konosuba-1

ANIME REVIEW: KONO SUBARASHII SEKAI NI SHUKUFUKU WO (KONOSUBA)

KONO SUBARASHII SEKAI NI SHUKUFUKU WO
STUDIO DEEN, 2016
Genre: Comedy, Action, Adventure, Fantasy

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo atau Konosuba merupakan sebuah kejutan dalam jajaran anime musim dingin 2016 kemarin. Tidak ada yang menyangka bahwa anime yang diadaptasi dari light novel  buatan Natsume Akatsuki  berhasil mencuri perhatian dan menjadi salah satu favorit pada musimnya.

konosuba 5

Konosuba bercerita tentang seorang NEET dan otaku bernama Kazuma yang hidup di dunia paralel bernuansa RPG setelah mendapati dirinya telah meninggal dengan konyol. Dia dipertemukan dengan seorang dewi yang cantik namun kasar bernama Aqua yang membimbing para jiwa yang meninggal muda. Ketika ditanya akan membawa apa Kazuma di dunia barunya dia memilih Aqua yang akan menemani dirinya di dunia baru tersebut. Selama cerita bergulir Kazuma mendapatkan ally yang tidak ia harapkan seperti Aqua yang ngambekan dan destruktif, Megumin yang tetap terlihat chuuni meski sudah ada di dunia fantasi yang diidamkan para chuuni dan Darkness yang merupakan versi maso dari karakter favorit dalam serial Fate yaitu Saber.

konosuba 4

Tidak heran jika anime ini langsung disukai oleh banyak orang karena premis awal dari cerita dan karakter disajikan dalam anime ini memang dibuat untuk memancing situasi komikal apalagi jika tahu beberapa meta dari anime/game RPG. Meski bercerita tentang dunia RPG, Konosuba bermain dengan antitesis dari cerita RPG dimana semua stereotip RPG dijungkir balikkan dan membuat situasi menjadi lucu dengan kemasan yang unik. Konosuba tidak mempunyai bumbu buatan yang dapat merusak rasa asli yang sudah dimasak dari awal seperti drama yang berlebihan atau tragedi yang tidak terkendali sehingga anime ini tetap fokus dalam memberikan komedinya, ada beberapa adegan yang memang terkesan serius namun keadaan seperti itu langsung diputar balikkan menjadi lucu-lucuan sehingga keseriusan menjadi hal yang mustahil dalam anime ini.

konosuba 3

Alur cerita Konosuba gampang diikuti dan terus mengalir tanpa ada hambatan. Anime ini hanya menitik beratkan tema “when RPG goes wrong” dan itu menjadikan pembeda dari anime sejenisnya. Konosuba juga berhasil diadaptasi dengan baik dari light novel nya karena ada beberapa joke atau situasi yang akan terasa garing atau tidak kena jika disampaikan secara tulisan.

konosuba 2

Karakter utama anime ini yaitu Kazuma menginginkan dunia RPG dimana dia menjadi jagoan dengan bantuan ally yang sudah dia kumpulkan namun yang terjadi malah sebaliknya sehingga dia merasa paling normal di antara orang-orang di dunia barunya, hal tersebut menjadi daya tarik utama karena Kazuma dibuat menjadi titik pusat segala kejadian yang terjadi. Karakter sampingan dan beberapa musuh di anime ini menjadi pendukung situasi komikal sehingga penonton terus disuguhi hal-hal yang kocak selama 10 episode.

[HorribleSubs] Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo! - 03 [480p].mkv_snapshot_16.04_[2016.03.24_14.08.28]

Dari segi teknis, Konosuba bukan tanpa cacat. Penggambaran beberapa karakter di beberapa adegan terlihat kurang proposional dan seolah ala kadarnya, terkadang animasi action sangat bagus tetapi ketika berbicara tentang pergerakan karakter baru terlihat kelemahan dari anime ini.

Konosuba hanya menampung cerita musim pertamanya dengan 10 episode, sebuah hal yang jarang dilakukan oleh sebuah serial anime saat ini dan terdengar cukup riskan tetapi untungnya anime ini tidak mempunyai plot yang jelas sehingga tidak terkesan terburu-buru atau terlalu cepat. Konosuba bukanlah anime yang berkualitas dari segi plot dan hanya memberikan cerita dan situasi yang jenaka, namun jika itu tujuan utamanya maka tontonan ini berhasil membawakannya dengan baik and enjoyable as it is.

7/10

Leave a Reply