flowband

ALBUM REVIEW: FLOW – #10

FLOW - #10.jpeg

FLOW
#10
KI/OON, 2016
Genre: Alternative Rock, Nu Metal, Anisong, Hard Rock, Mixture Rock, Pop Punk

Flow adalah sebuah band yang menikmati masa jayanya ketika genre pop punk dan mixture rock menguasai tangga lagu di Jepang dalam bidang rock. Album mereka yang dirilis pada awal sampai akhir tahun 2000an masuk ke posisi 10 besar di Jepang, mereka juga mendapat gelar legenda band anisong berkat mengisi banyak sekali judul anime terkenal seperti Eureka Seven, Naruto, Nanatsu no Taizai, Durarara!!, Code Geass dan terkadang mengisi soundtrack anime tersebut bukan hanya sekali tapi dua kali bahkan tiga kali. Namun memasuki dekade 2010an band ini menemukan banyak sekali hambatan apalagi ketika skema music sudah berubah dan rock lebih menyukai musik alternative rock dan kawaii metal. Tiga album yang mereka rilis di dekade 2010an hanya tertahan di posisi 40 besar bahkan kompilasi lagu anisong mereka yang terbaru hanya berada di posisi 35. Mereka mencoba cuek dengan hal tersebut dan membuat album baru mereka yang merupakan album ke 10 mereka dan menjadi penanda bahwa mereka masih mempunyai kekuatan untuk lanjut meskipun umur personilnya sudah menginjak kepala empat. Dalam album kesepuluh yang diberi judul #10 (Ten) ini Flow mengajak 10 kolaborator dalam 10 track yang ada di album ini, sepuluh kolaborator yang diajak Flow mempunyai latar belakang genre yang berbeda mulai dari rock, metal, electronic sampai traditional music.

Mereka berkolaborasi bersama HISAISHI dari GLAY dalam “Oblivion” yang memainkan musik hard rock. Steppin’ Out” yang dibuat bersama Toku dari GARNiDELiA bermain rapi di ranah J-Pop dengan beat yang dancy serta sound synth khas Toku. “Chimimouryou” yang memasukkan gitar shamisen dari Yoshida Brothers sehingga terdengar unik dan nyentrik (terutama bunyi shamisen yang terdengar seperti teknik bone guitar yang sering dipakai musisi saat ini). Dua nomor mellow disini dimainkan dengan cukup baik seperti dalam “Hikari Oikakete -Crystal Lake Mix” yang memakai bantuan orkestra yang sederhana namun megah dan tembang power ballad “Good Days -Kimi wo Wasurenai” yang panjang namun bisa membawa pendengar mau mendengarkan sampai selesai.

Beberapa kolaborator memang memberi warna baru terhadap musik Flow tapi tidak semuanya seperti itu karena di beberapa track yang harusnya Flow bisa keluar dari jalur mereka malah menjadi dipaksakan agar bisa mendekati trademark Flow seperti pada track kolaborasi bersama TeddyLoid pada “Dark Shadow” yang seharusnya bisa menjadi electro-rock malah menjadi track yang nanggung antara dubstep dan pop punk sehingga terdengar seperti band emo yang memainkan formula yang sama. “Decathlon” yang menampilkan beatbox dari AFRA mempunyai groove yang asyik di awal namun berakhir dengan rap rock yang outdated. “Joy To The World” yang berkolaborasi dengan band hardcore Kiba of Akiba terdengar terlalu cheesy dan “World Symphony” terasa seperti versi update dari “Go!”.

Banyaknya kolaborator mempunyai efek yang cukup fatal karena semua kolaborator harus mencoba mengikuti gaya Flow yang keras dengan musik yang cukup outdated sehingga beberapa lagu terdengar berantakan dan tidak lebih hanya bermain keras tanpa ada hook yang maksimal. Flow juga memainkan musiknya seperti anak usia 20an namun musiknya sendiri sudah banyak dipakai oleh band yang usianya lebih muda dari mereka dengan pembawaan yang lebih bagus dan matang. Dengan mengundang banyak teman Flow memang tidak kehilangan identitasnya namun mereka kehilangan banyak nomor yang enak didengar serta menohok untuk merebut kembali perhatian pendengar yang sudah perlahan berpaling dari mereka, album ini akan lebih baik jika mereka mau lebih dewasa dan sedikit berkompromi dengan situasi musik rock Jepang saat ini.

4/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Niji no Sora -Album Version- 「虹の空」
  2. Oblivion feat. HISASHI (GLAY)
  3. DARK SHADOW feat. TeddyLoid
  4. Steppin’ Out
  5. Hikari Oikakete -Crsytal Lake mix- 「光追いかけて」
  6. Chimimouryou 「魑魅魍魎」
  7. DECATHLON feat. AFRA
  8. JOY TO THE WORLD feat. キバオブアキバ
  9. World Symphony
  10. Good Days ~Kimi wo Wasurenai~ 「君を忘れない」

Leave a Reply