ALBUM REVIEW: SOPHIE – PRODUCT

41761-product

SOPHIE
PRODUCT
NUMBERS, 2015
Genre: Bubblegum Bass, Electropop, Wonky, Experimental

Produser asal UK ini sukses membuat jagat musik terheran-heran karena berhasil membuat musik dengan beat yang aneh, bouncy, experimental namun tetap catchy. SOPHIE sebenarnya bisa saja menjadi IDM dalam album ini karena syarat untuk menjadi musisi IDM sudah terpenuhi jika dia membuang catchy ke dalam musiknya, namun SOPHIE menolak term tersebut malah dia mencampurkan hal tersebut dengan kemanisan pop sehingga muncul sebuah album kompilasi yang memuat karya terdahulunya yang ia beri nama “Product”.

Ada alasan kenapa album ini menamakan albumnya dengan judul “Product”, semua lagu yang ada di album ini seolah seperti sebuah produk sintetis hasil olahan dari berbagai macam musik mulai dari pop, electropop, dubstep, trap, glitch dan berbagai macam sound effect, semua itu dicampur dengan tambahan efek vokal yang ditinggikan ataupun diturunkan sehingga ambiguitas juga menjadi salah satu produk di album ini. Contoh paling nyata adalah track yang membuat nama produser ini melambung yaitu “Lemonade”, lagu yang bercerita tentang perasaan tegang ketika bertemu seseorang yang disukai digubah dengan aransemen yang nyeleneh untuk ukuran musik pop. Sophie menabrak pakem musik dengan menaikkan sound bass dan membuat vokal yang terdengar cempreng ala Hatsune Miku dengan tambahan sound effect seperti buihan soda dan didihan air sehingga muncullah satu track unik yang atmosferik namun juga aneh.

“Bipp”, mencoba manuver yang sudah M.I.A. pernah lakukan pada album “Kala” dan “Arular” namun dengan bass yang lebih ketara dan lebih menghentak dengan vokal R&B yang dimanipulasi. “MSMSMSM” adalah trap music yang spesial karena beat yang ada di lagu ini mengambil pakem trap namun ia mencampurkannya dengan game music. “Just Like We Never Said Goodbye” adalah tribute to 80’s pop dengan sentuhan musik minimalis dan hanya mengandalkan permainan synth yang ritmis. “Hard” mempunyai fondasi dancehall sebelum dibelokkan dengan berbagai macam unsur seperti musik dari Dance Dance Revolution, vokal yang imut, deep bass dan beat-beat yang glitchy. “Vyzee” adalah track setidaknya paling pop dalam album ini karena mempunyai nuansa dance pop yang kental dan sering dipakai di lagu-lagu hits namun tetap dalam gaya quirky khas SOPHIE.

Tidak semua lagu di album ini mempunyai nafas bubblegum pop yang mampu membuat orang mengernyitkan dahinya, SOPHIE masih menyimpan amunisi experiment music nya dalam “Elle”, namun semuanya tidak terdengar berat karena dia memasukkan pop di dalamnya sehingga terdengar bitter-sweet. “L.O.V.E.” adalah SOPHIE ketika dia ingin melakukan musik ala Aphex Twin dengan noise yang mengingatkan akan “Ventolin” namun SOPHIE memasukkan musik 8-bit ditengah lagu sebelum kembali memainkan noise.

Begitu sintetis dan sangat plastik itulah kata yang bisa melambangkan album dan “Product” merupakan salah satu karya pop teraneh di tahun 2015 karena album ini bisa menjembatani hal-hal yang tidak masuk akal dalam ranah musik pop seperti memasukkan unsur experimental namun enak didengar. Lewat album ini SOPHIE memetakan musik pop di era yang akan datang dimana semuanya akan terdengar begitu sintetis dan futuristik persis seperti gambaran masa depan menurut orang-orang.

8/10

TRACK LIST: (Lagu yang diberi penebalan merupakan key track)

  1. Bipp
  2. Elle
  3. Lemonade
  4. Hard
  5. MSMSMSM
  6. Vyzee
  7. L.O.V.E.
  8. Just Like We Never Said Goodbye

4 thoughts on “ALBUM REVIEW: SOPHIE – PRODUCT

Leave a Reply