boku-dake-ga-inai-machi-02-op1

ANIME REVIEW: BOKU DAKE GA INAI MACHI (ERASED)

[HorribleSubs] Boku dake ga Inai Machi - 05 [480p].mkv_snapshot_00.59_[2016.03.25_16.57.37]
BOKU DAKE GA INAI MACHI (ERASED)

A-1 PICTURES, 2016
Genre: Psychological, Mystery, Thriller, Suspense, Drama

Boku Dake ga Inai Machi atau Erased (jika melihat dari judul non-Jepang) merupakan salah satu anime yang paling ditunggu untuk diadaptasi menjadi sebuah anime, manga buatan Kei Sanbe ini sukses menjadi buah bibir karena cerita misteri dan suspense nya yang terus membuat orang menerka-nerka apa yang terjadi dengan si karakter utama dalam mencapai target yang ia inginkan. Ketika versi anime BokuMachi telah tayang, media sosial baik itu pecinta anime maupun yang bukan mulai membahas anime buatan A-1 Pictures ini karena berhasil membuat penonton penasaran dengan apa yang terjadi selanjutnya dalam kehidupan masa lampau dari para pameran serial ini.

_C12__Boku_dake_ga_Inai_Machi_-_08_2.mp4_snapshot_19.41_[2016.03.25_17.00.29]

BokuMachi menceritakan tentang Satoru Fujinuma yang mempunyai kekuatan untuk kembali ke masa lalu ketika bertemu suatu kejadian yang berbahaya. Cerita dimulai ketika Satoru menemukan bahwa ibunya telah dibunuh dan semua orang yang berada di tempat kejadian menuduh Satoru yang melakukan kejahatan tersebut. Satoru harus kembali ke 18 tahun yang lalu dan mencoba mencari tahu siapa yang telah membunuh ibunya sambil menyelamatkan beberapa temannya di masa lalu yang menjadi korban penculikan.

_C12__Boku_dake_ga_Inai_Machi_-_07.mp4_snapshot_00.15_[2016.03.25_16.59.09]

Beberapa hal teknis dalam anime ini dimainkan dengan cukup bagus terutama di bagian ketika Satoru mengingat atau kembali ke masa lalu dimana perbandingan gambar berubah menjadi perbandingan gambar pada film, penggambaran memori Satoru yang digambarkan seperti rol film dan beberapa aspek sinematis lainnya yang membuat suasana suspense di anime ini hidup tetapi tidak demikian dengan cerita dalam anime ini.

Ketika sebuah manga akan diadaptasi menjadi sebuah anime pastinya ada elemen yang hilang entah itu dalam kadar yang bisa dimaklumi atau dalam kadar yang sudah terlalu jauh dari sumber asli ceritanya. Di awal cerita, BokuMachi adalah anime yang sangat menjanjikan karena sanggup membuat penonton terus menunggu apa yang terjadi di episode selanjutnya dan sangat tepat dalam memotong cerita menuju ke episode berikutnya sehingga kesan suspense dan mystery tetap terjaga. Tetapi adaptasi dari anime ini hanya berjalan 12 episode dan itu membuat cerita menjadi terlalu cepat terutama ketika masuk ke pertengahan cerita.

[HorribleSubs] Boku dake ga Inai Machi - 09 [480p].mkv_snapshot_00.54_[2016.03.25_17.01.04]

Adaptasi dari anime ini menemui hambatan yang sangat besar dalam tiga episode terakhir yang memilih rute original ending. Memang anime ini mengambil langkah yang berani dengan memilih rute yang beresiko apalagi ketika episode terakhir dan bab terakhir manga nya hanya berjarak tiga minggu tetapi hasilnya tidak memuaskan dan dipaksakan. Interaksi antar karakter dan raison d’etre karakter antagonis dan protagonis yang diungkapkan dalam bagian terakhir anime ini terasa hampa dan tidak kuat dari segi penyampaian. Bagian terakhir dari cerita yang menjadi unsur vital karena menjelaskan semua yang terjadi diringkas dengan cara yang tidak tepat sehingga permainan emosi dan rasa penasaran yang telah dibawa dari episode sebelumnya terasa hilang. Pengembangan karakter pada anime ini sudah dijalankan dengan baik tetapi karena cerita terlalu terburu-buru beberapa karakter tidak dikembangkan secara maksimal seolah semua kejadian terjadi secara tiba-tiba.

[HorribleSubs] Boku dake ga Inai Machi - 09 [480p].mkv_snapshot_15.42_[2016.03.25_17.01.20]

Terlepas dari penonton yang sudah membaca manga ataupun yang belum versi anime dari BokuMachi memilih jalur yang salah yaitu original ending, menjadi salah karena tidak dibarengi dengan konsep yang kuat ataupun cerita yang matang sehingga bangunan yang bernama emosi serta suspense yang telah dibangun dari awal seolah hancur begitu saja karena ketidak matangan dan juga desakan waktu. Alih-alih menjadi suspense psychological thriller anime ini justru menjadi drama misteri biasa dengan ending yang begitu saja tanpa ada sesuatu yang masuk akal kenapa semua bisa terjadi seperti demikian. Meskipun dalam animenya Satoru bisa kembali ke masa lalu dan menyetir masa depannya versi anime dari BokuMachi tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri dari ketidak siapan dalam menyetir cerita.

_C12__Boku_dake_ga_Inai_Machi_-_08_2.mp4_snapshot_12.19_[2016.03.25_17.00.21]

5/10

3 thoughts on “ANIME REVIEW: BOKU DAKE GA INAI MACHI (ERASED)

  1. Kayaknya emang bener ya anime ini overrated. Rata rata reviewer lain juga mengeluh hal yang sama.
    Tapi di review ini ada kata raison d’etre nih. Jarang nih ane denger kata ini.
    Apa agan nonton Ergo Proxy juga?

    1. Kalo misalnya ada yg bilang overrated gw ga heran karena memang di awal anime ini impresif performanya tapi semakin ke sini ceritanya makin dipercepat dan jadilah seperti ini.

      Kalo menurut gw antara protagonis dan antagonis sama-sama punya alasan kuat untuk terus hidup dan melakukan tindak kejahatannya, kalo di komik alasannya dapet dan kuat banget karena dibarengi dialog dan situasi yang pas tapi di anime nya ga dituangkan secara maksimal

      Yap, gw udah selesai nonton ergo proxy dan itu salah satu anime terbaik (dan terberat) yg gw tonton, kalo itu emang konsep raison d’etre nya yang jadi konsep utama cerita bukan penguat cerita

Leave a Reply