jkt-beginner

ALBUM REVIEW: JKT48 – BEGINNER EP

JKT48 - Beginner

JKT48
BEGINNER – EP
HITS RECORDS, 2016
Genre: Idol Pop

AKB48 pernah mencoba untuk menjadi sangat Amerika dalam lagu “River” yang terinspirasi dari sound new jack swing dan menciptakan “Rhythm Nation” versi mereka sendiri. AKB48 mencoba membuat musik yang sedikit urban dan terdengar cool and swag dalam “Beginner” yang terdengar seperti lagu Katy Perry “E.T.” dan Karmin “Acapella”. Lagu ini aslinya dirilis pada 27 Oktober 2010 dan dialih bahasakan oleh sister group nya di Indonesianya yaitu JKT48 pada Januari kemarin dan dikemas dalam kemasan mini album atau mungkin bisa disebut EP agar terlihat keren sedikit.

Permasalahan yang terjadi pada idol group ini (jika memang tidak mau disebut girl band atau apalah yang mendekati) selalu sama dan tidak berubah dari setiap single yang mereka rilis yaitu dari lirik karena mereka hanyalah membawakan ulang lagu dari “kakak” mereka di Jepang dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan level terjemahan setingkat dengan Google Translate karena perbedaan makna, maksud, diksi dan sebagainya antara Indonesia dan Jepang dengan judul lagu yang sedikit dipaksakan seperti “Kesepakatan Gencatan Senjata” dan “Suka! Suka! Skip!” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang menjadi “Suki! Suki! Skip!” dan masih mempunyai rima. Mastering vokal di EP ini juga tidak tahu kenapa terdengar lebih kencang dan kasar ketimbang musiknya seperti terkena loudness war.

Ok, mungkin itu adalah masalah klasik dan tidak bisa diubah karena mereka hanya menerima materi dari Jepang dan tidak mau mencari komposer lokal yang sesuai dengan gaya mereka atau setidaknya mempunyai lirik yang benar at least in this EP their lyrics improving a bit dan bisa didengar di lagu “Punggung Milikmu” dan “Kesepakatan Gencatan Senjata”. Now, let’s talk about their music. “Beginner” mempunyai nuansa Amerika yang kuat dengan pengaruh produksi hip hop. “Punggung Milikmu” dan “Suka! Suka! Skip!” mempunyai kesan musik idol pemicu chant oi! oi! oi! yang kuat. “Kesepakatan Gencatan Senjata” bermain di ranah pop rock yang cepat dan track yang sedikit membingungkan yaitu “Punkish” yang bermain di musik punk rock (ya genre yang dibuat sebagai bentuk anti-kemapanan dan anti-konsumerisme), pada lagu ini mereka bernyanyi secara berjamaah (tapi ada beberapa member yang mencoba menjadi Tantri Kotak di beberapa bait) dan beberapa lirik tidak terdengar karena ada beberapa bait yang panjang tapi tempo lagu semakin cepat. Untungnya “Beginner” versi Inggris menerapkan kesinambungan antara lagu dan lirik meski mereka bernyanyi dengan logat Indonesia yang ketara.

Ah, berbicara soal JKT48 tak ubahnya berbicara tentang lirik dan lagu yang memang terkesan dipaksakan dan Beginner masih menyimpan masalah tersebut. Memang di beberapa titik JKT48 Team belajar untuk membuat lirik yang lebih baik namun karena mereka juga harus mengikuti materi aslinya jadi perubahannya hanya sedikit saja dan lirik “Ngga perlu banyak mikir” yang mereka utarakan dengan lantang seperti itulah menikmati EP terbaru mereka ini.

3/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Beginner
  2. Punggung Milikmu (Kimi no Senaka)
  3. Punkish
  4. Kesepakatan Gencatan Senjata (Kyusen Kyoutei)
  5. Suka! Suka! Skip! (Suki! Suki! Skip!)
  6. Beginner (English Version)

2 thoughts on “ALBUM REVIEW: JKT48 – BEGINNER EP

Leave a Reply