vlcsnap-2016-02-09-19h06m59s57

ANIME REVIEW: NOBLESSE: AWAKENING

vlcsnap-2016-02-09-19h09m03s10

NOBLESSE: AWAKENING
2016
Studio: PRODUCTION I.G.
Genre: Action, Supernatural, Vampire, School

Kepopuleran webtoon atau komik yang dipublikasikan via internet sudah merambah sampai di luar negara pencetus komik ini yaitu Korea Selatan. Platform komik gaya baru yang diluncurkan pada tahun 2003 ini dengan sekejap menjadi trend baru membaca komik terutama di Indonesia ketika layanan ini diperkenalkan ke publik pada tahun lalu lewat sebuah aplikasi yang menjadi cabang dari aplikasi chatting populer saat ini yaitu LINE Webtoon. LINE Webtoon dengan sekejap mampu mencuri hati masyarakat awam lewat manhwa (komik buatan Korea Selatan) yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia serta beberapa karya lokal yang masuk ke dalam LINE Webtoon. Salah satu manhwa yang mencuri perhatian  pembaca setia Webtoon yaitu “Noblesse”, menurut statistik di LINE Webtoon versi Indonesia manhwa buatan Jeho Son dan Kwangsu Lee ini telah berhasil mengumpulkan rate 9.78 dari 10 dan setiap babnya berhasil mendapatkan lebih dari 15 ribu like. Karena kepopulerannya tersebut manhwa ini dibuat versi anime oleh salah satu studio legendaris di Jepang yaitu Production I.G. (Blood+, Ghost in the Shell, xxxHolic, Haikyuu!!) dan diedarkan via aplikasi Line sehingga membuat anime ini mempunyai format ONA atau Original Net Animation.

vlcsnap-2016-02-09-19h06m21s182

Noblesse bercerita tentang seorang vampir bernama Cadis Etrama di Raizel atau Rai yang terbangun dari tidur panjangnya selama 820 tahun. Ia harus memulai hidup barunya sebagai pelajar di sekolah yang didirikan pelayan setianya. Namun hari-harinya terganggu dengan munculnya serangan-serangan misterius dari kelompok yang menyebut dirinya “Unions”. Rai dan pelayan setianya bernama Frankenstein berjibaku untuk menyelamatkan manusia yang menjadi teman Rai dari serangan misterius.

vlcsnap-2016-02-09-19h08m13s38

ONA ini mempunyai durasi 31 menit (sudah termasuk adegan pembuka dan credit anime ini) dan itu adalah waktu yang terbatas itu dibutuhkan untuk membawakan prolog dari manhwa ini dan hasilnya cukup memuaskan. Production I.G. lagi-lagi memberikan sentuhan magisnya dalam mengerjakan Noblesse dan bisa dilihat dari scene pertarungan serta visually stunning action dengan permainan yang cepat serta beberapa efek yang cukup menimbulkan decak kagum dari penontonnya. Karena keterbatasan waktu maka cerita Noblesse sedikit lompat dan dapat membingungkan penonton di beberapa titik. Karakter Noblesse juga berpotensi digilai oleh para penonton kaum hawa karena penggambaran dua karakter utama ini memang tipe gambar yang menarik untuk perempuan.

vlcsnap-2016-02-09-19h09m29s254

Noblesse: Awakening adalah sebuah prolog yang cukup menyenangkan untuk ditonton, selain cara distribusi anime ini terbilang baru namun, 31 menit yang diberikan oleh anime ini mampu dibawakan dengan rapi dan tanpa bertele-tele dan mereka mampu menjawab tantangan sebuah anime pendek. Jikalau ONA ini berhasil menjadi sebuah serial dan masih ditangani oleh studio yang sama maka serial dari anime ini patut ditunggu dan tantangannya jika anime ini berhasil menjadi serial adalah menyeimbangkan fans perempuan yang menikmati karakter cowoknya dengan fans laki-laki yang menikmati action, jika tantangan itu berhasil maka Noblesse adalah salah satu contoh terbaik dalam menyeimbangkan kedua fandom, but for now let’s enjoy this action-packed prologue.

7/10

Leave a Reply