the-oral-cigarettes

ALBUM REVIEW: THE ORAL CIGARETTES – FIXION

fixion

THE ORAL CIGARETTES
FIXION
A-SKETCH, 2016
 Genre: Alternative Rock, Indie Rock, Pop Rock

The Oral Cigarettes memulai karirnya dari band indie dan sudah merekam dua album secara indie lalu memenangkan kompetisi pencarian band yang diselenggarakan oleh MASH dan dikontrak oleh label kepunyaan Amuse yaitu A-Sketch dan mengeluarkan album pertama mereka di bawah A-Sketch berjudul “The BKW Show!!” pada tahun 2014 dan meraih posisi 20 di Jepang. Popularitas band yang berisikan Takuya Yamanaka, Akirakani Akira, Shigenobu Suzuki, dan Masaya Nakanishi ini melesat naik di penghujung tahun 2015  berkat partisipasi mereka dalam mengisi lagu pembuka musim kedua dari anime Noragami yaitu “Noragami Aragoto” yang berhasil menjadi salah satu anime terpopuler di 2015 dan menyanyikan “Kyouran Hey Kids!!”. Lewat lagu tersebut mereka berhasil mendapatkan fans baru bukan hanya dari Jepang namun dari seluruh dunia berkat lagu-lagu mereka yang bisa dinikmati oleh siapapun di seluruh dunia via YouTube. Seolah tak mau kehilangan momentum mereka langsung merilis album kedua mereka yang berjudul “FIXION” dengan jarak kurang dari dua bulan semenjak mereka merilis “Kyouran Hey Kids!!” dan hasilnya album ini melesat ke posisi 6 di Jepang. The Oral Cigarettes mengisi 10 track dalam “Fixion” dengan sentuhan musik alternative rock/garage rock revival yang tumbuh subur di pertengahan 2000an.

Kidzukeyo Baby” mempunyai musik yang dipengaruhi oleh indie rock Inggris pertengahan tahun 2000an yang dancy dengan permainan skeletal guitar dan progresi musik yang asyik di bagian bridge. Kyouran Hey Kids” bermain di ranah post-punk dengan beat yang menjorok ke dance rock berkat manipulasi dari hentakan drum machine. “Mirror” dan “Stay One” seolah membawa kembali permainan cepat Bloc Party dalam album “Silent Alarm” dan “Intimacy”. Vokal Takuya naik saat menyanyikan “Amy” yang mempunyai chorus yang begitu grand,  permaian gitar yang melodis dan radio ready serta lirik yang dalam. Semangat post-punk revival mereka bawakan dalam “A-E-U-I”. Funk rock yang mempunyai riff gitar yang asyik namun tetap bernyali mereka keluarkan dalam “Kantanna Koto” dan “Manner Mode”. Track penutup “Everything” mempunyai musik pop rock yang grand dengan sedikit sentuhan power pop didalamnya.

“FIXION” bukan hanya sekedar “Kyouran Hey Kids”, mereka mempunyai banyak materi yang bagus selain lagu terebut, mendengar album baru The Oral Cigarettes terasa seperti mendengarkan album band UK pada era pertengahan 2000an dimana Bloc Party, The Cribs, Kaiser Chiefs, The Courteneers, The Enemy dan band alternative rock lainnya merajai musik dunia dengan sensasi musik yang segar dan mengandalkan instrumen gitar yang keras diiringi dengan ketukan drum yang kencang namun tetap ritmis. “Fixion” menjadi semacam pembuktian bahwa musik alternative Jepang bukan hanya sekedar menjual musik yang keras saja, mereka membawa musik tersebut menjadi sesuatu yang lebih enak didengar dan mempunyai kadar adiktif yang tinggi dan itu sulit dilakukan oleh teman selabel mereka yaitu One Ok Rock yang sudah terjebak dalam American pop punk dan Flumpool yang arah musiknya terjebak dalam pop rock dan terkadang suka melakukan eksperimen yang out of place. The Oral Cigarettes membuktikan bahwa nostalgia bisa diulang dengan kemasan yang lebih fresh sehingga menjadi suatu sajian yang menyenangkan di kuping.

8/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Kidzukeyo Baby「気づけよ Baby
  2. Kyouran Hey Kids!!「狂乱Hey Kids!!
  3. MIRROR
  4. STAY ONE
  5. Amy「エイミー」
  6. Manner Mode「マナーモード」
  7. Toori Sugita Kisetsu no Sora de「通り過ぎた季節の空で」
  8. Kantanna Koto 「カンタンナコト」
  9. A-E-U-I
  10. Everything

2 thoughts on “ALBUM REVIEW: THE ORAL CIGARETTES – FIXION

  1. aku sih gak paham banget soal jenis musik. tapi emang menurutku the oral cigarette masih memasukkan sisi khas jepang dalam lagu mereka sedangkan one ok rock kayak ngelepasin sisi jepang mereka dan sayang banget menurutku. tapi pada dasarnya vokal dari kedua vokalis band ini emang bagus di atas rata-rata sih.

Leave a Reply