claris

ALBUM REVIEW: CLARIS – SPRING TRACK -HARU NO UTA-

SECL-1857

CLARIS
SPRING TRACKS – HARU NO UTA-
SONY, 2016
Genre: Pop, Pop Rock, New Wave, J-Pop

Pada tahun 2015 duo J-pop ini mengalami banyak benturan ketika salah satu personilnya Alice memutukan untuk mundur, sontak para penggemar Clara dan Alice kaget akan hal ini dan perlahan para penggemarnya mulai meninggalkan duo ini. Para pembuat lagu langganan mereka juga ikut meninggalkan mereka dan terbukti dari single yang mereka keluarkan setelah “Border” hanya terpaku di 30 besar bukan 10 besar seperti yang mereka lakukan dulu. Namun itu tidak membuat duo ini patah semangat, setelah merekrut Karen untuk mengganti posisi Alice mereka melakukan perubahan dari segi bermusik dan itu tercermin di mini album terbaru mereka yang berjudul “Spring Track -Haru no Uta yang dirilis bersamaan dengan musim semi di Jepang. Mini album ini berisi 1 lagu original dan 4 lagu cover.

Lagu original mereka di album ini yaitu “Hira Hira Hirara” bermain di musik new wave dan cocok dibawakan oleh Taylor Swift pada album “1989”. Mereka melakukan tribute kepada sesama artis yang besar lewat Nico Nico Douga juga yaitu Supercell dalam “Sayonara Memories” yang diubah menjadi electropop begitu juga dengan lagu Nirgilis yang sempat menjadi lagu pembuka Eureka Seven yaitu “Sakura” dibawakan dengan mengikuti versi remix dari RAM RIDER pada album Girl (2007). “Ashita, Haru ga Kitara” dengan mantap dibawakan dalam nada pop rock. Lagu yang terkenal di era 80’an yaitu “Akai Sweet Pea” dinyanyikan ulang dalam suasana yang lebih meriah tanpa menghilangkan rasa pop 80’an. Vokal Clara dan Karen dalam album ini sedikit bisa dibedakan setelah sebelumnya suara mereka terkesan nyaru dan hampir mirip satu sama lain.

Pada mini album yang mendedikasikan dirinya pada musim semi, duo ini secara tidak langsung merubah dirinya menjadi lebih dewasa dengan vokal yang lebih matang dan musik yang lebih tebal tanpa kehilangan identitas pop manis yang sudah mereka emban dari album pertama. ClariS cukup pintar memilih lagu yang mereka bawakan ulang, lagu yang ada di album ini memang sudah matang dalam segi musik dan mereka membawakan musik yang matang tersebut dengan gaya mereka sehingga terjadi perpaduan yang unik antara musikalitas dan kelembutan vokal mereka. Mini album ClariS bukan hanya sekedar mini cover album biasa, pendewasaan dalam bermusik juga mereka hadirkan di sini sehingga ClariS seolah bisa melepas bayang-bayang Alice dan menggaet pendengarnya kembali lewat materi yang bagus ini. Jika suasana dan materi seperti ini dibawa terus sampai album penuh pertama mereka nanti tanpa Alice bukan tidak mungkin ClariS akan kembali merebut hati pendengarnya dengan musik yang lebih mature.

7/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Hira Hira Hirara 「ひらひらひらら」
  2. Sayonara Memories 「さよならメモリーズ」
  3. sakura
  4. Ashita, Haru ga Kita Kara 「明日、春が来たから」
  5. Akai Sweet Pea 「赤いスイートピー」

Leave a Reply