20150213

ALBUM REVIEW: MISIA – LOVE BEBOP

misia love bebop

MISIA
LOVE BEBOP
ARIOLA JAPAN, 2016
Genre: Pop, Dance, R&B, Jazz, Soul, EDM

Penyanyi yang melejit berkat suaranya yang langka untuk ukuran solois Jepang dan menjadi superstar R&B Jepang pertama ini sedikit redup pada pertengahan dekade 2010an, dia kembali mendapat perhatian setelah menyanyikan lagu untuk serial anime Gundam Iron Blooded Orphans berjudul “Orphans no Namida” yang sesuai dengan tema Gundamnya. Untuk menjaga momentum tersebut Misia mengeluarkan album keduabelasnya pada Januari kemarin dan diberi nama “Love Bebop” dan menduduki posisi 10 besar di Jepang.

Love Bebop dibagi menjadi dua kubu yaitu kubu non-electro dan electro. Di kubu non-electro Misia mengeluarkan nada-nada tingginya dalam lagu “Shiroi Kisetsu” dan “Nagareboshi”. Musik R&B ala Mariah Carey dimainkan dalam “Anata ni Smile”. “Orphans no Namida” adalah lagu yang paling menonjol dalam album ini, lagu yang menjadi soundtrack Gundam Iron Blooded Orphans membuktikan kelantangan suara Misia dengan musik blues jazz dengan lantunan orkestra yang membuat lagu ini megah sekaligus tragis, suara Misia dan gitar akustik berpadu dalam “Hana” yang terdengar mellow namun Misia masih memainkan power nya. “Ashita wa Motto Suki ni Naru” adala track pop rock dengan sedikit sentuhan country. “Sakura Hitohira”, sound R&B yang kekinian Misia coba dalam “Candle of Life” Nomor upbeat disini juga enak didengar seperti “Mayonaka no Hide And Seek” yang jazzy dan “Oh Lovely Day” yang terpengaruh oleh musik fusion jazz dan funk. Berpindah ke genre electro yang diselipkan dalam album ini ada “Butterfly Butterfly” yang bermain di ranah electro swing dan mencampurkan beat ala Disclosure di tengah lagu, “Love Bebop” mencoba bermain di moombathon dan house pada “Freedom” yang sayang sekali kurang dimanfaatkan dengan baik oleh Misia karena vokalnya terlalu tinggi untuk lagu ini.

Dalam album kedua belasnya, penyanyi yang sering dijuluki golden voice of Japan ini tidak melakukan eksplorasi yang signifikan dengan genre yang sesuai dengan tipe vokalnya yatu R&B atau Soul. Ketigabelas track di album ini bermain di jalur aman yaitu jalur pop dan jalur ini seperti dua mata pisau, di satu sisi flow dari semua track ini enak didengar namun di satu sisi minimnya track yang standout dan benar-benar membawa Misia lebih tinggi lagi menjadi nilai kurang karena terlalu bermain di zona aman apalagi beberapa percobaan EDM nya sedikit meleset. Love Bebop adalah sebuah album dimana Misia just being Misia dan album ini hanya berisi lagu yang catchy tapi tidak cukup untuk membawa Misia untuk mengeskplor genre yang ia geluti lebih dalam lagi.

6/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Anata ni Smile 🙂
  2. Butterfly Butterfly
  3. Love Bebop
  4. Orphans no Namida (Long Version)
  5. Mayonaka no Hide and Seek
  6. Shiroi Kisetsu
  7. Hana
  8. Ashita wa Motto Suki ni Naru
  9. Oh Lovely Day
  10. Freedom
  11. Sakura Hitohira
  12. Candle of Life
  13. Nagareboshi

Leave a Reply