni mi wo kogashita hibi
Wasurechattara watashi ja naku naru
Oshiete tadashii SAYONARA no shikata wo

Dareka ni te wo nobashi
Anata ni omoi haseru toki
Kyou anata ni kikitai koto ga ippai
Afurete afurete

Kigi ga mebuku tsukihi meguru
Kawaranai kimochi wo tsutaetai
Jiyuu ni naru jiyuu ga aru
Tachitsukusu miokuribito no kage

Omoidetachi ga fui ni watashi wo
Ranbou ni tsukande hanasanai
Aishitemasu naomo fukaku
Furiyamanu mannatsu no tooriame

Yume no tochuu de me wo samashi
Mabuta tojitemo modorenai
Sakki made anata ga ita mirai
Tazunete ashita e

Zutto yamanai yamanai ame ni
Zutto ienai ienai kawaki

Leave a Reply