savage-garden

SINGLE REVIEW: SAVAGE GARDEN – I WANT YOU

I-Want-You-Savage-Garden

SAVAGE GARDEN
I WANT YOU 
COLUMBIA, 1996
Genre: Synthpop, Pop, Pop Rock

Savage Garden adalah salah satu artis pop yang paling terkenal di dekade 1990an. Duo yang terdiri dari Daniel Jones dan Darren Hayes ini melejit ke pasar musik dunia lewat single “Truly, Madly, Deeply” yang bernafaskan R&B dengan alunan musik soft rock dan adult contemporary. Sebelum mereka meroket dengan balada dari “Truly Madly Deeply” mereka terlebih dahulu mengeluarkan single “I Want You” yang menjadi single debut dan dirilis di negaranya sendiri yaitu Australia pada July 1996 dan dirilis di Amerika Serikat pada Februari 1997 dan duduk di peringkat 4 dalam chart Billboard Hot 100. Lagu ini kembali mendapat atensi khususnya pecinta anime karena menjadi lagu penutup keempat dari anime JoJo Bizarre Adventure dalam cerita “Diamond is Unbreakable”.

Secara garis besar “I Want You” adalah lagu synthpop. Lagu ini mempunyai nuansa new wave 80’an yang sangat kental dan sangat terpengaruh oleh karya Tears for Fears terutama di dua albumnya yaitu “The Hurting” dan “Songs from the Big Chair”. Beat lagu yang dihasilkan tidak terlalu kencang namun rapat dengan ketukan drum machine yang terus memimpin lagu sampai selesai. Meskipun lagu ini kental dengan nuansa 80’an mereka tidak lupa untuk menambahkan unsur 90’an pada lagu ini sehingga lagu terasa sesuai dengan jamannya dan tetap enak didengar di jaman sekarang. Lirik yang dibawakan oleh Darren Hayes juga terbilang amusing dan seducing dengan vokal yang husky namun terdengar soulful dan menjiwai lagu dengan sangat baik.

Lewat “I Want You” Savage Garden membuat ulang 80’an dalam musik 90’an, mereka mengambil influence yang setidaknya relevan dan tidak terdengar terlalu tua sehingga lagu ini bisa menembus era dan tetap enak didengarkan di jaman sekarang. Single debut Savage Garden memberikan lebih dari cukup dan membuktikan bahwa mereka bukan hanya bisa membuat balada seperti “Truly, Madly, Deeply”.

Leave a Reply