gundam7

ANIME REVIEW: MOBILE SUIT GUNDAM IRON BLOODED ORPHANS (G-TEKKETSU)

MOBILE SUIT GUNDAM IRON BLOODED ORPHANS/KIDOU SENSHI GUNDAM TEKKETSU NO ORPHANS
Genre: Mecha, Drama, Sci-Fi, Military, War, Action
SUNRISE, 2015

gundam3

Seri Gundam dalam medium serial TV sudah menawarkan banyak tema di dekade 2010an, dimulai dari Gundam AGE yang mencoba dengan sangat keras untuk menyatukan genre shounen dan seinen tetapi berujung ke kegagalan, Gundam Build Fighters yang merealisasikan mimpi basah pecinta super robot, Gundam-San yang memarodikan timeline UC dan Gundam Reconguista yang membingungkan. Regenerasi fans berhasil mereka lakukan karena keberagaman tema tersebut. Sekarang Sunrise selaku studio Gundam ingin membuat serial TV Gundam terbaru yang bisa ditonton oleh semua kalangan dan pecinta Gundam tentunya, Sunrise memanggil duo dibalik anime seperti Toradora! dan Ano Hana yaitu Tatsuyuki Nagai dan Mari Okada yang sukses di kalangan pecinta anime maupun yang tidak. Setelah mereka setuju untuk ikut proyek serial TV Gundam terbaru barulah Sunrise dengan bangga mengumumkan seri ke-14 dari robot yang menjadi ikon dunia dan diberi nama Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans (Kidou Senshi Gandamu Tekketsu no Orphan) atau disingkat G-Tekketsu. Serial ini adalah serial yang spesial karena ditayangkan secara bersamaan di Jepang dan di YouTube dan menjadi isyarat bahwa Gundam sudah siap untuk memberikan yang terbaik untuk penontonnya di seluruh dunia.

gundam8

G-Tekketsu mengambil cerita 300 tahun setelah perang besar antara koloni Bumi dan koloni di luar Bumi bernama “Calamity War”. Mars sudah dapat dihuni oleh manusia dan penduduknya menggantungkan ekonomi dan kehidupannya kepada penduduk Bumi. Penduk Mars ingin berdiri sendiri dan meminta kebebasan dengan menunjuk Kudelia Aina Bernstein sebagai penyampai kemerdekaan Mars kepada masyarakat Bumi. Kudelia dijaga oleh sebuah organisasi bernama Chryse Guard Security (CGS) yang berisikan anak-anak korban perang atau hidup dalam garis kemiskinan, pegawai CGS yaitu Mikazuki Augus dan Orga Itsuka berniat untuk melawan CGS dan membentuk organisasi baru bernama Tekkadan. Setelah mereka berhasil membuat organisasi tersebut mereka dihadapkan dengan organisasi militer Bumi bernama Gjallarhorn yang tidak ingin Kudelia selamat. Mika dan kawan-kawannya memulai perang mereka dengan bantuan sebuah mesin perang legendaris bernama Gundam Barbatos.

gundam9

Setelah Sunrise mengumumkan Tatsuyuki Nagai dan Mari Okada yang menjadi sutradara dan pembuat naskah banyak pihak yang meragukan kapabilitas mereka berdua dalam membuat cerita mecha dan sci-fi karena mereka lebih banyak menangani anime drama ketimbang anime dengan tema yang “berat”. Tetapi hal tersebut bukanlah menjadi batu sandungan malah mereka menjadikan drama tersebut sebagai mesin utama yang menggerakkan cerita dan menjadikan G-Tekketsu mempunyai rasa yang berbeda dengan serial Gundam yang lain. Drama yang ditampilkan bukanlah drama picisan atau drama yang dipaksakan melainkan drama perang yang sukses membangun dunianya dengan baik dan gamblang tanpa ada cerita yang membingungkan ataupun teori politik yang membingungkan, semuanya to the point dan juga disampaikan dengan gamblang. Cerita juga tidak melulu soal bunyi senjata dan deru mesin perang ataupun tentang manusia yang mempunyai kekuatan super yang bisa memahami satu sama lain sehingga cerita terlihat kasual tanpa perlu ada pemaksaan pemahaman terhadap serial Gundam sebelumnya dan dapat ditonton oleh semua orang.

gibo_violence-1200x675

Tema yang diambil oleh anime ini sangat baik dan peka terhadap keadaan dunia saat ini, G-Tekketsu bercerita berbagai macam hal yang berkaitan dengan perang dan permasalahan kehidupan modern seperti perang, perbudakan, tentara anak-anak, kemiskinan, korupsi, perebutan kekuasaan, permainan politik, ketamakan dan neo-kolonialisme. Banyaknya bahasan tersebut membuat serial ini menjadi semakin kaya dan dapat menggambarkan suasana di daerah perang dengan jelas. Anime ini juga menangkap tingkah laku dua generasi yang berbeda dimana generasi muda yang digambarkan dengan penuh idealisme, acak, memiliki semangat yang membara serta bekerja di depan layar dan generasi tua yang digambarkan dengan kekuasaan, strategi, teratur dan bekerja di balik layar.

gundam5

Pengembangan karakter merupakan poin penting dalam G-Tekketsu, pengembangan karakter yang rapi serta natural membuat anime ini mampu menjaga momentum cerita karena karakter diceritakan secara runut dengan backstory yang menyentuh dan humanis. Anime ini mampu membuat chemistry dan bond yang sangat kuat, ketua dari Tekkadan yang juga menjadi salah satu karakter highlight bernama Orga bukan hanya sebagai kapten kapal tapi juga sebagai kapten tim yang terus menerus berpikir bagaimana caranya agar organisasi yang ia kelola menjadi yang terdepan dari segi bisnis dan strategi, hal tersebut jarang terjadi di serial Gundam di mana kapten kapal juga bertindak sebagai orang yang menjalankan semuanya. Karakter lainnya juga dapat membangun unsur dramatis yang terus di umbar dalam anime ini tanpa melupakan action yang memanjakan mata.

gundam2

G-Tekketsu memberikan warna dan nafas baru dalam serial Gundam. G-Tekketsu juga tidak bermain terlalu ringan ataupun terlalu berat dan itu menjadi titik temu antara penonton lama dan penonton baru. G-Tekketsu pandai mencampurkan selera antara penonton anime modern dan beberapa pecinta Gundam (meski banyak yang mengatakan bahwa serial ini inkosisten) sehingga yang terjadi adalah sebuah serial yang mengikuti perkembangan jaman tanpa harus kehilangan esensi utama dari Gundam sendiri yaitu perang antar kepentingan dengan berbagai macam robot dan teknologi canggih. Musim pertama dari anime ini impresif dan memantapkan langkahnya menuju ke musim kedua, harapan yang tinggi tentunya dipertaruhkan di musim keduanya, mudah-mudahan di musim keduanya semua momen yang membuat serial ini extraordinary bisa dipertahankan. For now, let’s enjoy the fresh air of rusty machine with G-Tekketsu.

gundam4

8/10

Leave a Reply