scandal-yellow-header

ALBUM REVIEW: SCANDAL – YELLOW

SCANDAL+-+YELLOW

SCANDAL
YELLOW
EPIC, 2016
Genre: Pop, Pop Rock, Alternative Rock, Grunge
 

Jauh sebelum idol group merajalela dan membuat laki-laki terpesona akan keimutan tampang personilnya, Scandal sudah lebih dahulu merebut hati para lelaki lewat tampang mereka yang imut dan musik mereka yang mengedepankan pop rock yang energik. Scandal masuk ke major label di saat usia rata-rata mereka 18 tahun, karena hal tersebut tidak heran jika Scandal mempunyai penggemar yang banyak apalagi pada akhir 2000an penyuka musik Jepang tidak punya pilihan girl band yang banyak dengan usia personilnya yang masih belia.

Maju ke tahun 2016 mereka sudah menjadi band Jepang yang mempunyai banyak penggemar di luar Jepang, merilis 22 single dan 7 album dengan penjualan yang memuaskan, dan yang paling penting adalah usia personilnya sudah menginjak pertengahan 20an. Mereka ingin mencoba melepaskan image mereka

Setalah mereka mengeluarkan album “Hello World” pada akhir tahun 2014 kemarin mereka mengeluarkan kembali album baru yang menjadi album ketujuh mereka yang berjudul “Yellow” yang dirilis pada 2 Maret kemarin dan berada di posisi kedua di Jepang.

Materi di album ini ada yang mengambil musik alternative rock yang populer di era 90’an seperti nomor ballad pada “Morning Sun” yang dibuat dengan mengambil ritme britpop, reggae rock ala 311 pada “LOVE”, imbuhan ska rock pada “Konya wa Pizza Party”. Pada “Hebun no Kibun” yang mengingatkan akan Nirvana dan Manic Street Preachers era “The Holy Bible” menjadi sebuah pernyataan bahwa mereka sudah meninggalkan image manis mereka dan makin serius dalam bermusik dengan menampilkan nomor yang bold dan hard. Mereka masih bermain musik pop yang mengikuti jaman pada “Sisters” dan “Love Me Do”. Power pop yang berani dan lebih tebal dari album sebelumnya mereka pamerkan pada “Stamp!” dan “SUKI SUKI”. “Sunday Drive” bermain rapi dalam khasanah garage rock dengan mencomot beat drum dari Iggy Pop yaitu “Lush for Life” serta aroma The Strokes.

Scandal sadar mereka sudah bukan remaja lagi dan tidak bisa selamanya terjebak dalam musik yang hanya menjual pop rock yang imut dan mereka semakin dewasa dan berkembang pada album ketujuh mereka. Album ini merupakan album yang membawa mereka keluar dari zona nyaman mereka dengan bermain lebih kencang, berani dan lebih fokus dalam mengeksplorasi musik yang mereka mainkan yaitu alternative rock sehingga Scandal pada “Yellow” berbeda dari Scandal sebelumnya. Scandal dengan mantap keluar dari musik yang menjadi image mereka pada “Yellow” sekaligus menjadi bentuk selebrasi Scandal atas bertambahnya usia mereka serta bentuk penghargaan mereka kepada musik alternative rock dengan menampilkan materi yang matang dan konsisten.

7/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Room No.7
  2. Stamp!
  3. LOVE ME DO
  4. Morning Sun
  5. Sunday Drive
  6. Konya wa Pizza Party 「今夜はピザパーテぃー」
  7. Heaven na Kibun 「ヘブンな気分」
  8. SUKI-SUKI
  9. LOVE
  10. Sisters
  11. Happy Birthday
  12. Chiisana Honoo 「ちいさなほのお」
  13. Your song -English ver.-

Leave a Reply